Home » Potret Gambar » Agribisnis » 7 Peluang Bisnis Pertanian yang Paling Menguntungkan

7 Peluang Bisnis Pertanian yang Paling Menguntungkan

Bisnis Pertanian – Kebutuhan pangan semakin meningkat namun lahan yang ada dibumi ini kiat menyempit akibat dari banyaknya manusia yang hadir ke bumi. Hal ini membuat pemerintah dan pelaku bisnis berlomba lomba untuk menciptakan peluang pasar pangan yang bagus, untuk memenuhi kebutuhan penduduk yang kian banyak. Cara apa pun dilakukan oleh pemerintah untuk mempunyai stok pangan agar dapat menyuplai berbagai produk yang dibutuhkan penduduknya. Salah satu cara yang dilakukan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan pangan penduduknya adalah dengan mengimpor produk pangan dari luar negeri, karena tidak terpenuhinya produk dalam negeri.

Itu adalah salah satu alasan penulis ingin membahas mengenai potensi bisnis pertanian yang sangat menjanjikan. Bisnis pertanian tentunya tidak terpaku dengan bisnis yang ada di lahan tanah ataupun air. Banyak sekali bisnis pertanian yang dapat dijalankan oleh pelaku usaha. Bisnis pertanian yang dapat dijalankan oleh pelaku bisnis antara lain adalah bisnis jasa seperti, kelompok penyuluh pertanian, dan bisnis lain pastinya adalah dari hasil produk pertanian itu sendiri dan sangat banyak pilihan untuk di bisnis kan.

Pelaku bisnis pertanian di Indonesia sangat mendapat banyak dukungan untuk berhasil dan sukses, yang paling mendasar adalah dukungan dari alam. Di Indonesia sendiri adalah negara agraris dan memiliki kesuburan tanah yang tidak dimiliki oleh negara -negara lain. Dari sisi lahan, Indonesia sendiri masih memiliki lahan cukup luas yang bisa dimanfaatkan sebagai lahan pertanian. Teknologi pertanian modern pun juga sudah ada di Indonesia, mau bertani di lahan sempit juga tidak masalah karena sudah ada teknologi pertanian hidroponik. Untuk memulai bisnis pertanian di Indonesia tidaklah sulit.

Namun pelaku bisnis pertanian harus mengetahui benar teknik tentang bisnis yang akan dimulainya agar bisa bermain dengan pesaing lain yang mungkin lebih dulu dan sudah memiliki pelanggan yang cukup banyak. Bisnis pertanian sendiri sebenarnya pasarnya tidak hanya untuk Indonesia saja, namun juga bisa untuk pasar luar negeri.

bisnis pertanian

Pertanian sendiri adalah mencakup 4 jenis komoditas. Komoditas tersebut meliputi tumbuhan, perikanan, peternakan dan kehutanan. Untuk kehutanan mungkin cukup sulit dijadikan sebagai bisnis pertanian menjanjikan apabila pelaku usaha tersebut baru terjun di dunia bisnis pertanian.
Berikut ini adalah bisnis pertanian yang menjanjikan untuk dijalankan di

Budidaya tanaman

Adapun budidaya tanaman yang akan terus menerus memiliki harga yang tinggi dan memiliki potensi bisnis menjanjikan antara lain sebagai berikut

Rempah-rempah

Rempah-rempah sampai saat ini masih dibutuhkan di berbagai negara, dan salah satu pengekspor rempah remah terbesar di dunia adalah Indonesia. Budidaya rempah-rempah sendiri tidaklah sulit, contoh rempah-rempah yang paling populer di ekspor keluar negeri adalah jahe, laos, kunir, kayu manis dan masih banyak lagi. Jenis rempah-rempah lainnya bisa Anda baca di : Peluang Usaha Budidaya Rempah Rempah Sangat Menjanjikan

Kakao

Kakao sendiri sampai saat ini menjadi salah satu sumber dana terbesar untuk negeri ini dari penyumbang dana pertanian lainnya. Peluang bisnis pertanian kakao pasarnya tidak di Indonesia lagi namun sudah menembus pasar luar negeri. Untuk memulai bisnis kakao pelaku usaha biasanya membutuhkan kira-kira waktu 2 tahun untuk mendapatkan hasil yang di Inginkan

Menyediakan bibit unggul

Banyak pelaku bisnis pertanian yang ingin membuka usaha pertanian, dan pastinya memerlukan bibit unggul. Sebelum Anda memilih bisnis pertanian ini sebagai usaha yang akan Anda jalankan pastikan Anda memiliki keahlian dalam masalah bibit. Menyediakan bibit yang berkualitas memerlukan beberapa ilmu khusus selain itu pastikan Anda mempunyai tim pemasaran yang handal. Memulai bisnis menjual bibit sangat menjanjikan namun pesaingnya cukup banyak sekali.

Buah dan sayuran organik

Sudah tidak bisa dipungkiri gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini sudah mulai mementingkan kesehatan, yaitu dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang lebih sehat. Kenapa harus yang organik, yang paling saya tekankan di sini adalah terhindarnya bahan kimia yang berlebih dan harga jual yang cukup tinggi serta sayuran dan buah organik biasanya lebih awet bila disimpan dalam kulkas. Bila mampu menjual jenis sayuran dan buah-buahan organik ini hingga tembus pasar supermarket, maka sudah bisa dipastikan bisnis pertanian ini sangat menjanjikan karena kebutuhan supermarket biasanya kontinue atau berkelanjutan.

Alat dan penunjang kesuksesan dalam bertani

Menjual alat pertanian

Saat ini para pelaku bisnis pertanian membutuhkan alat yang memudahkan para pekerjanya dalam mengelola lahan perkebunannya. Alat pertanian sendiri juga dapat menghemat waktu pekerja sehingga mengurangi ongkos pekerja bisa dikatakan dengan adanya alat pertanian pelaku bisnis pertanian dapat menghemat biaya pemeliharaan dan sebagainya.

Menual pupuk dan obat

Pelaku bisnis pertanian membutuhkan pupuk dan obat untuk membantu mamaksimalkan hasil produksi pertanian yang di garap. Untuk memulai bisnis dibidang obat dan pupuk sebaiknya Anda harus sudah menguasai ilmu tentang produk-produk obat dan pupuk serta bisa menjadi konsultan pertanian. Menjadi konsultan pertanian dan menjual pupuk serta obat dan menjadikan bisnis Anda menjadi lebih terpercaya. Dalam menyediakan produk obat dan pupuk, sediakanlah produk yang benar-benar berkualitas. Tidak hanya pupuk dan obat yang dapat meningkatkan hasil namun produk yang dapat menghemat pengeluaran pelaku bisnis tersebut.

Pada umunya semua produk pertanian bisa di bisnis kan dan pasti menjanjikan namun harga jual dari bisnis pertanian terkadang tidak menentu dan di atas adalah jenis-jenis bisnis pertanian yang memiliki harga jual dan nilai investasi yang bagus.

Memulai bisnis pertanian tidaklah sulit, yang tersulit adalah cara mempertahankan agar bisnis tersebut dapat maju dan berkembang. Hampir seluruh produk pertanian berpotensi tidak akan pernah merugi asal dikelola dengan bagus dan benar. Cara cepat kaya di Indonesia adalah dengan berbisnis pertanian terutama pada penjual produk hasil pertanian.

Bidang Sosial Komunikasi

Konsultan pertanian

Bentuk dari bisnis pertanian tidak hanya dalam urusan perdagangan, terlebih di negara indonesia. Prospek yang sangat menjanjikan bila mulai saat ini anda dapat memulai membangun lembaga konsultasi pertanian. Petani indonesia sebenarnya membutuhkan pengetahuan yang lebih modern akan bertani. Namun sampai saat ini petani masih banyak yang belum paham. Masalah petani itu sangat komplek, tidak hanya dalam masalah bertani, namun juga penentuan harga jual produk tani ke pasaran.

hal tersebut harus dipahami, tidak serta merta menjadi konsultan petani itu mudah ya, sebelum memutuskan untuk menjadi konsultan petani, alangkah baiknya birokrasi / peraturan dari pemerintah di samakan dulu dengan kebutuhan petani.

Mari yang berjiwa besar, buat harga pangan menjadi pasti, setidaknya dalam kurun beberapa saat sebelum harga tersebut berubah lagi. Sejahterakan petani !!!

Demikianlah artikel membahas tentang bisnis pertanian menjanjikan yang bisa dijalankan oleh siapa pun. Untuk memulai bisnis pertanian biasanya menggunakan modal yang tidak sedikit, untuk pelaku bisnis pertanian yang akan memulai pastikan Anda siap dengan waktu tenaga dan modal yang cukup untuk menyuplai energi bisnis pertanian yang Anda jalankan selama belum menghasilkan keuntungan untuk pelaku bisnis tersebut. Cari artikel lain di laman daftar isi. Semoga bermanfaat!!!

Artikel peluang usaha ini dicari dengan kata kunci bisnis pertanian, bisnis pertanian modern, bisnis pertanian menjanjikan, bisnis ekspor indonesia, bisnis menguntungkan, bisnis menjanjikan