Home » Peluang Bisnis » Bisnis Jajanan Anak Sekolah Yang Praktis dan Paling Laris

Bisnis Jajanan Anak Sekolah Yang Praktis dan Paling Laris

Bisnis Jajanan Sekolah – Peluang usaha yang satu ini sungguh unik, karena hanya beberapa orang saja yang mau dan rela untuk memulai bisnis ini. Walaupun begitu, bisnis jajanan memang sangat menjanjikan, dan dapat diperkirakan keuntungan menjual jajanan anak sekolah bisa mencapai jutaan rupiah. Beberapa waktu lalu saya melihat banyak sekali pedagang yang manggir disekitaran sekaloh, mulai dari pedang roti, pedagang gorengan hingga pedagang sosis bakar. Semuanya berjualan disekitaran sekolah dengan menggunakan motor yang sudah dirombak sedemikian rupa. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi ide bisnis jajanan anak sekolahan yang praktis dan laris. Namun sebelum itu, kita lihat dulu, bagaimana prospek bisnis jajanan ditahun 2017 apakah sudah menurun peminatnya, atau malah akan naik?

Bisnis jajanan anak sekolah bisa dijadikan pekerjaan tetap maupun sebagai bisnis sampingan. Kenapa demikian? Bila anda ingin menjadikan pekerjaan tetap, tentunya anda harus membuat sebuah warung untuk menetap disuatu tempat, misalnya mendirikan kantin disebalah sekolahan, atau apabila anda hanya menjadikan bisnis ini sebagai usaha sampingan anda hanya perlu menggunakan motor sebagai tempat berjualan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjualan makanan untuk anak sekolah. Tidak bisa dipungkiri lagi adalah soal harga. Harga jual untuk kaum anak pelajar biasanya akan lebih murah dibandingkan dengan berjualan jajanan untuk orang umum. Yang kedua yaitu masalah bahan makanan yang digunakan. Maksudnya disini adalah bahan makanan / jajanan harus aman dan sehat. Sebisa mungkin tidak ada bahan kimia yang berbahaya bila dikonsumsi oleh para pelajar sekolah.

Selain itu, tentukan juga target anak sekolah mana yang ingin diincar, bila anda SD mungkin anda bisa menjual makanan yang disukai, seperti makanan ringan, minuman dan lain lian Bila anda SMP dan SMA anda bisa memulai menjual jenis makanan berat, seperti nasi, soto, dan lain lain dengan harga yang tentunya sudah disesuaikan.

Bisnis ini sangat menguntungkan, walaupun begitu, anda tidak dapat serta merta membuat bisnis jajanan sembarang. Perlu yang namanya referensi agar dapat menjual jajanan yang paling disukai oleh pelajar. Saya disini akan memberikan beberapa contoh jajanan yang disukai oleh anak sekolahan, namun saya tidak menjelaskan dengan rinci untuk siapa makanan ini. Anda bisa mengira ngira sendiri bagusnya yang mana. Selain itu saya juga merekomendasikan makanan atau jajanan yang memiliki kebutuhan modal yang kecil. Selain modal yang kecil, jenis makanan yang akan saya tampilkan adalah jenis jajanan yang praktis dan tentunya laris.

Berikut ini adalah jenis jajanan yang praktis dan laris

Lontong sayur

Lontong sayur sebenarnya masih banyak dicari oleh para anak sekolah, terutama yang sekolahnya dipedesaan. Lontong sayur merupakan jajanan yang fenomoenal, banyak yang kangen dengan jajanan sejenis ini. Lontong sayur adalah makanan yang terbuat dari nasi yang terlebih dahulu nasinya dibungkus, dan diberikan sayur. Contoh sayur untuk kasus ini bisa beragam, salah satunya adalah sayur gori. Sebenarnya dalam penyiapan jajanan ini tidak terlalu sulit. Hal yang perlu kita persiapkan sebelum memulai berjualan, buat lontong sehari sebelum jualan dan untuk sayur bisa dimasak pas pagi pagi. Lalu dibawa ke lokasi sekitar sekolah, cocoknya bisnis kelontong dilakukan oleh mereka yang memiliki kantin disekitaran sekolah.

Sosis Goreng

Sosis goreng adalah sosis yang digoreng yang dicampur dengan bumbu saos. Jenis makanan ini sangat disukai oleh anak sekolah, tidak hanya anak SD, anak SMA juga menyukai jenis jajanan seperti ini, selain enak, sosis juga sangat menggoda . Walaupun belum digoreng saja udah enak, apalagi bila sudah digoreng dan dicampur dengan bumbu racikan yang dibuat sendiri.

Gorengan

Kalau ini adalah jajanan rakyat ya, tidak hanya anak sekolah saja yang doyan, namun masyarakat umum juga suka dengan jajanan jenis ini. Gorengan adalah jenis jajanan yang biasanya tertuat dari tahu, tempe, pisang dan lain lain. Gorengan ini digemari oleh semua orang bukan karena harganya saja yang murah, namun rasanya juga enak. Selain bisa dinikmati begitu saja, gorengan juga bisa dijadikan sebagai lauk makanan.

Risol

Risol adalah makanan yang terbuat dari beberapa rajikan bumbu termasuk bahan utamanya adalah tepung terigu. Risol juga menjadi makanan populer para pelajar, rasanya itu sungguh menggoda. Terlagi bila risolnya itu risol yang baru digoreng. Risol sendiri bisa dibuat dengan aneka rasa. Anda bias memperlajari tentang resep risol dibeberapa situs kuliner.

Chicken tepung

Maksudnya apa ini, jadi chicken tepung adalah makanan tepung rasa ayam yang proses pembuatannya adalah digoreng. Bahan utama pembuatan chcken tepung adalah campuran dari ayam dan tepung yang sudah ditakar, sehingga menghasilkan rasa ayam walaupun itu namanya chicken tepung. Jenis makanan ini biasanya disajikan dengan saos yang diracik oleh penjual. Chicken tepung juga sangat enak sekali bila dinikmati diwaktu waktu istirahat sekolah.

Pisang molen

Selain gorengan, risol, dan chicken tepung, pisang molen juga menjadi jajanan popuer dikalangan anak anak. Molen adalah makanan yang berbahan utama tepung dan pisang. Untuk gambaran bentuknya sendiri yaitu, pisang yang dibalut dengan tepung. Untuk ukurannya bisa diibaratkan sebesar jempol kaki orang dewasa. Rasa molen yang nikmat membuat jajanan ini disukai tidak hanya anak sekolah, namun juga masyarakat luas.

Es Lilin

Es lilin adalah jajanan yang melegenda bagi para masyarakat indonesia yang saat ini berumur 20 tahun keatas. jajanan ini juga masih diminati oleh kabanyakan anak sekolah. Jajanan es lilin menurut saya jajanan yang mempunyai untung 100% karena hanya bermodalkan air dan sirup, setelah itu dikulkas selama tidak kurang dari 3 jam, maka es lilin sudah siap untuk dijual kepada konsumen yaitu para pelajar.

Agar Agar

Hampir sama pembuatannya dengan es lilin, hanya saja agar agar lebih mudah lagi, karena tidak harus menunggu lebih dari 3 jam. Membuat agar agar bukanlah hal yang sulit dilakukan. Agar agar adalah makanan yang terbuat dari bubuk agar agar yang dicampurkan dengan air, setelah itu direbus tambahkan gula, setelah mendidih tuangkan dalam wadah khusus untuk membentuk agar agar yang disukai oleh anak anak. Sangat mudah dan sangat praktis.

Telor bulat

Telor bulat adalah makanan yang terbuat dari telor dengan beberpa campuran sayur seperti sledri dan bisa juga kubis. Telor bulat dibuat dengan cara menggoreng ditempat yang sudah disediakan. Anak anak sekolah sangat suka dengan jajanan ini. Untuk penyajiannya sendiri, telor bulat disajikan dengan bumbu kecap yang sudah diracik sebelumnya. Sehingga rasa yang didapatkan akan lebih nikmat.

Nasi kotak

Nasi kota adalah pilihan jajanan terakhir untuk contoh kasus kali ini, kenapa nasi kotak adalah jajanan terakhir yang saya tampilkan. Nasi kotak merupakan jajanan yang paling jarang diminati oleh pelajar, kecuali kalau pelajar tersebut benar benar lapar dan belum sarapan dirumah. Lebih cocoknya jenis jajanan ini dijual di kalangan pelajar SMP dan SMA. Nasi kotak biasanya berisi dengan beberapa menu, misal tempe goreng, mie goreng, telor goreng dan lain lain.

Bila anda berminat dengan bisnis jajanan untuk anak sekolah, anda bisa menggunakan referensi contoh yang bisa saya berikan. Namun anda juga perlu menambah referensi lagi, agar nantinya hati anda mantap dalam menjalankan bisnis yang pas dihati. Semoga informasi ini bermanfaat. Apabila berkenan, mohon dishare dimedia sosial kalian melalui tombol share dibawah ini 🙂