Home » Analisa Usaha » Apa itu SWOT dan Contoh Analisis Untuk Produk

Apa itu SWOT dan Contoh Analisis Untuk Produk

Apa itu SWOT dan Contoh Analisis Untuk Produk – Untuk mendirikan sebuah usaha atau perusahaan dibutuhkan persiapkan yang sangat matang, paling tidak adalah mental seorang pengusaha. Dalam teori bisnis, analisa merupakan kegiatan penting sebelum melanjutkan untuk membuka perusahaan. Analisa yang dilakukan mulai dari analisa konsumen, analisa produk serta strategi pemasaran yang akan digunakan untuk dapat bersaing di pasar. Secara ringkas, ada 1 metode yang dapat memberikan gambaran terhadap usaha yang akan dijalankan, bagaimana kekuatan dan kelemahan suatu usaha yang dapat dilihat dari dalam maupun dari luar. Metode tersebut tergolong sangat sederhana namun manfaatnya luar biasa, metode tersebut ialah SWOT

Metode pemecahan masalah dengan SWOT sering juga di sebut sebagai analisis SWOT. Nah, apa itu analisis SWOT? Analisis SWOT adalah sebuah cara atau metode untuk mendapatkan gambaran suatu perusahaan. Gambaran tersebut meliputi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats). Ketika sudah mengetahui gambaran suatu perusahaan barulah kita dapat menganalisis, mana yang perlu di kuatkan mana yang perlu di kurangi, mana yang perlu di dekati, dan mana yang perlu di jauhi.

Teori sebuah bisnis memang seperti itu adanya, dengan menggunakan analisis SWOT kita akan lebih mudah menentukan bagaimana strategi yang akan digunakan dalam pengembangan usaha. Analisis SWOT tidak hanya dapat digunakan dalam menganalisis suatu perusahaan besar namun juga suatu produk.

Penjelasan tentang 4 poin SWOT

S = Strength (kekuatan)

Strength atau dalam bahasa Indonesia nya kekuatan ini adalah suatu kondisi yang menggambarkan kekuatan internal suatu perusahaan atau produk yang sedang kita analisa. Contohnya disini adalah, SDM yang mumpuni, teknologi yang sudah modern, bahan bakau yang mudah di dapat, pengalaman usaha sudah lama dan lain lain. Poin ini menjelaskan kekuatan yang dimiliki usaha saat ini. Menunjukan bahwa memiliki kelebihan dibandingkan dengan usaha pesaing.

W = Weaknesses (kelemahan)

Masih sama dengan poin strength, pada poin weaknesses masih merujuk pada internal suatu perusahaan. Anda harus bisa menggali sebanyak mungkin kelemahan yang ada untuk dipaparkan. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya hal hal yang tidak di inginkan terjadi pada usaha yang masalahnya benar benar tidak diketahui sebelumnya. Dengan mengetahui kelemahan, setidaknya suatu perusahaan sudah dapat mengantisipasi hal apa yang akan paling utama dilakukan, agar perusahaan tetap dalam kondisi berjalan. Contohnya di sini adalah: Modal usaha yang minim, etos kerja yang kurang baik dan lain lain.

O = Opportunities (Peluang)

Memasuki ranah opportunities atau peluang, kita akan berbicara pada sektor eksternal. Peluang di sini bisa kita dapatkan dari kebijakan pemerintah, kebijakan suatu pesaing yang memiliki visi dan misi yang sama, peluang mendapatkan modal yang mudah dari Bank serta peluang peluang yang dapat mempermudah suatu perusahaan untuk terus tumbuh menjadi lebih sukses. Cari semua peluang yang bisa membantu usaha anda tidak peduli peluang kecil maupun besar. Peluang bisa melindungi anda dari kelemahan yang saat ini tidak ada pada perusahaan anda. Misalnya perusahaan anda tidak memiliki program strategi yang baik, dengan adanya peluang pemasaran online yang banyak beredar, perusahaan anda akan terbantu.

T = Threats (Hambatan / Ancaman)

Suatu usaha pasti akan memiliki ancaman dalam proses pengembangan maupun upaya untuk bertahan. Ancaman tersebut tentunya sering dijumpai di dari luar perusahaan, namun juga tidak menutup kemungkinan dari dalam perusahaan itu sendiri. Contoh ancaman disini adalah seperti munculnya produk yang sama dari pesaing, harga pesaing lebih murah, harga bahan baku naik, bencana alam, dan lain lain masih banyak lagi. Untuk mensiasati hal ini anda bisa memanfaatkan kekuatan dan juga peluang dalam usaha anda, agar masalah ancaman bisa selalu di antisipasi atau paling tidak mempunyai cara untuk mengatasinya.

Manfaat analisis SWOT

Metode paling populer untuk menganalisa suatu usaha agar mendapatkan strategi yang baik adalah SWOT, namun juga ada metode lain yaitu POAC (Planning, Organizing, Actuating, and Controlling dan masih ada beberapa yang penulis tidak tuliskan. Dengan menggunakan metode analisis SWOT kita akan mengetahui kekurangan kelebihan, peluang dan ancaman suatu usaha, dengan begitu, kita mampu atau dapat mengembangkan strategi apa yang akan digunakan untuk pengembangan suatu usaha. Perlu diketahu analisis SWOT merupakan analisis dasar yang paling banyak digunakan. Untuk lebih mendapatkan hasil yang lebih baik lagi, anda dapat menggunakan analisis analisis lain seperti SDLC, RAD, RAD dan lain lain

Cotnoh analisis SWOT pada Produk Makanan

Penulis sudah membuat suatu analisis pada produk makanan / kuliner yaitu sambal botol atau juga sering disebut juga dengan sambal bajak. Berikut adalah analisis yang penulis dapatkan

Internal / Eksternal Strengths (Kekuatan) Weaknesses (Kelemahan)
Tidak Memakai Bahan Pengawet Belum Memiliki Brand yang Kuat
Harga Bersaing Lingkup Pemasaran Belum Luas
Keanekaragaman Rasa Belum Banyak Pengalaman
Jaminan Mutu Kondisi Modal
Kemasan yang Lebih Menarik dan Aman
Opportunities (Kesempatan) SO WO
Meningkatnya Daya Beli Masyarakat Mengoptimasi Penyerapan (O) Untuk memaksimalkan (S) dalam penjualan Produk. Berusaha tampil Harus terus mengupayakan pemasaran dan upgrade pengalaman (W) untuk mendapatkan kepercayaan konsumen (O). Bekerjasama dengan bisnis lain pendukung (O), agar mengurangi biaya promosi/iklan (W)
Perdagangan Bebas di Antar Negara
Media Online
Minimarket Suport UKM
Threats (Ancaman) ST WT
Munculnya Pesaing Baru Menciptakan Rasa, Kemasan, Mutu dan Harga yang Telah diseuaikan dengan Pasar Meningkatkan Standar Produksi (W)dan memberikan pelayanan lebih baik untuk konsumen Offline maupun Online
Naiknya Bahan Baku Tempe
Persaingan Harga
Bencana Alam
Produk di Duplikat Orang

Dari analisis di atas peluang produk sambal bajak untuk diterima konsumen masih ada. Sambal bajak masih memiliki pasar yang luas tidak hanya dari negara Indonesia namun juga di negara lain dengan cara promosi online di media sosial seperti facebook dan instagram.

Anda juga wajib baca : Kesalahan fatal pengusaha pemula

Kesimpulan

Analisis SWOT dapat diandalkan untuk mengetahui seberapa besar prospek usaha yang ingin dijalankan dan juga dapat membantu kita dalam menemukan strategi pemasaran agar produk bisa cepat terjual dan mampu bersaing dengan produk pendahulunya.