Home » Editors' Choice » Ambil Uang di Western Union dengan Cara Ini

Ambil Uang di Western Union dengan Cara Ini

Ambil Uang di Western Union dengan Cara Ini – Transaksi keuangan adalah hal yang biasa di jaman globalisasi ini karena uang adalah satu-satunya alat tukar yang sah dan dibutuhkan setiap hari. Karena kebutuhan yang tinggi pulalah maka berbagai perusahaan berusaha memberikan layanan pengiriman uang dengan sebaik-baiknya.

Salah satu perusahaan yang memberikan layanan pengiriman uang ke seluruh dunia adalah Western Union atau disingkat WU. Perusahaan dengan warna khas kuning dan hitam ini bermarkas pusat di Amerika Serikat. Didirikan pada tahun 1851 oleh Ezra Cornell, WU pada awalnya adalah sebuah perusahaan komunikasi kabel dengan telegraf.

Sekarang diusianya yang menginjak tahun ke 167 perusahaan ini telah membuka cabangnya di hampir seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri WU sudah sangat umum digunakan oleh masyarakat. Terutama mereka yang bekerja di luar negeri dan ingin mengirimkan uang ke keluarga di kampung halaman. Biayanya yang jauh lebih murah daripada mengirim melalui bank adalah salah satu alasannya.

Melalui WU, seseorang bisa mengirimkan uang dengan nominal berapapun kepada orang yang ditunjuknya dan si penerima dapat mengambilnya di 4 tempat utama yakni kantor perwakilan WU, Kantor Pos, dan Bank yang bekerjasama dengan WU.

Prosedur yang akan lalui jika ingin mengambil uang yang dikirim melalui WU adalah sebagai berikut:

1. Pastikan uang sudah dikirim

Jangan sampai terjadi miskomunikasi jika memang si pengirim belum sempat mengirimkan uangnya melalui WU. Karena jika terjadi, maka percuma saja kalian telah bersusah payah menuju kantor WU namun uang yang diharapkan memang belum dikirim.

2. Mintalah kode MTCN kepada pengirim

MTCN atau Money Transfer Control Number adalah kode yang diberikan oleh pihak WU kepada si pengirim uang. Kode ini digunakan untuk mengkonfirmasi apakah kalian memang orang yang dikirimi uang. Selain kode MTCN juga diperlukan beberapa syarat lain seperti yang akan dibahas di poin di bawah ini.

3. Siapkan Syarat-Syarat pengambilan uang

Syarat yang diperlukan untuk mengambil uang adalah:

  • Nama lengkap pengirim uang
  • Kartu identitas asli penerima uang (e-KTP atau SIM) yang masih berlaku dan fotokopinya (untuk warga negara asing yang menetap di Indonesia, persiapkan paspor asli yang masih berlaku)
  • Mengetahui Nama pengirim
  • Mengetahui jumlah uang yang dikirim
  • Menunjukkan kode MTCN
  • Mengetahui asal negara serta alamat si pengirim

Jangan sampai kalian tidak mengetahui 1 poin diatas. Bisa-bisa kalian akan ditolak untuk mengambil uang karena kalian akan disangka bukan orang yang berhak.

4. Datang ke tempat pengambilan uang

Seperti yang sudah saya tulis tadi, ada beberapa tempat yang bisa kalian datangi untuk mengambil uang yang dikirimkan melalui WU. Tempat-tempat tersebut tentu saja telah bekerja sama dengan WU. Tempat-tempat tersebut antara lain kantor perwakilan WU yang tersebar di seluruh Indonesia, Kantor pos level kecamatan atau kabupaten/kota, kantor pegadaian, dan bank.

Beberapa bank yang telah bekerjasama dengan WU adalah Bank Syariah Mandiri, BRI, BII, Danamon, CIMB, Bank Saudara, Bank Jabar Banten, BTN, Bank Bumiputera, Bank Nagari, Rabobank, Bank Jatim, Bank Sumsel Babel, Bank Kalbar, Bank Jateng, Bank Mestika Dharma, dan Bank DKI.

Meski banyak yang telah bekerja sama namun tidak semua cabang menerima pengambilan uang yang dikirimkan melalui WU, beberapa cabang bank kecil tidak menerima layanan WU dan biasanya kalian akan diminta untuk pergi ke cabang bank yang lebih besar atau ke kantor pos.

5. Mengisi formulir penerimaan uang

Sesampainya kalian ditempat yang menerima pengambilan uang yang dikirim melalui WU, sampaikan maksud kalian tersebut ke petugas dan mereka akan memberikan anda secarik formulir untuk diisi. Biasanya di formulir akan terdapat kolom seperti jumlah uang, nama penerima, dan sebagainya.

Isi sesuai dengan informasi yang kalian ketahui atau peroleh dari si pengirim. Di sini pula nantinya kalian akan dimintai kartu identitas untuk mencocokkan apakah informasi yang ditulis di formulir benar atau sesuai dengan kartu identitas yang kalian gunakan.

6. Menunggu proses pemeriksaan

Kalian akan diminta menunggu sembari petugas mencocokkan data yang ada. Hal ini untuk mencegah kesalahan penerima uang yang dikirim. Prosesnya tidak begitu lama dan kalian tidak perlu khawatir mengenai adanya potongan biaya pengirim karena yang dikenakan biaya kirim adalah si pengirim bukan penerima uang.

7. Ambil uang

Jika proses pemeriksaan tidak ada yang janggal kalian bisa mengambil uang yang telah dikirim untuk kalian. Periksa jumlah uang yang diberikan dan tandatangani tanda bukti transaksi. Proses pengambilan uang pun selesai disini. Maksimal pengambilan uang yang dikirim melalui WU adalah 60 hari. Jadi lebih baik uang yang dikirim segera diambil.

Ingat! Pengambilan uang yang dikirim melalui WU dimanapun itu baik di kantor perwakilan WU, Kantor Pos, Bank, dan Pegadaian tidak bisa diwakilkan. Meskipun dengan surat kuasa yang ditanda tangani di atas materai 6000 hal ini tidak dapat dilakukan.

Sehingga yang boleh mengambil uang yang dikirim melalui WU adalah hanya orang yang ditunjuk oleh si pengirim uang. Meski terkadang merepotkan, namun ini adalah standar keamanan yang diterapkan oleh WU agar pengiriman dan pengambilan uang yang dikirim melalui WU tepat sasaran.

Khusus untuk Bank, ada beberapa bank tertentu yang akan langsung memasukkan uang yang dikirim melalui WU langsung ke rekening penerima apabila si penerima memiliki rekening di bank yang bersangkutan.

Terima kasih telah membaca artikel Ambil Uang di Western Union dengan Cara Ini. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan kalian dalam mencairkan uang hak kalian.