Home » Editors' Choice » Go-Jek Indonesia 

Go-Jek Indonesia 

Go-Jek Indonesia – Hampir semua dari kalian pasti tau apa itu G0-Jek atau paling tidak pernah mendengarnya di media massa. G0-Jek adalah sebuah perusahaan transportasi berbasis aplikasi di telepon pintar berskala internasional namun bergerak dan berfokus dalam cakupan lokal. Didirikan pada tahun 2010 oleh Nadiem Makariem, seorang berkebangsaan Indonesia lulusan Harvard Business School, Amerika Serikat.

Pada awalnya perusahaan ini adalah perusahaan transportasi roda dua melalui panggilan telepon layaknya taksi. Namun seiring makin berkembang pesatnya dunia industri telepon pintar, membuat perusahaan transportasi ini juga memanfaatkan perkembangan teknologi dengan membuat aplikasi dan memberikan layanan pemesanan transportasi on-demand alias sesuai permintaan.

Secara kronologis perkembangan perusahaan G0-Jek dapat ditulis seperti berikut ini:

  • Oktober 2010: G0-Jek mulai beroperasi dengan sebuah kantor pusat panggilan dan 20 armada ojek roda dua.
  • Januari 2015: meluncurkan aplikasi berbasis sistem operasi android dan iOS sebagai perusahaan transportasi, kurir, dan belanja di Jabodetabek dengan armada 800 buah.
  • Maret 2015: Mengembangkan bisnisnya ke Bali sejumlah 300 armada ketika di waktu yang sama telah ada 2,200 armada di Jabodetabek.
  • April 2015: Meluncurkan layanan Go-Food dan membuka cabang di Bandung, Jawa Barat.
  • Juni 2015: Membuka cabang di Surabaya, Jawa TImur.
  • Agustus 2015: Menambah armada hingga 30.000 pengendara dan membuka cabang di Makassar.
  • September 2015: Meluncurkan Go-Mart, sebuah layanan penitipan dan pengantaran barang belanjaan.
  • Oktober 2015: Mendapatkan kucuran dana dari salah satu perusahaan asal Amerika Serikat, Sequoia Capital, dan beberapa investor lain dan meluncurkan layanan Go-Massage, G0-Glam, dan Go-Clean.
  • December 2015: Semua jenis layanan transportasi berbasis aplikasi dan daring dibekukan oleh pemerintah Indonesia. Sehari kemudian pembekuan ini dicabut. Dengan melunaknya suasana, Go-Jek mengembangkan bisnisnya ke Yogyakarta, Medan, Palembang, Semarang, Balikpapan dan meluncurkan layanan baru Go-Tix, sebuah layanan pembelian tiket konser, acara tertentu dan tiket bioskop.
  • Januari 2016: Meluncurkan layanan pemesanan layanan Go-Jek dari aplikasi perpesanan, Line.
  • Februari 2016: mengumumkan pembelian C42 Engineering and Code-Ignition sebuah perusahaan rintisan dalam bidang teknologi yang bermarkas di Bengaluru, India. Pada waktu yang sama, jumlah pengemudi Go-Jek membengkak hingga 200,000 pengemudi.
  • Mei 2016: Mengembangkan bisnis ke Malang, Solo dan Samarinda. Mengumumkan kolaborasi bisnis dengan BlueBird, sebuah perusahaan taksi terbesar di Indonesia.
  • April 2016: Meluncurkan Go-Car, sebuah layanan pengantaran menggunakan mobil yang mirip seperti Uber dan GrabCar.
  • Juni 2016: Mengembangkan bisnisnya ke Manado.
  • Juli 2016: Meluncurkan layanan bengkel bergerak, Go-Auto, yang memberikan layanan mekanik sesuai permintaan. Pada bulan yang sama menyelesaikan masalah dalam pembayaran elektronik mereka ketika beberapa akun penumpang di bajak.
  • Agustus 2016: Menjadi bisnis pertama di Indonesia yang mendapat kucuran investasi sebesar 550 juta dollar Amerika atau setara dengan 7,3 triliun rupiah yang berasal dari KKR & Co dan Warburg Pincus LLC. Investor besar lainnya adalah Farallon Capital Management LLC dan Capital Group Cos.
  • Mei 2017: Go-Jek India resmi beroperasi.

Kini, dengan jumlah unduhan lebih dari 10 juta kali dan jumlah pengemudi mencapati 250,000 orang, Go-Jek adalah satu-satunya perintis bisnis transportasi berbasis aplikasi dan telepon pintar yang terbesar di Indonesia.

Tercatat pada tahun 2017, Go-Jek resmi beroperasi di 25 kota besar di Indonesia, termasuk Medan, Batam, Palembang, Pekanbaru, Jambi, Padang, Bandar Lampung, Jabodetabek, Bandung, Sukabumi, Yogyakarta, Semarang, Solo, Surabaya, Gresik, Malang, Sidoarjo, Balikpapan, Samarinda, Pontianak, Banjarmasin, Manado, Makassar, Denpasar, dan Mataram.

Go-Jek makin berambisi memberikan layanan yang terbaik untuk para pelanggannya. Hal ini dapat dilihat dari usaha mereka dalam menghadirkan berbagai layanan untuk mempermudah terjadinya transaksi. Mulai dari awal mula penjemputan oleh pengemudi, pembayaran jasa hingga pengantaran berbagai keperluan pribadi maupun bersama. Fokus utama mereka ada pada kecepatan, inovasi dan dampak sosial. Dengan misi utama Memberikan Dampak Sosial Melalui Teknologi.

Sebagai perusahaan transportasi terbesar di Indonesia, mereka berusaha untuk terus berinovasi dan menghadirkan berbagai macam layanan. Sekarang ada 16 layanan tersedia yang dibagi menjadi 3 kelompok besar. Mereka adalah:

A. Go-Jek

1. Go-Jek

Go-Jek adalah aplikasi induk yang akan menjadi jembatan kalian ke banyak layanan yang tentu saja mempermudah urusan kehidupan kalian. Go-Jek kini bertransformasi bukan saja menjadi penyedia layanan transportasi, namun juga gaya hidup.

2. G0-Ride

Adalah layanan ojek daring pertama di Indonesia yang telah berkendara sejak tahun 2011. Dengan layanan ini kalian dapat membelah kemacetan dan tiba ke tujuan dalam waktu yang lebih singkat dengan tingkat keamanan sama.

3. G0-Car

Adalah layanan kendaraan umum serasa menggunakan mobil pribadi yang tentunya aman dan nyaman.

4.  G0-Food

Adalah layanan antar makanan terbesar di Indonesia dengan lebih dari 64.000 restoran terdaftar didalam satu aplikasi! Dengan Go-Pay kalian bisa mendapatkan gratis biaya antar di restoran tertentu.

5. G0-Mart

Adalah layanan belanja instan dimana kalian memesan pengemudi Go-Jek untuk membelikan daftar belanjaan yang telah kalian berikan dan si pengemudi akan membelikannya dan mengantarkannya ke pintu anda. Mudah, praktis dan tidak perlu keluar rumah untuk berbelanja selagi kalian mengerjakan pekerjaan dirumah. Layanan ini mengharuskan pelanggannya menggunakan Go-Pay.

6. G0-Send

Adalah layanan kurir instan untuk mengirimkan barang, dokumen yang biasanya digunakan oleh pengusaha perintis toko daring yang mengirimkan kepada pembeli yang berada dalam 1 kota dengan cepat namun dalam 1 batasan jarak atau tercakup layanan Go-Jek lokal.

7.  G0-Box

Adalah layanan penyewaan mobil pickup, mobil boks, truk engkel dan truk engkel boks untuk berbagai keperluan seperti pindah rumah, kos atau kantor kapan saja dan dimana saja langsung melalui aplikasi Go-Jek tentu saja dengan harga terjangkau.

8. G0-Tix

Adalah layanan mobile-ticketing untuk acara hiburan dan tiket bioskop serta penyedia informasi acara-acara tertentu seperti acara musik, olahraga, seni dan budaya, atraksi, tempat wisata Indonesia hingga workshop.

9. G0-Med

Bekerjasama dengan Halodoc, Go-Jek menyediakan layanan pembelian obat di lebih dari 1000 apotek di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Denpasar, Makassar, Medan, Palembang, Semarang, Yogyakarta, dan Balikpapan.

B. Go-Life

1. G0-Massage

Adalah layanan pijat relaksasi yang siap datang kerumah kalian 24 jam dalam seminggu. Para terapis yang hadir pun adalah mereka yang telah berpengalaman dibidangnya minimal selama 3 tahun dan sudah melalui pelatihan dari pihak Go-Jek.

2. G0-Clean

Adalah layanan pembersihan rumah dengan pekerja yang profesional dibidangnya. Layanan ini pun tersedia selama 24 jam. Jadi kalian tidak perlu repot-repot membersihkan rumah ketika kalian sudah lelah pulang dari kantor. Namun layanan ini baru tersedia di Jabodetabek, Medan, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Balikpapan, Makassar dan Manado.

3. G0-Glam

Adalah layanan salon berjalan yang siap datang kemanapun anda berada selama 18 jam operasionalnya di antara pukul 06.00 pagi hingga 24.00 tengah malam. Penyedia jasa kecantikan pun berasal dari mereka yang sudah terbukti keprofesionalitasannya dan menggunakan produk terpercaya. Layanan yang tersedia berupa haircare, nailcare, make-up, waxing dan facial treatment.

4. G0-Auto

Adalah layanan bengkel berjalan untuk mobil dan motor anda yang meliputi pencucian mobil, tune-up, ganti oli, aki, derek, dan berbagai bantuan darurat seperti jumper aki, tambal ban dan ganti ban serep yang bisa anda pesan dimana saja. Mekanik yang disediakan pun mereka yang telah berpengalaman sebagai mekanik minimal selama 3 tahun.

C. G0-Pay

1. G0-Pay

Go-Pay adalah salah satu cara pembayaran selain pembayaran tunai yang disarankan untuk transaksi pembayaran biaya jasa. Dengan menggunakan Go-Pay kalian juga bisa mendapatkan berbagai keuntungan seperti diskon khusus dan poin. Cara isi ulang Go-Pay pun sangat mudah dengan terjalinnya kerjasama dengan berbagai macam bank di Indonesia. Untuk membaca Cara Mengisi Ulang Go-Pay kalian dapat membacanya di artikel Cara Mengisi Ulang Go-Pay.

2. G0-Points

Adalah program loyalti dari Go-Jek khusus untuk pengguna Go-Pay. Poin ini didapatkan dari tiap transaksi yang kalian lakukan. Poin dapat ditukar dengan berbagai reward alias hadiah menarik.

3. G0-Pulsa

Adalah layanan pembelian pulsa dan internet dengan metode pembayaran melalui Go-Pay. Layanan ini mencakup berbagai operator di Indonesia.

Tadi adalah beberapa informasi mengenai Go-Jek Indonesia. Semoga dengan adanya informasi ini kalian lebih tahu mengenai Perusahaan Go-Jek. Cintailah produk-produk Indonesia!