Home » Potret Gambar » Agribisnis » Cara Budidaya Buah Naga Menggunakan Tiang Agar Cepat Buah

Cara Budidaya Buah Naga Menggunakan Tiang Agar Cepat Buah

Cara Budidaya Buah Naga Menggunakan Tiang Agar Cepat Buah – Berikut ini adalah cara menyiapkan berbagai perlengkapan sebelum membudidayakan buah naga hingga panen. Rata-rata umur buah naga setelah tanam hingga panen berkisar 8 sampai 1 tahun, tergantung waktu kapan kita menanamnya. Soalnya buah naga akan dapat menghasilkan buah pada cuaca dingin atau musim hujan.

Untuk menumbuhkan buah naga sendiri ada beberapa cara, yaitu dengan 1 tiang, dan menggunakan pagar, bisa Anda liat contoh pada gambar

Persiapan sebelum memulai menanam buah naga

Sebelum menanam buah naga yang baik, harus di siapkan alat dan bahan, agar proses penanaman bisa dimulai secara bersamaan.

Bibit

Pilih bibit yang bagus, ciri-ciri bibit buah naga yang bagus yaitu sebelumnya pernah berbuah minimal 2 kali. Panjang bibit buah naga sekitar 30 cm sampai 40 cm

Tiang

Tiang untuk menopang buah naga agar bisa tumbuh ke atas. Sediakan juga ban atau kayu yang dapat menghasilkan cabang di ujung tiang. Ukuran tiang berdiameter 8 sampai 12, sesuaikan saja. tinggi tiang minimal 150 cm. Tiang bisa berupa beton semen, bisa berbentuk kotak atau melingkar.

Lahan

Siapkan lubang, kedalaman lubang sekitar 40 cm dan diameter kurang lebih 50 – 60 cm. Bila menggunakan pot, gunakan pot yang berukuran besar. Isi dengan adonan pupuk tanah dan bila perlu tambah sekam padi, dan sekaligus tanam tiang di pertengahan lubang. Siram dengan air dan biarkan selama kurang lebih 3 sampai 7 hari

Pupuk

Pupuk yang di gunakan untuk pertama kali adalah kotoran ayam. Karena pupuk jenis ini mengandung unsur N yang baik untuk pertumbuhan tunas dan cepat memanjangkan batang sampai ke ujung tiang.

Cara penanaman buah naga yang baik

Penanaman buah naga yang baik, pada kondisi lahan yang sebelumnya sudah siapkan, penanaman buah naga dapat dilakukan setelah lahan berumur  3 hari sampai satu minggu dari waktu persiapan lahan. Batang buah naga di tanam kurang lebih kedalamannya adalah 10 cm dari permukaan lahan. Dalam 1 lahan, tanam 3 atau 4 batang bibit buah naga. Gunakan tali untuk mengaitkan batang buah naga dengan tiang.

Perlakuan setelah tanam

Siram buah naga 5 hari sekali, selama tidak musim hujan, bila musim hujan tidak perlu untuk di siram. Berikan pupuk kandang secukupnya. Taburkan di sekitar lahan, atau lubang dengan tidak meluber ke mana-mana. Pemupukan bisa dilakukan 3 bulan sekali.

Pastikan tunas yang tumbuh dari setiap batang yang ditanam adalah 1 saja. Potong batang lain bila ada, dan biarkan 1 tunas saja yang menembus sampai ke ujung.

Setelah sampai ujung biarkan tumbuh tunas sebanyak mungkin, lalu biarkan memanjang. Setelah sudah banyak tinggal merapikan saja tampilan dari pohon yang sudah jadi.

Selama belum berbuah, terus berikan pupuk, dan siram. Jangan lupa untuk selalu membersihkan rumput di sekitar lahan.

Cara mempercepat pembuahan buah naga

Biasanya ada petani buah naga yang mengeluh, padahal sudah musimnya berbuah, namun kenapa kok buah naga saya belum berbunga juga. Solusi dari penulis ialah, gunakan pupuk granule dari PT Natural nusantara, dan berikan tambahan 2 kilo pupuk NPK setiap 10 kg pupuk granule. Tidak membutuhkan waktu lama, pohon buah naga akan cepat berbunga dan berbuah.

Buah naga perlu yang namanya pembuahan untuk menghasilkan buah, yang mana kegiatan tersebut melibatkan putik dan benang sari. Agar buah naga yang Anda tanam menghasilkan buah yang banyak, bantu buah naganya untuk kawin. Kenapa harus dibantu kan sudah ada kumbang?
Jarak antara putik ke benang sari dalam buah naga itu sangat jauh, kemungkinan untuk menyatu sangat kecil, jadi peran manusia sangat dibutuhkan. Walaupun kadang bisa berbuah, tapi kan sayang kalo kadang buah naganya berbunga tapi gak jadi buah. Caranya bagaimana, di malam hari pada saat bunga buah naga mekar Anda perlu menggosok gosok bunganya satu persatu, bila kumbang mungkin goncangannya terbatas, bila tangan Anda pasti bisa meraih sampai ke putik

Penyakit buah naga

Sampai saat ini penyakit buah naga hanya 1, yaitu batangnya membusuk dan berlubang, solusinya potong saja batang yang membusuk. Untuk batang buah naga yang menguning, itu tandanya kurang karbon. Tambahkan pupuk urea bila ingin melihat batang buah naga menjadi hijau.

Demikian artikel tentang cara budidaya buah naga dengan menggunakan tiang.  Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.