Home » Tips Bisnis » Promosi Produk Secara Online Menggunakan Media Sosial

Promosi Produk Secara Online Menggunakan Media Sosial

Apa kabar? Semoga selalu baik dan bisnisnya makin lancar ya 🙂

Promosi, apa itu promosi ?

Promosi adalah salah satu kegiatan pemasaran yang bertujuan untuk memperkenalkan suatu produk dari produsen ke konsumen.

Banyak sekali teknik promosi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan. Salah satunya yaitu dengan teknik promosi online dari media sosial.

Teknik promosi online saat ini menjadi populer, karena selain mudah, biaya untuk promosi secara online juga lebih murah, memangkas biaya lebih dari 70% untuk mendapatkan pengunjung yang sama bahkan bisa lebih murah dari itu, untuk pengunjung yang sama. Cakupan promosi online lebih luas, tidak hanya di daerah tempat berjualan, namun bisa mencakup seluruh negara.

Kenapa promosi online bisa seperti itu? Itu karena adanya internet, dan antusiasme masyarakat dunia termasuk Indonesia sangat tinggi untuk memanfaatkan internet. Kegunaanya sendiri bisa untuk sekedar mencari informasi ataupun berbelanja produk secara online.

Lalu apa pengaruhnya ke media sosial? kenapa promosi ke media sosial? Kita ketahui bersama, bahwa media sosial merupakan tempat yang paling ramai di kunjungi oleh orang.

Promosi Produk Secara Online Menggunakan Media Sosial

Berikut adalah data update terbaru dari www.statista.com tentang top 10 media sosial yang paling banyak digunakan.

via statista.com

media sosial populer

Pasang gambar di blog? copy kode dibawah

Baca Juga  Cara Memulai Bisnis Afiliasi Hosting Di Ardetamedia

Ada 10 media sosial, namun saya hanya memilih 3 yaitu facebook, twitter, dan instagram?

1 alasan yang mendasar adalah, media sosial lain bila digunakan untuk iklan rasanya seperti spaming, memang dari awal fungsinya sudah sangat berbeda bila dibandingkan FB, TW, dan IG. Para internet marketer juga jarang sekali merekomendasikan ber iklan menggunakan media sosial selain yang saya sebutkan 3 media sosial di atas. Karena media sosial lain tidak dapat mentargetkan pasar, seperti pemilihan umur, daerah, jenis kelamin dan lain lain. Terlagi, bila anda ingin menyasar pasar indonesia, masyarakat indonesia lebih banyak menggunakan Facebook, twitter dan intagram.

FACEBOOK

Kenapa promosi di facebook? Sudah tidak usah diragukan lagi bahwa media sosial paling banyak penggunanya adalah facebook.

Iklan Facebook

Dengan beriklan di facebook, selain memudahkan pengiklan, konsumen juga akan di mudahkan. Apa saja yang dapat di iklankan di facebook? Bisa berupa  video, gambar dan kalimat. Dari video gambar dan kalimat, nanti bisa di arahkan di halaman facebook kita, toko online kita, dan website kita.  Pengguna facbook saat ini mencapai 1,6 milyar orang. Ini hampir 1,5% penduduk dunia memakai dacebook. Penggunanya mulai dari anak anak hingga orang tua. Namun pada umunya pemakai facebook adalah orang yang berusia 15 hingga 40 tahun.

Bila anda menjual produk yang memiliki pasar dengan umur di antara itu anda bisa mempromosikannya melalui facebook. Ingin beriklan di facebook silahkan kunjungi laman iklan facebook.

Baca Juga  5 Jenis dan Tips Budidaya Ikan Koi Agar Cepat Besar

INSTAGRAM

Iklan Instagram

Pengguna instagram biasanya lebih tertarget, karena kebanyakan penggunanya adalah anak muda mulai berumur 18 hingga 27 tahun. Jadi produk yang dapat di pasarkan di instagram lebih ke produk fhasion. Instagram masih 1 induk perusahaan dengan facebook. Perkembangan instagram begitu pesat setelah di beli sahamnya oleh facebook. Untuk biaya iklan di instagram anda bisa memulainya dengan biaya 100 ribu rupiah saja. Anda berminat berpromosi menggunakan sosial media instagram silahkan menuju ke laman iklan instagram. Untuk mempelajari step by step nya silahkan baca di laman cara iklan instagram.

TWITTER

Walalupun pengguna twitter di sini tergolong sedikit, namun yang perlu anda ketahui adalah, para pemilik akun twitter adalah orang yang logikanya lebih bagus. Maksudnya begini, pengguna twiiter biasanya lebih antusias terhadap sebuah berita, atau iklan yang tayang lebih sering mengshare / tweet. Bila kita iklan di facebook, presentase iklan yang kena share ke pengguna medsos hanya berkisar o,5% namun bila kita iklan di twitter iklan yang bisa di tanggapi oleh pengguna medsos TW bisa mencapai 3%. Pengguna twiiter umumnya memiliki gaya hidup menengah ke atas. Untuk iklan di twiiter sangat mudah sekali, karena sudah disediakan banyak contoh pembuatan iklan penetapan harga dan sebagainya dari twitter silahkan baca di laman iklan twitter

YOUTUBE

Youtube memang tidak ada dalam daftar promosi media sosial top 10 dalam survey statista.com. Tetapi saya akan memasukkannya, karena sudah banyak orang yang membuktikan bahwa promosi melalui iklan youtube juga cukup menjanjikan. Untuk dapat berilkan di youtube, kita tidak harus membuat video, kita bisa menggunakan gambar saja. Namun bila hanya promosi menggunakan gambar tentunya kurang efektif.

Baca Juga  Jangan Tunggu Nanti Untuk Memulai Bisnis, Lakukan Sekarang!

Dalam youtube, kita bisa menggunakan jasa iklan langsung dari youtube dan kita juga bisa membuat branding sendiri melalui youtube. Yaitu membuat video video yang bagus dan video tersebut tidak langsung menjelaskan produk namun di buat seperti film pendek. Bila anda berminat untuk beriklan di facebook silahkan menju ke laman iklan youtube. Baca juga cara uploud video di youtube dab mendapatkan uang

Baca juga: Tips Promosi di Media sosial

Demikian artikel mengenai Promosi Produk Secara Online Menggunakan Media Sosial. Semoga dapat bermanfaat.

Salam hangat 🙂

Tags: