Mengenal Jenis-Jenis Iklan beserta Contohnya

Mengenal Jenis Jenis Iklan dan Contohnya – Hidup kita pasti tidak bisa lepas dari iklan. Setiap hari kita pasti melihat dan mendengar berbagai iklan yang berseliweran dimana-mana. Memang iklan adalah media promosi paling manjur di kalangan masyarakat, terlebih masyarakat perkotaan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Iklan adalah erita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan atau pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum.

Seorang guru besar Ilmu Manajemen Universitas Indonesia, Prof. Rhenald Kasali, Ph.D menjelaskan bahwasanya iklan adalah sebuah pesan yang menawarkan produk yang ditujukan kepada masyarakat melalui media massa. Jadi bisa disimpulkan 2 hal yang menjadi arti sebuah iklan adalah sebuah pesan dan dimuat dalam media massa.

Dari 2 hal tadi, sebuah iklan atau pesan dapat disampaikan untuk berbagai maksud dan diletakkan di berbagai bentuk media massa seperti media cetak, media tayang, media audio maupun media daring alias online.

Maka dari itu secara garis besar iklan dapat dikelompokkan menjadi 3 kelompok yakni Iklan berdasar Sifatnya, Iklan berdasar Tujuannya, dan Iklan berdasar Ruangan ia dimuat.

1. Iklan berdasar Sifatnya

a. Iklan Niaga

jenis jenis iklan

sumber:http://ristiadvertising.com/

Seperti namanya, iklan ini bertujuan untuk menawarkan berbagai produk yang dijual ke masyarakat. Iklan dibuat semenarik mungkin untuk mempengaruhi masyarakat untuk membeli produk baik barang maupun jasa yang diberikan. Contoh dari iklan niaga adalah iklan produk yang dibuat pabrik seperti Aqua, Mi Instan, Kosmetik, Alat elektronik, Jasa sedot WC, Jasa Penerjemah, Jasa arsitektur dan lain sebagainya yang diproduksi dalam pabrik.

b. Iklan non-niaga

Iklan masyarakat

sumber:http://contohmajasku.blogspot.co.id/

Iklan yang dibuat untuk mempengaruhi masyarakat agar mempunyai rasa simpati atau memberi dukungan atas suatu permasalahan aspek yang diiklankan. Iklan ini sering pula disebut iklan layanan masyarakat. Contoh dari iklan non niaga misalnya iklan anjuran berhenti merokok, iklan keluarga berencana, iklan untuk menghemat air, iklan untuk menjaga lingkungan, dan lain sebagainya.

2. Iklan berdasar Tujuannya

a. Iklan Permintaan

jenis-jenis iklan

sumber: https://poltekkes-palangkaraya.ac.id

Iklan permintaan adalah iklan yang dibuat untuk meminta masyarakat yang melihatnya untuk bekerjasama kepada pihak yang beriklan atau memberikan pemberitahuan untuk menyediakan sesuatu yang diminta atau dibutuhkan oleh si pengiklan. Contoh iklan jenis ini adalah lowongan pekerjaan atau iklan WTB (want to buy) dengan kata lain si pengiklan memberitahukan kepada khalayak luas kalau dia ingin membeli suatu barang tertentu.

b. Iklan Pengumuman

apa saja jenis iklan

sumber: http://www.lps.go.id/

Iklan pengumuman ditujukan untuk memberikan pengetahuan, penerangan, atau pengumuman kepada masyarakat tentang suatu kabar atau peristiwa, misalnya kelahiran, kematian, pernikahan, atau keberhasilan seseorang. Penggunanya yang lebih banyak terkait dalam cakupan keluarga membuat iklan pengumuman sering kali disebut iklan keluarga. Contoh iklan pengumuman misalnya iklan berita duka, iklan ucapan selamat ulang tahun, ucapan selamat pembukaan usaha/toko baru, ucapan selamat wisuda dan lain sebagainya.

Iklan ini lebih banyak dimuat dalam media cetak berskala nasional maupun regional tergantung dengan cakupan masyarakat yang ingin diberitahu. Namun dapat lebih mudah ditemukan dalam media cetak koran karena frekuensi terbitnya yang lebih sering dan lebih banyak dijangkau berbagai lapisan masyarakat.

3. Iklan berdasar Ruangan ia dimuat

a. Iklan Baris

jenis iklan di koran

suara: http://netmedia.web.id/

Biasanya ditemukan di koran karena keterbatasan ruang dan harganya didasarkan pada jumlah baris yang digunakan dalam keterangan iklan. Iklan ini dinilai iklan yang paling ekonomis namun tetap berhasil dalam artian banyak dilihat oleh masyarakat.

Karena jumlah baris dijadikan patokan berapa banyak yang harus diiklankan untuk beriklan maka biasanya si pengiklan akan menggunakan singkatan-singkatan agar jumlah barisnya bisa sesedikit mungkin. Inilah yang membuat iklan baris unik. Banyak hal yang dapat diiklankan di iklan baris, dari iklan niaga, non niaga, dan iklan permintaan.

b. Iklan Kolom (Display)

iklan yang ada disekitar kita

sumber: http://acor2b.com

Seperti namanya, iklan display lebih mengedepankan tampilan visual dibanding kepadatan informasi. Hal ini dilakukan untuk lebih menarik perhatian khalayak umum. Karena dipasang di muka umum atau tempat yang ramai maka gambar yang mudah memancing perhatian publik untuk mau membacanya adalah hal yang diutamakan.

Iklan ini biasanya hanya berisi foto atau gambar dan berisi sedikit informasi dalam bentuk tulisan.

Contoh dari iklan kolom atau display adalah baliho, videotron, spanduk, dan lain sebagainya yang diletakkan biasanya di pinggir jalan atau di perempatan lampu merah dimana banyak orang yang berhenti. Dampak negatif dari iklan jenis ini adalah menyebabkan sampah visual yang mana dapat merusak keindahan kota bila tidak ditata dengan rapi. Bukannya menikmati iklan yang ada, masyarakat justru merasa terganggu karena mata mereka selalu disuguhi iklan dan iklan dimana saja.

Terima kasih telah membaca artikel Mengenal Jenis Jenis Iklan dan Contohnya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kalian semua dalam mendalami apa itu iklan, tujuan, dan klasifikasinya. Selamat beriklan!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *