Home » Editors' Choice » Cara Mendirikan Sebuah Komunitas Agar Bisa Tahan Lama

Cara Mendirikan Sebuah Komunitas Agar Bisa Tahan Lama

Cara Mendirikan Sebuah Komunitas Agar Bisa Tahan Lama – Perkumpulan orang yang mempunyai minat, bakat dan misi serta visi merupakan salah satu syarat dari terbentuknya sebuah komunitas. Dari beberapa pengertian termasuk para ahli menyebutkan bahwa komunitas Menurut Hendro Puspito – Kelompok sosial adalah suatu kumpulan nyata, teratur & tetap dari individu-individu yang melaksanakan peran-perannya secara berkaitan guna mencapai tujuan bersama. Sedangkan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) komunitas adalah kelompok organisme (orang dan sebagainya) yang hidup dan saling berinteraksi di dalam daerah tertentu. Nah menurut kalian sendiri bagaimana? Tuliskan di Komentar

Seperti yang kita pahami dari sudut pandang orang awam, komunitas adalah kumpulan orang dengan tujuan yang sama tanpa adanya paksaan namun tetap ada syarat dan ketentuan tertentu. Begitulah orang awam berpendapat. Nah apakah saat ini anda mempunyai suatu keinginan yang ingin anda kembangkan bersama komunitas? Pertanyaannya adalah, sudah adakah yang mau bergabung untuk menggali atau mewujudkan ide anda bersama? Anda sudah bisa membuat komunitas dengan atau tanpa surat tertulis ketika itu juga. Membuat komunitas itu sebenarnya cukup mudah, yang sulit ialah, membesarkan dan mempertahankan komunitas itu tetap hidup.

Nah bagaiamana cara membuat komunitas agar bisa eksis terus? Namun sebelum kepada tahap pengembangan kita akan membahas bagaimana teknis / cara membangun sebuah komunitas.

  1. Cari Masalah
  2. Temukan Ide sederhana untuk menyelesaikan
  3. Jaring orang yang mempunyai masalah yang Sama
  4. Buat grup di Line, WA, atau fasilitas chat online lainnya
  5. Buat pertemuan perdana sekaligus meresmikan komunitas

Tahapan diatas saya kita tidak perlu saya jelaskan panjang lebar. Intinya adalah, anda harus bisa mengumpulkan minimal 2 orang teman yang mau / ingin membuat sebuah komunitas yang sama. Jangan memaksakan kehendak ingin membuat suatu komunitas, namun anggota lain masih ragu ragu untuk mengikutinya. Minimal 2 orang saja dengan pemikiran yang sama, komunitas sudah bisa terbentuk. Untuk mengembangkan sebuah komunitas diperlukan strategi yang apik agar orang juga tertarik dengan komunitas yang sudah dibangun.

cara membuat komunitas

Strategi Mengembangkan Komunitas

Membuat nama komunitas yang unik dan mencerminkan identitas

Walaupun komunitas sudah dibuat sebelumnya, jangan takut untuk merubah nama komunitas dengan tujuan agar komunitas lebih memiliki karakter. Komunitas yang memiliki nama yang pas dengan tujuannya, biasanya akan mudah dikenal oleh kalayak luas, dan tentunya anggota lebih PD ketika memiliki atribut komunitas yang sekarang ia ikuti.

Membuat perbedaan pada komunitas

Kenapa komunitas kita harus berbeda? Bukan sok tau, tapi di dunia ini ternyata banyak komunitas yang mungkin sama dengan komunitas yang ingin anda bangun. Perbedaan pada komunitas akan memberikan keunikan yang akan membuat orang awam lebih mudah mengenal. Misalnya seperti komunitas emak emak blogger.

Komunitas emak emak blogger adalah komunitas kumpulan blogger wanita yang ada diseluruh tanah air. Keunikan dari komunitas ini ialah, anggota sepenuhnya adalah seorang wanita, mempunyai forum khusus, dan setiap ada acara, pengkoordinir komunitas akan mengirimkan pesan disetiap kontak anggota (email). Siapapun boleh bergabung dengan syarat mempunyai blog dan memasang atribut logo diblog yang didaftarkan. Jadi ketika orang berkunjung di suatu blog dan ada lambang emak emak blogger, berarti dia adalah anggota dari komunitas emak emak blogger.

Membuat website

Website difungsikan sebagai media informasi yang tidak mudah basi. Bila komunitas blogger mungkin ini bukan menjadi masalah. Namun bagaimana bila komunitas yang akan anda dirikan adalah komunitas offline, seperti komunitas motor. Anda juga dituntut untuk membuat sebuah website. Website digunakan untuk promosi kegiatan, dan event event yang berkaitan dengan komunitas. Selain itu, website juga bisa dijadikan sebagai media dokumentasi acara yang dilakukan oleh komunitas. Tidak hanya promosi kegiatan untuk anggota, namun juga promosi kegiatan untuk orang awam yang berkunjung ke situs atau website, dan pada akhirnya, bila kegiatan yang dilihat dianggap sangat cocok dan seru oleh orang awam, maka meraka akan tertarik untuk bergabung di komunitas.

Membuat list kontek seluruh anggota

Selain dianggap lebih peduli dengan anggota komunitas, list kontak juga sangat dibutuhkan untuk membagi informasi lebih cepat ke anggota. Anda tidak akan bisa menjaring semua anggota komunitas hanya dengan grup Line, WA dan fasilitas chat grup lainnya. Anda harus menghubunginya 1 persatu dengan cara mengumpulkan email list atau kontak WA. Pesan akan bisa dikirimkan secara otomatis ke semua kontak dengan bantuan jasa kirim pesan. Atau anda yang tahu teknis list email building pasti tahu cara bagaimana mengirim pesan ke banyak kontak sekaligus.

Agenda pertemuan yang jelas

Dengan membuat agenda pertemuan yang jelas, ini akan sangat membantu anggota komunitas untuk mengatur waktu agar bisa berkumpul. Pertemuan yang rutin diharapkan agar seluruh anggota komunitas agar bisa lebih akrab dan lebih menyatu. Atur pertemuan bisa mulai dari 1 minggu sekali, 2 minggu sekali, atau 1 bulan sekali. Tergantung kesepakatan bersama-sama.

Membuat acara yang berhubungan dengan komunitas

Acara bukan seperti pertemuan di atas, acara bisa dilakukan 1 bulan sekali, 3 bulan sekali atau 6 bulan sekali. Acara yang dimaksud adalah kegiatan happy happy untuk komunitas. Bisa memperingati hari jadi komunitas, seminar, kompetisi dan lain lain. Acara ini bisa dilakukan dengan dana dari perusahaan sponsor atau dari dana yang dikumpulkan dari anggota komunitas.

Jangn lupakan kegiatan sosial

Untuk menambah popularitas sebuah komunitas, kegiatan sosial adalah kegiatan yang banyak membantu. Ketika sebauh komunitas sering melakukan kegiatan bakti masyarakat, disanalah akan ada nama baik yang akan terus tumbuh untuk komunitas yang telah berdiri. Acara acara sosial seperti, mengadakan buka bersama dengan anak yatim, mendukung program pemerintah dengan cara membuat lomba lomba untuk masyarakat dan masih banyak lagi.

Selalu dokumentasikan kegiatan komunitas

Dokumentasi sangat diperlukan bagi sebuah komunitas, selain menjadi memori komunitas, juga sebagai tanda bahwa komunitas anda sudah melakukan kegiatan kegiatan yang mempunyai nilai positif dan dapat dijadikan alasan untuk orang awam bisa bergabung di komunitas yang sedang dijalankan. Dokumentasi yang apik juga menandakan bahwa komunitas sangat peduli dan menghargai setiap kegiatan, dan efeknya, anggota yang ada dalam komunitas sangat bangga ketika ada foto yang terpampang di konten dokumentasinya.

Memiliki atribut resmi komunitas

Atribut selain menjadi penanda adanya sebuah komunitas, juga sebagai simbol kebanggaan bagi anggota. Atribut juga bisa digunakan sebagai alat promosi pihak luar. Contoh atribut untuk komunitas adalah: Kaos, gelang, stiker, jaket, rompi dan lain lain.

Hubungkan anggota dengan siapa saja

Sebuah komunitas bisa dikatakan berhasil bila setiap anggotanya bisa menjalani kehidupan yang lebih maju akibat manfaat dari komunitas itu sendiri. Setiap orang yang sekiranya bisa membantu kemajuan komunitas dengan menguntungkan kedua belah pihak, maka dekatilah dan ajaklah berdiskusi.

Demikian secarik info tentang Cara Mendirikan Sebuah Komunitas Agar Bisa Tahan Lama yang bisa admin bagikan. Dengan mengikuti tips di atas mudah mudahan anda bisa membangun komunitas yang dapat bermanfaat bagi kalayak umum terutama anggota komunitas itu sendiri.