Home » Peluang Bisnis » Cara Investasi Emas Di Pegadaian dan Menguntungkan

Cara Investasi Emas Di Pegadaian dan Menguntungkan

Cara Investasi Emas Di Pegadaian – Investasi adalah akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan pada masa depan atau lebih umum disebut penanaman modal. Investasi adalah salah satu bentuk yang wajib dilakukan oleh setiap orang selain menabung.

Bentuk investasi utamanya ada empat yakni investasi pendidikan, tanah, saham dan mata uang asing. Dengan melakukan investasi, kita bisa memiliki ‘tabungan’ namun nilainya terus bertambah seiring berjalannya waktu.

investasi emas untuk pemula

Bentuk lain investasi yang kian digandrungi khalayak luas karena menjanjikan terus bertambah nilainya adalah investasi emas. Dengan harga emas yang dulu pada tahun 1996 hanya Rp26.000 per gram, kini harganya meroket hingga lebih dari Rp600.000 pergram di tahun 2017. Jadi bisa dibayangkan berapa kenaikannya dalam jangka 20 tahun bukan?

Karena itulah, Pegadaian sebagai salah satu  BUMN sektor keuangan Indonesia yang bergerak pada tiga lini bisnis perusahaan yaitu pembiayaan, emas dan aneka jasa kini memiliki program Tabungan Investasi Emas sebagai bentuk pelayanan terhadap keinginan dan kebutuhan masyarakat.

Dilansir dari laman resmi Pegadaian, Tabungan Emas adalah layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan dengan harga yang terjangkau. Layanan ini memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk berinvestasi emas.

Keunggulan Tabungan Investasi Emas

  1. Pegadaian Tabungan Emas tersedia di Kantor Cabang di seluruh Indonesia yang bisa kalian temukan di laman Pegadaian Kantor Cabang Piloting.
  2. Pembelian emas dengan harga terjangkau (mulai dari berat 0,01 gram) seharga mulai dari Rp5000.
  3. Alternatif investasi yang aman untuk menjaga portofolio aset.
  4. Mudah dan cepat dicairkan untuk memenuhi kebutuhan dana kalian.
  5. Di pegadaian pembelian emas dapat dilakukan secara kredit maupun tunai, bila anda membeli emas secara tunai maka emas yang dibeli akan anda terima 2 minggu setelah pembayaran lunas ini karena pegadaian tidak menyetok langsung emas tersebut, dan apabila anda membeli dengan sistem mencicil / kredit maka anda baru akan menerima emas beserta sertifikatnya setelah cicilan tersebut lunas.
  6. Jangka waktu cicilan tidak membebani, di pegadaian tersedia waktu cicilan mulai dari 1 bulan hingga 36 bulan.
  7. Harga yang diterapkan oleh pegadaian dapat dibilang normal dengan proses sederhana.
  8. Emas tersedia dalam berbagai pilihan berat, mulai dari 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, 250 gram hingga 1000 gram. Jadi anda dapat menentukan sendiri mau berinvestasi dalam bentuk berat yang mana.
  9. Emas anda dijaga aman oleh PT Pegadaian, jadi jangan takut emas kalian hilang

Namun, seperti halnya dengan investasi lain, investasi tabungan emas juga memiliki kerugian, diantaranya adalah:

Kerugian Tabungan Investasi Emas

  1. Kurs jual dan beli pada saat melakukan tabungan emas. Kurs ini bisa saja menguntungkan karena pada saat membeli atau menabung saat harga emas di bawah maka kemungkinan jumlah yang didapatkan investor akan cukup banyak. Sebaliknya bila harga emas naik dan investor menabung maka ada kemungkinan jumlah yang didapatkan lebih kecil.
  2. Naik turunnya harga emas juga menjadi faktor. Meski penurunan harga jual jarang terjadi, dan jika terjadipun tidak akan turun secara tajam.
  3. Biaya administrasi serta biaya tambahan menjadikan Emas Pegadaian tergolong mahal. Sekaligus juga, bila investor menggunakan fasilitas tabungan emas. Maka pada saat ingin mencetak ada biaya cetak yang cukup besar.

    apa itu investasi emas di pegadaian

    sumber: http://www.pegadaian.co.id

Nah setelah mengetahui apa itu investasi, investasi emas sekaligus keuntugan dan kerugiannya, mari kita simak bagaimana cara berinvestasi di Pegadaian.

Prosedur Pembukaan Tabungan Investasi Emas

  1. Membuka rekening Tabungan Emas di Kantor Cabang Pegadaian hanya dengan melampirkan fotocopy identitas diri (KTP/ SIM/ Passpor) yang masih berlaku.
  2. Mengisi formulir pembukaan rekening serta membayar biaya administrasi sebesar Rp. 10.000,- dan biaya fasilitas titipan selama 12 bulan sebesar Rp. 30.000,-.
  3. Formulir dibedakan menjadi 2 yakni formulir untuk tabungan perorangan dan tabungan untuk badan/korporasi
  4. Formulir bisa didapatkan di kantor cabang piloting Pegadaian atau laman resmi Pegadaian
  5. Formulid diberikan kepada petugas untuk kemudian dibuatkan buku tabungan dan akad/perjanjian investasi
  6. Tabungan Investasi Emas sudah dapat dimulai
  7. Proses pembelian emas dapat dilakukan dengan kelipatan 0.01 gram dengan atau sebesar Rp. 5.790,- untuk tanggal hari ini (08-06-2017). Misalnya jika ingin membeli 1 gram, maka harganya adalah Rp. 579.000,- .
  8. Apabila membutuhkan dana tunai, saldo titipan emas Anda dapat dijual kembali (buyback) ke Pegadaian dengan minimal penjualan 1 gram dan Anda dapat menerima uang tunai sebesar Rp. 550.000,- untuk tanggal 08-06-2017.
  9. Uang pembelian dikonversi menjadi emas sampai dengan 4 digit di belakang koma. Atas selisihnya dikelola sebagai Dana Kepedulian Sosial atau Dana Kebajikan Umat.
  10. Apabila menghendaki fisik emas batangan, Anda dapat melakukan order cetak dengan pilihan keping (5gr, 10gr, 25gr, 50gr, dan 100gr) dengan membayar biaya cetak sesuai dengan kepingan yang dipilih.
  11. Minimal saldo rekening adalah 0.1 gram
  12. Transaksi penjualan emas kepada Pegadaian dan pencetakan emas batangan, saat ini hanya dapat dilayani di Kantor Cabang tempat pembukaan rekening dengan menunjukan Buku Tabungan dan identitas diri yang asli.
  13. Biaya transaksi akan dikenakan per nasabah per transaksi atau selanjutnya dijelaskan dalam tabel dibawah ini
  14. investasi emas
  15. Demi keamanan dan kenyamanan nasabah, juga diberlakukan pembatasan transaksi dengan perincian dalam tabel berikut ini
cara investasi emas di pegadaian

sumber: http://www.pegadaian.co.id

Selesai sudah pembahasan kita pada artikel mengenai Cara Investasi Emas Di Pegadaian ini. Semoga bermanfaat bagi kalian yang ingin memulai investasi emas. Ingat kata pepatah, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Selamat mencoba!