Home » Editors' Choice » Bank Terbaik Di Indonesia

Bank Terbaik Di Indonesia

Bank Terbaik Di Indonesia – Bank bukan menjadi hal yang asing lagi. Dari Sabang hingga Merauke hampir semua daerah kota maupun pedesaan terdapat bank yang melayani berbagai hal yang berkaitan dengan keuangan. Namun tahukah kalian bahwa hanya 36% penduduk Indonesia dewasa yang memiliki rekening di bank? Angka ini berarti hanya sekitar 60 juta dari 250 juta penduduk Indonesia yang memiliki rekening.

Bank memiliki beragam fungsi tidak hanya sebagai tempat menyimpan uang. Lebih dari itu, bank berfungsi untuk memobilisasi dana untuk pembangunan ekonomi suatu negara, dengan menghimpun dana dari masyarakat untuk berinvestasi terhadap pembangunan negara. Jadi tugas bank cukup krusial karena memiliki wewenang mengatur dan memutar uang yang telah dipercayakan oleh para nasabahnya.

Nah bagi kalian yang belum memiliki rekening dan masih bingung kira-kira mau dimana menabung uang kalian, di artikel ini akan saya sajikan 5 bank terbaik di Indonesia yang tergambar dari sisi jumlah nilai aset mereka.

Nilai aset ini secara tidak langsung juga menjadi tolok ukur kepercayaan masyarakat, keprofesionalan dalam mengatur dan mempergunakan uang nasabah dan pelayanan yang diberikan kepada nasabah. Tiga hal tersebut sangat krusial dalam kemajuan sebuah bank, sehingga bisa dikatakan semakin tinggi aset suatu bank, maka bank tersebut bisa dikatakan yang terbaik.

1. Bank BRI

Bank terbaik di Indonesia

sumber: http://promo.bri.co.id

Dengan total aset sebesar 964 triliun rupiah, Bank Rakyat Indonesia menjadi bank yang paling besar di Indonesia dan menjadi bank yang memiliki pertumbuhan paling signifikan dibanding bank yang lain. Bank BRI juga adalah satu-satunya dan bank yang pertama yang memiliki dan meluncurkan satelit miliknya sendiri untuk menambah layana kepada para nasabahnya diseluruh Indonesia yang kebanyakan berada di daerah pedesaan.

Penetrasinya ke daerah desa-desa pulalah yang meroketkan aset bank ini hingga hampir menyentuh 1000 triliun yang diperkirakan akan dicapai dalam beberapa tahun kedepan. BRI juga mencatatkan diri menjadi bank dengan jumlah ATM terbanyak di Indonesia. Kemudahan inilah yang menggerakkan banyak masyarakat Indonesia untuk membuka rekening di Bank BRI.

Selain layanan diatas, BRI memiliki layanan unggulan layaknya bank-bank berkualitas lainnya seperti Internet banking, mobile banking dan SMS banking. Bank BRI juga sudah menjadi anggota dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) jadi kalian tidak perlu ragu lagi untuk menabung di BRI. Dengan menjadi anggota LPS, uang yang kalian simpan di Bank yang bersangkutan dijamin hingga nominal 2 milyar rupiah.

2. Bank Mandiri

Bank terbesar di Indonesia

sumber: https://uangteman.com

Bank Mandiri memiliki total aset sebesar 918,2 triliun rupiah. Dengan aset sebesar itu Bank Mandiri memilki lebih dari 1200 cabang dari Sabang hingga Merauke dan memiliki cabang di London, Tiongkok, Hong Kong, Kepulauan Cayman, dan Timor Leste.

Bank Mandiri lebih berfokus pada perbankan di wilayah perkotaan meski bank ini juga cukup mudah dijumpai di wilayah pedesaan. Tak berbeda jauh dari Bank BRI, Bank Mandiri juga memiliki bermacam layanan unggulan seperti ATM, mobile banking dan internet banking.

Meski baru lahir di akhir tahun 1998 dan merupakan gabungan dari 4 bank yakni bank dagang Negara, Bank Bumi Daya, Bank Ekspor Impor, dan Bank Pembangunan Indonesia, Bank Mandiri mampu menunjukkan taringnya di kancah perbankan Indonesia.

3. Bank BCA

apa saja Bank terbaik di Indonesia

sumber: belanjanyaman.files.wordpress.com

Bermotokan Setia di sisi Anda, Bank Central Asia memiliki total aset lebih dari 662 triliun rupiah. Bank yang didirikan tahun 1957 ini kini semakin dipercaya masyarakat karena memiliki tata kelola yang baik. BCA terus memperkokoh tradisi tata kelola perusahaan yang baik, kepatuhan penuh pada regulasi, pengelolaan risiko secara baik dan komitmen pada nasabahnya baik sebagai bank transaksional maupun sebagai lembaga intermediasi finansial.

Dengan tata kelola yang baik, BCA dikenal sebagai bank yang paling stabil perkembangannya. Dengan aset sebesar itu, BCA menawarkan berbagai fasilitas seperti ATM, m-BCA, SMS banking, BCA Klik Pay hingga beragam jenis tabungan dan kartu kredit dengan kelebihannya masing-masing. Bank BCA adalah bank Swasta.

4. Bank BNI

daftar Bank terbaik di Indonesia

sumber: blogspot.com

Bank Negara Indonesia atau BNI adalah bank milik BUMN alias milik negara dengan total aset sebesar 564,8 triliun rupiah. Bank yang didirikan tahun 1946 ini adalah bank yang memiliki 914 cabang dan 7 cabang lainnya terletak di London, New York, Tokyo, Hong Kong, Yangon, Seoul dan Singapura serta 1 kantor fungsional di Osaka, Jepang.

Tak jauh berbeda dengan bank terbaik lainnya, Bank BNI juga memiliki berbagai layanan Simpanan, Pinjaman, Kartu Kredit, SMS banking, Internet banking dan ribuan ATM yang tersebar baik didalam maupun di 7 negara lain yang memiliki kantor cabang BNI.

5. CIMB Niaga

Bank terbaik di Indonesia terbaru

sumber: http://www.initeddy.com

Bank CIMB atau lebih umum dikenal sebagai Bank CIMB Niaga memiliki total aset 237,1 triliun. Bank CIMB didirikan pada tahun 1955 sebagai bank swasta dengan nama bank Niaga. pada tahun 1981-1982, Bank Niaga menjadi bank pertama di Indonesia yang menerapkan sistem perbankan jaringan (online) dan sistem jaringan kantor cabang.

Langkah berikutnya yang ditempuh Bank Niaga adalah membentuk jaringan unit usaha penukaran valuta asing resmi di sejumlah kantor cabang pada tahun 1985 beserta beragam produk baru. Pada tahun 1987, Bank Niaga membedakan dirinya dari pesaingnya di pasar domestik dengan menjadi Bank yang pertama menawarkan nasabahnya layanan perbankan melalui mesin ATM di Indonesia.

Menjadi pionir dalam berbagai layanan sudah menjadi tradisi mereka. Salah satu layanan unggulan mereka kini adalah rekening ponsel dengan kemudahan yang ditawarkan berupa bebas biaya transaksi, tanpa persyaratan saldo minimum, dan tidak memerlukan kartu ATM. Selain itu Bank CIMB juga dikenal karena memberikan pinjaman kepemilikan rumah dengan bunga yang rendah.

Terima kasih telah bersedia membaca artikel Bank Terbaik Di Indonesia ini. Semoga dengan hadirnya artikel ini dapat membantu kalian dalam menentukan di bank manakah kalian ingin menabung. Namun ingat, bank yang saya sebutkan mungkin kurang sesuai dengan keadaan lapangan dimana kalian tinggal, jadi sesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan kalian ya. Selamat menabung!