Home » Tips Bisnis » 5 Jenis dan Tips Budidaya Ikan Koi Agar Cepat Besar

5 Jenis dan Tips Budidaya Ikan Koi Agar Cepat Besar

Budidaya Ikan Koi¬†– Halo selamat malam semuanya, karena saya menulis artikel ini saat malam hari jadi menyapanya selamat malam ūüôā pada kesempatan kali ini admin ingin berbagi informasi mengenai jenis ikan koi dan cara budidaya ikan koi agar cepat besar. Ikan koi itu apa? masih banyak yang belum tahu mengenai jenis ikan ini. Ikan koi termasuk juga ke dalam ikan mas. Loh masak iya? iya benar, namun ikan koi memiliki ornamen warna yang berbeda dari ikan mas, yaitu belang belang, seperti hitam, putih,kuning dan merah. Ikan koi biasanya digunakan sebagai ikan hias, bukan ikan konsumsi. Ikan koi dipercaya juga sebagai ikan yang membawa keindahan dan keberuntungan pemiliknya.

Ikan koi sendiri terbagi menjadi beberapa jenis lagi. Ada sekitar 10 jenis lebih ikan koi. Perbedaannya terletak pada corak warna dan ukuran pada ikan koi itu sendiri. Sebelum lanjut ke poin cara budidaya ikan koi alangkah baiknya saya menjelaskan jenis jenisnya pada sobat terlebih dahulu. Oh iya setiap jenis memiliki harga yang berbeda beda. Karena mimang ikan ini dijadikan sebagai ikan hiasan, tidak heran bila hara 1 ekor ikan koi bisa dihargai hingga belajasan juta rupiah.

Jenis  ikan koi

16 Jenis ikan koi dengan kelompok berbeda beda, ada 5 kelompok mendasar. Saya jelaskan dulu kelompok kelompoknya

[su_table]

KELOMPOK CIRI
KOI TANCHO Warna menonjol pada bagian atas kepalanya, warna tersebut bisa hitam dan juga merah, untuk warna tubuhnya baisanya polos, polos putih dan hitam
KOI ASAGI Memiliki warna merah dibawah perut, warna tersebut akan menyebar ke tubuh sesuai dengan pertambahan umur ikan tersebut
KOI UTSURIMONO Memiliki warna dasar hitam dan memiliki corak warna seperti kuning, putih dan merah
KOI BEKKO Warna dasar bisa kuning, putih, dan merah. Untuk corak dari kelompok ikan koi ini adalah warna hitam
KOI GOSANKE Memiliki 3 kombinasi warna, bisa putih merah hitam, kuning putih hitam, dan kebalikannya

[/su_table]

Masayrakat awam masih sangat bingung dalam menentukan dikelo,pok mana ikan koi tersebut berada, dan tidak tahu apakah itu jenis ikan koi atau ikan lain. Dengan memahami tabel di atas, anda akan bisa memahami jenis ikan koi. Walaupun nanti agak sedikit susah untuk mengingat nama nama ikan koi.

Berikut ini adalah jenis dan nama nama ikan koi :

Banyak yang salah pemahaman mengenai cara memelihara ikan koi, terutama pada lokasi atau kolam. Ikan koi akan tumbuh dengan bagus apabila ditempatkan dikolam dengan kedalaman kolam mimial 50 cm luas minimal 2 meter. Jadi bila anda ingin membudidayakan ikan koi dalam kolam aquarium, sama saja menyiksa.

Cara Budidaya Ikan Koi Agar Cepat Besar

Untuk memelihara ikan koi, ada beberapa poin yang harus diperhatikan, yang pertama adalah

Kolam Ikan Koi

Banyak yang salah dalam ternak ikan koi pada poin pertama ini. Sudah saya singgung tentang poin ini pada paragraf sebelumnya, ikan koi membutuhkan ruang yang luas. bukan di aquarium.

Untuk ikan koi indukan ukuran kolam 4×5 meter sebaiknya di isi tidak lebih dari 20 ekor ikan koi betian, atau 40 ekor ikan koi jantan. Kenapa kok begitu ? Ukuran ikan koi betina lebih besar daripada koi jantan.

Untuk ikan koi yang hanya di perlihara saja, ukuran 4×5 meter bisa di isi dengan 50 an ikan koi.

kolam ikan koi yang baik

kolam ikan koi

Kedalaman ikan koi tidak kurang dari 50, semakin dalam semakin bagus. (oposional 150cm) Ikan koi yang tidak mendapatkan tempat teduh yaitu kedalaman, biasanya warna sisik menjadi pucat dan bila dilihat kurang cmengindahkan mata. Selain mendapatkan tempat teduh, dengan kedalaman lebih dari 50 cm, ikan koi akan lebih mudah dalam bergerak.

Kontruksi kolamnya bisa berupa tanah langsung atau beton, namun yang perlu diperhatikan adalah air dapat dengan mudah diganti. Buatlah salah satu sudut kolam lebih dalam dari bidang yang lain, lalu pasang paralon atau saluran pembuangan. Selain memudahkan pembuangan air kolam, sudut yang mempunyai bidang yang lebih dapat memudahkan menggeser kototan ikan kelobang pembuangan.

Air kolam ikan koi

Salah satu ikan paling anti kotor adalah ikan koi. Ikan koi akan senang bila hidup di air yang bersih berbeda dengan ikan lele dan gabus. Pergantian air sebaiknya dilakukan setiap minggu, atau anda cukup memebeli alat filter air unuk membersihkan air dalam kolam setiap hari secara otomatis.

Jadwal makan ikan koi

Ikan koi memiliki jadwal makan yang sebaiknya harus dipenuhi oleh peternak ikan ini. Jadwal makan nya yaitu 2 sampai 3 kali dalam sehari, sesuaikan juga dengan kebutuhan ikan jangan berlebihan, pemberian pakan 2 hari sekali adalah pada waktu pagi sekitar jam 6, dan waktu sore puluh 6. Bila memberikan pakan 3 kali dalam sehari, jadwal yang tepat adalah, pagi hari jam 6, siang hari 2 dan sore haru jam 8. Untuk pemberian pakan 3 kali sehari, jangan banyak banyak porsi pada saat pemberian pakan.

Teknik pemeliharaan ikan koi sebenarnya hampir sama dengan cara ternak ikan lain, perbedaan yang menonjol adalah kolam ikan koi harus selalu bersih. Pakan yang baik juga memperngarui warna ikan koi.

Demikianlah artikel kami yang berjudul Jenis dan Cara Budidaya Ikan Koi Agar Cepat Besar. Semoga bermanfaat dan dapat mencerahkan. Artikel ini dicari dengan kata kunci: Mencerahkan koi showa, Mencerahkan ikan hias, jenis ikan koi, cara budidaya ikan koiIkan koi cara pembuatan kolam, kolam ikan koi, budidaya ikan koi, jenis ikan koi, bisnis ikan koi