Home » Pengetahuan » Apa itu Dropship dan Apa itu Reseller? Ini Penjelasannya

Apa itu Dropship dan Apa itu Reseller? Ini Penjelasannya

Salam sukses untuk anda!!! Mengingat masih banyak orang yang salah kaprah dalam mengartikan apa itu dropship dan reseller, penulis ingin membaginkan informasi tentang hal ini. Walaupun pada dasarnya kedua kegiatan ini tidak jauh dari urusan promosi namun ada yang mengartikan dropship sama dengan reseller atau reseller itu orang yang udah beli produk dan dropship tidak punya produk dan sebagainya.

Agar tidak membuat tambah bingung penulis sudah merangkum dengan sangat ringkas apa pengertian dropship dan juga pengertian reseller:

Dropship

Dropship adalah pelaku pemasar yang tidak memiliki produk, tugasnya yaitu mencari pembeli dan apabila ada pembeli, maka dropship akan mengambilkan barang di suatu perusahaan atau toko yang sudah di ajak kerjasama. Dropship tidak ada terikat sama sekali dengan pemiliki produk utama, yaitu perusahaan atau toko yang di ajak kerjasama

Reseller

Reseller adalah pelaku pemasar yang sudah memiliki produk terlebih dahulu, dan ketika sudah memegang roduk, reseller baru memasarkan produknya. Bila ada pembeli, reseller akan langsung menjualkan produknya langsung kepada konsumen. Reseller mempunyai ikatan kepada pemilik produk, ada rasa rugi bila produk yang sudah distok tidak terjual, dan biasanya perusahaan atau toko yang di ajak kerjasama tidak mau untuk menerima produk yang sudah terlanjur dibeli.

Jadi pada intinya, kedua kegiatan di atas sama sama menjual, hanya saja perjanjian di awal berbeda. Pada dasarnya, seorang dropship bisa menjual produk tanpa modal seperserpun, namun seorang reseller harus merogoh kocek terlebih dahulu untuk dapat bergabung dengan suatu perusahaan untuk mendapatkan harga lebih murah dan baru bisa menjual.

Baca Juga  Pengertian Valuta Asing

Keuntungan dan kelemahan menjadi dropship dan reseller

  • Keuntungan dropship Tidak memerlukan modal untuk berjualan.
  • Kekurangan dropship Akan ada rasa takut kehabisan stok barang, padahal konsumen sudah suka
  • Keuntungan Reseller Tidak memerlukan modal besar untuk berjualan, Tidak takut kehabisan barang.
  • Kekurangan Reseller Harus membanyar sejumlah uang terlebih dahulu ke perusahaan atau toko yang mau bekerjasama. Tujuannya untuk mendapatkan harga yang lebih murah

Anda wajib baca: Bisnis Kaos Polos Tanpa Modal Besar

Mungkin hanya itu saja penjelasan singkat dari penulis, semoga bermanfaat. Jangan sampai salah ketika ingin bekerjasama dengan toko online, anda bilang mau menjadi reseller tapi tidak membeli produknya terlebih dahulu. Nanti ya yang anda ajak kerjasama ya bingung. Oke sekian!!!