Home » Pengetahuan » Apa Itu UKM?

Apa Itu UKM?

UKM di kenal menjadi 2 arti atau maksud, yang pertama yaitu Usaha Kecil Menengah dan yang kedua yaitu Unit Kegiatan Mahasiswa

Pengenrtian UKM dalam usaha masyarakat yaitu: “Usaha Kecil Menegah” – Kegiatan komersial yang berdiri atas kehendak 1 ide seseorang, dengan keuntungan yang tidak terlalu besar atau menengah. Bisa dikatakan UKM apabila usaha tersebut mempunyai pendapatan tidak lebih dari 200 juta. UKM memiliki beberapa manfaat untuk masyarakat sekitar, yang paling menonjol adalah ketersediaannya lapangan pekerjaan baru. Kegiatan UKM sendiri meliputi pengolahan hasil bumi di daerah sekitar. Selain memberi manfaat untuk masyarakat sekitar, UKM juga dapat membantu meningkatkan perekonimian setiap daerah.

Contoh kegiatan UKM di masyarakat

Membuat kue kukus berbahan dasar lele yang di jual di warung atau minimarket di daerahnya.

Pengertian UKM dalam lingkup mahasiswa yaitu: “Unit Kegiatan Mahasiswa” – Sebuah aktivitas diluar jam kelas, untuk mengembangkan minat, bakat serta keahlian mahasiswa. Kegiatan ini murni berdiri sendiri, tidak ada campur tangan dengan badan eksekutif maupun lembaga senat, hanya saja UKM tetap berjalan beriringan dengan lembaga lembaga yang sejajar dalam universitas.

Terbagi menjadi 3 golongan yaitu

  • UKM Olahraga
  • UKM Kesenian
  • UKM Khusus
Tags: