Home » Ide Bisnis Sampingan » 5 Bisnis Bulan Ramadhan Modal Kecil Untung Besar

5 Bisnis Bulan Ramadhan Modal Kecil Untung Besar

Bisnis Bulan Ramadhan – Selamat datang pengunjung setia gaweanomah.com, kali ini saya ingin berbagi artikel tentang bisnis yang cocok dibulan ramadhan. Artikel ini dibuat karena ada ketertarikan penulis dengan bisnis dibulan ramadhan. Isi artikel ini adalah sebagian pengalaman yang pernah dialami oleh beberapa orang termasuk keluarga penulis dengan memanfaatkan bulan ramadhan sebagai peluang bisnis menguntungkan.

Berbicara bisnis yang cocok dibulan ramadhan, ramadhan sendiri adalah bulan dimana seluruh umat muslim diwajibkan untuk berpuasa dan menyambut datangnya bulan kemenangan yaitu bulan syawal atau yang sering disebut dengan bulan idul fitri. Bulan ramadahan juga sering disebut sebagai bulan penuh berkah. Berkah yang sering umat muslim temui adalah ketika melaksanakan shalat tarawih bersama sama yang tidak pernah ditemui dibulan bulan lain dan berkah yang menjadikan umat muslim menunggu bulan ini adalah segala perbuatan baik akan dilipatgandakan pahalanya.

Selain berkah untuk kehidupan selanjutnya bulan ramadhan juga memiliki prospek yang bagus untuk pelaku bisnis. Namun jenis bisnis yang dilakukan hanya bisnis tertentu saja bisa dikatakan bisnis bulan ramadhan adalah bisnis sampingan yang lumayan menjanjikan.

Banyak sekali pelaku bisnis baru bermunculan saat bulan ramadhan, sebagai contoh adalah keluarga penulis. Sebut saja namanya bu Uti, bu Uti memanfaatkan bulan ramdhan untuk memulai usaha berdagang makanan berbuka puasa dan menyediakan jasa pembuatan kue untuk lebaran. Bu Uti berjualan dengan 2 orang karyawan yang membantu menyiapkan barang dagangan dan membantu berjualan dipasar beduk namanya. Bu Uti memulai berjualan pada jam 3 sore hari hingga jam 6 sebelum magrib tiba.

Kurang lebih hanya 3 jam. Selama berjualan dipasar beduk bu Uti juga menerima jasa pembuatan kue kering untuk lebaran yang ia kerjakan biasanya pada pagi hari bersama kedua orang karyawannya dengan bersamaan pula menyiapkan barang makanan untuk dijual sore hari. Al hasil dari berbisnis bulan ramdhan yang dilakukan bu Uti ia mendapatkan keuntungan bersih 12 juta + dari hanya berjualan makanan dibulan puasa. “Kuncinya adalah sabar” kata bu Uti.

bisnis bulan ramadhan

Selain berdagang makanan ada beberapa bisnis yang cocok untuk dimanfaatkan sebagai usaha untuk menambah penghasilan. Bisnis dibulan puasa sebenarnya tidak harus menjadi bisnis sampingan atau musiman, apabila dilakukan dengan tekun dan sabar bisnis yang bisa dijalankan dibulan puasa juga bisa dijalankan dibulan lainnya atau bisa dikatakan sebuah bisnis tanpa kata musiman. Adapun beberapa bisnis bulan ramadhan yang bisa dilakukan oleh pembaca dirumah sebagai berikut

Baca Juga  4 Usaha Pertanian Lahan Sempit Hasil Melimpah dan Untung Besar

Bisnis Bulan Ramadhan Modal Kecil Untung Besar

1. Bisnis Berjualan baju muslim

Berjualan baju muslim melalui media online dan offline bisa dilakukan oleh siapa saja, hanya saja apabila berjualan baju muslim secara offline pelaku bisnis harus menyiapkan dahulu contoh bajunya, sehingga membutuhkan modal yang lebih besar. Tetapi tidak perlu takut akan kegagalan karena tidak laku, pasalnya peminat baju muslim saat bulan puasa / ramadhan sangat banyak sekali. Alasannya adalah seluruh umat muslim ingin mengenakan baju baru untuk menyambut hari kemenangan tiba. Dan hal tersebut sudah menjadi sebuah tradisi yang sangat sulit untuk dihilangkan. Untuk berbisnis ini pelaku usaha harus pintar dalam hal pemasaran, karena pesaing bisnis ini sangat banyak sekali. Namun tidak usaha kawatir, rezeki pasti mendatangi orang yang mau berusaha.

Baju muslim sendiri meliputi kerudung, gamis, baju koko, sarung, peci dan semua hal yang berkaitan dengan muslim. Apabila Anda ingin mendapatkan pelanggan lebih spesifik dan lebih cepat laku, coba menjual 1 jenis produk muslim saja namun tetap sediakan model dan warna yang berbeda. Selain biaya awal yang rendah, konsumen akan lebih puas untuk memilih 1 jenis produk namun memiliki banyak varian warna dan bentuk.

2. Bisnis Catering

Bila Anda tinggal didaerah perkotaan berbisnis cattering dibulan puasa juga bisa menjadi pilihan yang menarik. Berbisnis kuliner pada bulan puasa tidak akan pernah mati. Mungkin sebelum Anda memutuskan untuk mengambil bisnis cattering sebagai bisnis bulan puasa, jauh-jauh hari sebelum puasa sebaiknya Anda sudah memasang iklan diberbagai tempat dan media. Alasannya agar orang tahu bahwa Anda memiliki jasa cattering yang bisa disewa untuk menyiapkan makanan diacara acara tertentu.

Bisnis ini tidak hanya bisa dijalankan dibulan puasa saja, namun juga bisa dijadikan sebagai bisnis tetap, namun perlu diingat bahwa bisnis cattering hanya bekerja dikala ada pesanan saja, jadi walaupun memilih bisnis ini menjadi bisnis tetap sebaiknya pelaku bisnis memiliki usaha lain. Oleh sebab itu bisnis cattering bisa dikatakan sebagai bisnis sampingan. Memilih usaha catterin dibulan ramdhan bisa meningkatkan pemasukan yang lumayan menggiurkan.

3. Buka cafe murah meriah

Tidak hanya di kota, didesa pun saat ini gaya hidup masyarakat di Indonesia sudah mulai tinggi. Tidak lain halnya dengan berbuka puasa bersama teman teman yang sering dilakukan di cafe. Bila Anda mempunyai keahlian meracik makanan atau minuman menjadi lebih enak dan menarik coba membuka cafe kecil kecilan. Yang dibutuhkan konsumen pada saat berbuka puasa adalah tempat makan yang bersih pelayanan yang cepat dan harga yang murah.

Baca Juga  7 Macam Pekerjaan Freelance Terbaik Tidak Ribet dan Menjanjikan

Sebelum memutuskan untuk memulai bisnis ini alangkah baiknya Anda memikirkan produk makanan apa yang bisa dijadikan menu andalan namun tidak memerlukan waktu yang lama untuk membuatnya. Bisnis cafe pada saat bulan ramdhan biasanya dilakukan oleh mereka pemuda yang ingin mendapatkan uang tambahan untuk menyambut hari raya idul fitri.

4. Jualan parcel lebaran

Menjual parcel lebaran saat bulan ramdhan biasanya akan laris pada saat mendekati hari raya idul fitri. Dan bisnis ini tak luput dengan yang namanya promosi ektra agar mendapatkan pelanggan baru yang ingin membeli produk parcel Anda. Tidak sedikit masyarakat yang membutuhkan jasa parcel, karena kebanyakan masyarakat saat ini terlalu sibuk dengan kegiatan yang sudah menimpanya sehari hari. Ini menjadi sebuah peluang bisnis bagus untuk mereka yang lagi nganggur tidak ada kerjaan. Selain mudah menyiapkan parcel pelaku bisnis juga tidak khawatir akan modal yang dibutuhkan, biasanya orang yang memesan harus membayar DP paling sedikit 50% untuk pesanan yang ingin dibuatkan.

Sebelum memulai bisnis parcel sebaiknya pelaku usaha sudah menyiapkan list produk untuk ditawarkan kepada konsumen. Agar tidak terjadi kebingungan ketika konsumen menanyakan produk apa saja yang disediakan. List tersebut juga dapat digunakan sebagai ketentuan produk yang Anda jual. Jadi apabila konsumen memesan produk yang tidak terdaftar di list tersebut karena susah untuk dijangkau. Anda bisa menolak untuk menerimanya dan bisa merekomendasikan dengan produk yang lain.

4. Jualan makanan untuk berbuka puasa

Bisnis ini dapat dilakukan oleh mereka yang mau sedikit ribet, namun bisnis ini sangat menguntungkan. Menjual makanan untuk berbuka puasa sama saja menyediakan makanan untuk mereka yang kelaparan dan dalam agama Islam perbuatan tersebut mendapatkan pahala yang banyak. Contoh makanan dan minuman yang paling laris adalah kolak, lauk pauk, es buah. Untuk produk lain juga laku namun peminatnya lebih sedikit. Keuntungan dari menjual makanan untuk berbuka puasa biasanya di atas 40% bahkan ada yang 100%. Selama berjualan makanan ini diharuskan pelaku bisnis untuk menjaga kualitas dari produk yang dijual, karena konsumen tidak akan mau balik lagi apa bila pertama membeli sudah mendapatkan rasa yang kurang enak dan kualitas yang kurang bagus. Untuk harga biasanya disesuaikan dengan pedagan lain sejenis. Namun apabila Anda ingin menjual lebih mahal sah sah saja asalkan tetap mengedepankan rasa dan kualitasnya.

Baca Juga  Usaha Kecil Kecilan Menguntungkan yang Bisa Dikerjakan Dirumah

5. Bisnis Jasa kue lebaran

Jika memang ini menjadi bisnis untuk mengisi waktu luang Anda, caranya begini. Buatlah daftar list kue yang ingin Anda buat dan jual. Dan mulai buat satu persatu dengan jumlah yang sedikit saja dulu karena kue yang Anda buat ini hanya dijadikan sebagai contoh. Buatlah juga kemasan yang ingin dipakai sebagai tempat kue. Setelah selesai saat ini saya ingin membahas bagaimana cara mendapatkan pelanggan. Untuk yang pertama adalah dari pelanggan online yang bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui media sosial facebook. Foto produk kue yang Anda buat lalu promosikan produk Anda di facebook. Jangan lupa mencantumkan nomor atau identitas Anda yang bisa dihubungi. Pelajari cara beriklan di media sosial. Untuk selanjutnya adalah melalui offline, dan ini adalah cara yang dilakukan oleh bu Uti yang sudah saya ceritakan diatas.

Bu Uti memulai bisnis jasa kue dengan berjalan menelusuri rumah warga dan menawarkan jenis kue yang bisa dipesan untuk lebaran. Pertama yang ia lakukan adalah mendatangi rumah tetangga di komplek dan terus sampai akhirnya mendapatkan 200 + pemesan kue untuk lebaran. Bu Uti menunjukkan list kue yang bisa dibuat kepada konsumen dan memberikan 1 kertas untuk konsumen agar memberikan kontak yang bisa dihubungi. Kegiatan mengunjungi rumah rumah tetangga dan warga lainnya dilakukan sejak puasa ke3 hingga berhenti mencari pelanggan sampai puasa ke 20. 2 minggu sebelum lebaran pemesan kue di hubungi oleh bu uti hingga berlanjut pada waktu 1 minggu sebelum lebaran untuk dimintai kejelasan apakah jadi memesan atau tidak dan apabila konsumen yang jadi memesan suruh menyiapkan dp sebesar 50% untuk dikerjakan pesanannya. Bisnis kue lebaran bu Uti berhasil dan sukses.

Anda wajib baca: Media promosi online gratis 100%

Demikian lah artikel tentang bisnis yang cocok dibulan ramadhan. Semoga bisnis bisnis diatas dapat menginspirasi dan bisa Anda terapkan sebagai bisnis sampingan dan musiman menguntungkan.