Home » Populer » Bisnis Online Menjanjikan yang Cocok Dikerjakan dalam Rumah

Bisnis Online Menjanjikan yang Cocok Dikerjakan dalam Rumah

Memulai bisnis online atau offline itu sama saja, memerlukan kerja keras dan konsisten. Ada perbedaan yang mendasar dari bisnis online dan offline, yaitu masalah waktu dan tempat. Bisnis offline dapat dilakukan di rumah tanpa batasan waktu, namun bila bisnis offline tidak memiliki kebebasan waktu dan harus menyediakan tempat khusus untuk memulai usahanya.

Perbedaan lain yang sangat menonjol yaitu pasar dari bisnis online pasar atau konsumennya sangat luas dan tidak terbatas, apapun yang dijual secara online bisa diliat dan dibeli oleh orang diseluruh dunia. Dengan syarat dan ketentuan dong pastinya, yaitu pemasaran yang bagus dalam berbisnis. Tidak dapat dipungkiri lagi dengan bisnis online, anda bahkan bisa memulainya tanpa modal.

Pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi informasi seputar bisnis online yang menjanjikan. Namun sebelum itu apakah pembaca tahu ada beberapa kendala dalam memulai bisnis online?

Poin pertama, bisnis online saat ini sulit mendapatkan kepercayaan sebelum memberikan bukti yang nyata. Misalnya begini, bukti nyata yang diharapkan dari konsumen baru adalah banyak orang yang merekomendasikan toko online atau jasa Anda sebagai penyedia produk atau jasa berkualitas, di sini pelaku bisnis online harus ekstra dalam melakukan promosi.

Kedua, adalah media yang digunakan dalam berbisnis online sangat banyak sekali, di situ Anda di tuntut untuk memilih salah satu media untuk berbisnis online dan fokus terhadap media tersebut. Kenapa harus fokus kepada 1 media, pemasaran dalam bisnis online sangat beragam, apabila Anda seorang pemula maka akan sangat sulit memahaminya.

Ketiga, adalah pesaing yang tiap hari selalu ada dan bertambah subur, untuk memulai bisnis online pada zaman ini Anda harus bisa bersabar seperti Anda menjalankan bisnis offline. Persaingan yang sangat banyak biasanya membuat pemula ingin segera pindah produk yang ingin dijualnya, padahal kalau pindah produk sama saja Anda mengulang lagi dari awal untuk berbisnis online.

Media online yang dapat digunakan untuk berbisnis antara lain

Pasar online / market place : Bukalapak, tokopedia, olx dll
Media sosial : Facebook, instagram twitter, path, dan lain lian
Blog : Blogspot, wordpress, joomla. Opencart, dll

Namun perlu pembaca ketahui untuk sukses dalam berbisnis hanya perlu kemauan dan ketekukan, tidak usah takut dengan kendala yang ada, itu adalah bumbu bumbu manis yang akan membuat Anda nanti akan bahagia bila bisnis yang Anda mulai mampu sukses dan membuat hidup lebih baik.

Baca Juga  Usaha Tanaman Hias Sangat Menguntungkan Pembisnisnya

Sebelum untuk lanjut kenama-nama bisnis yang dapat dijalankan memalui online, penulis ingin memberi sedikit gambaran, bisnis di dunia online sangat banyak dan harapan penulis untuk pembaca, setelah membaca artikel ini mudah-mudahan pembaca dapat mengembangkan jenis bisnis online yang bisa dijalankan di rumah.

Cara Memulai bisnis online

Bagi pemula mungkin akan bertanya tanya, bagaimana cara memulai bisnis online. Sudah saya singgung di paragraf awal, pada dasarnya memulai bisnis online hampir sama dengan persiapan memulai bisnisni offline, yang membedakan adalah medianya.

Pemula yang masih ragu dengan berbisnis biasanya berfikir seperti ini

  • Apakah nanti bisa ya?
  • Kayaknya ndak bisa memasarkan
  • Modalnya apa saja ya
  • Bingung mau mulai darimana

Untuk memulai bisnis online, hal yang pertama kalai anda lakukan adalah memilih jenis produk atau bisnis yang akan anda jalankan. Misal begini, anda ingin menjual produk elektronik / ingin membuka jasa servis / ingin menjual produk digital dan sebagainya.

Oke saya akan list saja seperti ini

[su_list]

  • Menentukan produk
  • Menentukan pasar
  • Menentukan tempat jualan
  • Teknik promosi

[/su_list]

Mari kita bahas satu persatu.

Menentukan Produk

Bagaimana cara menentukan produk untuk dijual secara online? Bila anda memang benar benar awam dalam berbisnis, apalagi belum pernah berbisnis offline sama sekali, sangat dianjurkan untuk anda menentukan sebuah produk yang ingin dijual. Jangan menjual bermacam macam produk sekaligus. Usahakan pilih satu produk dulu namun bervariasi. Saya kasih contoh, saya ingin menjual kaos, kaos polos, berwarna, mempunyai kerah O,V dan U bermacam maca ukuran. Usahakan jangan seperti ini, saya ingin menjual celana, kaos, tas, sepatu, topi, jam tangan dan rok mini. Terlalu banyak, terlalu susah untuk dijalankan untuk pemula. Selain terlalu banyak jenis produknya, modal yang diperlukan juga lebih banyak

Beda lagi kalau memang anda sudah memiliki sebuah bisnis offline yang sudah berdiri dan ingin merambah ke online. Untuk masalah produk sepertinya sudah tidak ada masalah dan malah anda bisa menambah produk lain.

Menentukan pasar

Sudah berbicara produk, sekarang anda harus menentukan target pasar. Target pasar itu apa bro? Target pasar adalah konsumen, atau pembeli yang anda bidik. Untuk memulai bisnis online anda harus pandai dalam menentukan pasar, fungsinya apa? Fungsinya adalah, mencari pembeli yang khusus atau spesifik, sehingga persaingannya tidak terlalu banyak.

Baca Juga  Contoh UKM yang Paling Populer dan Menjanjikan di Indonesia

Cara mentukan pasar bagaimana?

Hal yang pertama kali harus anda lihat adalah UMUR, umur sangat menentukan, karena umur dapat dijadikan patokan untuk menilai seseorang itu layak atau tidak memakai produk yang kita jual.

Hal yang kedua adalah melihat KASTA, walaupun dalam negeri ini tidak boleh membeda bedakan kasta, namun dalam menentukan target konsumen sepertinya tidak apa apa. Dengan melihat gaya hidup seseorang, kita dapat menentukan harga jual. Bila target pasar kita adalah orang kaya, maka harga jual produk bisa lebih dimahalkan.

Setelah melihat 2 poin di atas, anda dapat menentukan target pasar untuk produk yang akan anda jual.

Menentukan tempat jualan

Untuk memulai bisnis online entah itu berjualan produk ataupun jasa, anda juga memerlukan tempat jualan. Tempat jualan tersebut bisa berupa market place, media sosial, blog, seperti yang sudah saya singgung di paragraf atas. Untuk pemula sebaiknya anda fokus dalam memilih 1 tempat dulu, misalnya ingin berjualan di tokopedia. Fokuslah jualan disana dulu kurang lebih sampai mendapatkan pelanggan. Setelah itu barulah anda bisa menggunakan media lain, tokopedia / media sosial ataupun blog.

Kenapa demikian? Yang ditakutkan adalah pada biaya promosi. Untuk mempromosikan produk secara online itu juga tidak murah. Bila langsung merajai semua tempat untuk lapak, nanti malah biaya untuk promosinya tidak maksimal dan malah sia sia.

Kecuali bila anda sudah paham betul tentang bisnis, bila benar demikaian saya percaya bila anda mampu mempertimbangkan keputusan.

Teknik promosi

Teknik promosi digunakan untuk menjemput atau mendatangi konsumen, agar konsumen tahu bahwa kita sedang berjualan sesuatu dan konsemen dapat membelinya dengan harga tertentu. Teknik promosi dalam bisnis online sangat banyak sekali. Untuk anda pemula sebaiknya memilih salah satu dari teknik yang akan saya sebutkan dibawah. Selebihnya anda yang mempelajarinya sendiri.

SEO

Media sosial

Iklan google

Afiliasi

Email

dan lain lain

Pada teknik promosi bisa dikatakan hal paling susah dipelajari, namun anda jangan takut untuk memulai bisnis online. Serahkan pekerjaan promosi produk kepada ahlinya.

Cukup ya, mungkin sudah tahu bagaimana cara memulai bisnis online. Sekarang saatnya kita membahas mengenai contoh bisnis online yang populer dan menjanjikan.

Baca Juga  Bisnis Online Yang Paling Mudah Di Jalankan Tapi Melelahkan

Bisnis Online Menjanjikan Cocok Dikerjakan dalam Rumah

Memanfaatkan program affiliasai

Affiliasi adalah salah satu teknik pemasaran online yang umumnya dilakukan oleh mereka pelaku bisnis online dibidang jasa. Tahukan Anda memulai bisnis affiliasi nyaris tanpa modal dan keuntungan yang didapatkan cukup besar, bisnis ini sangat cocok untuk Anda yang jago jualan dalam bahasa onlinenya jago dalam marketing online. Bahasa offline jenis bisnis ini hampir mirip dengan makelar.

Memanfaatkan peluang ini untuk meraup rupiah dapat Anda lakukan dengan media blog dan bisa juga dengan media sosial. Salah satu perusahaan affiliasi Indonesia yang memberikan komisi besar adalah perusahaan hosting dari Ardetamedia. Selengkapnya bisa anda baca di laman cara memulai bisnis hosting ardetamedia

Jenis jenis afiliasi

Untuk memanfaatkan jenis program afiliasi, sebaiknya anda tahu terlebih dahulu apa jenis jenisnya. Dapat kita ketahui bersama, dalam pemasaran penjualan, semua produk dapat dijual, namun tidak semua produk dapat diarahkan pada program affiliasi. Berikut ini adalah jenis jenis program afiliasai yang bisa anda manfaatkan sebagai bisnis online menjanjikan versi 1detikaja.com

[su_table]

Produk digital Seperti ebook, lisensi, sotfware, aplikasi, hosting, dan lain lain
Produk fisik Produk elektronik, mesin dan lain lain

[/su_table]

Dimana saya bisa memanfaatkan program afiliasi?

Berikut ini kami paparkan perusahaan penyedia afiliasi produk digital maupun produk fisik.

  • Ratakan.com (digital) Nasional
  • Lazada.com (digital & fisik) Nasional
  • Blibli.com (digital % fisik) Nasional
  • Amazon (digital % fisik) Internasional

Untuk memulai afiliasi, biasanya menggunakan media berupa blog. Teknik promosinya menggunakan tekni SEO

Berjualan produk cara dropsiper

Berjualan produk seperti apa? Sudah saya jelaskan bagaimana cara menentukan sebuah produk yang ingin dijual. Anda dapat menjual produk digital, produk fisik. Apa itu dropsiper? dropsiper adalah teknik berjualan tanpa harus memiliki produk, produknya sudah disediakan oleh orang. Produk produk yang paling populer untuk di jalankan melalui teknik ini

  1. Kerudung
  2. Baju
  3. Sepatu
  4. Tas
  5. Sandal
  6. Jaket
  7. dan lain lain

Kebanyakan adalah produk fashion, dan hampir semuanya yang harganya murah meriah. Untuk promosinya sendiri biasanya banyak dilakukan melalui media sosial.

Baca juga artikel lain tentang peluang usaha. Terimakasih sudah menyimak artikel ini, apabila bermanfaat silahkan share di media sosial kalian.