Home » Editors' Choice » 30 Kutipan yang Membuat Anda Semangat Kerja

30 Kutipan yang Membuat Anda Semangat Kerja

30 Kutipan yang Membuat Anda Semangat Kerja – Bekerja adalah salah satu kegiatan inti dari alasan mengapa kita hadir di dunia ini. Baik bekerja untuk mendapatkan imbalan berupa uang, maupun bekerja untuk diri sendiri demi menyenangkan dan menenangkan jiwa dan diri maupun bekerja untuk orang terkasih.

Namun pasti ada waktu dimana kita merasa lelah bekerja. Entah apapun alasannya, kita tidak boleh berhenti bekerja. Karena jika kita berhenti bekerja lalu apa tujuan kita ada didunia ini? Jika kita tidak bekerja kita hanya akan menjadi beban bagi bagi orang terdekat maupun pemerintah.

Kata Motivasi Kerja

Kalian pasti memiliki beragam cara untuk meningkatkan semangat dalam bekerja agar kembali giat dan mampu berdiri setelah jatuh saat bekerja. Tiap orang memiliki cara mereka sendiri berdasar keinginan mereka. Namun, tidak ada salahnya merenungi 30 kutipan dari orang-orang yang telah banyak makan asam garam di dunia ini dan mungkin telah banyak melalui halangan, rintangan dan kejatuhan.

1. A person who never made a mistake never tried anything new. -Albert Einstein

“Seseorang yang tidak pernah melakukan kesalahan tidak pernah melakukan sesuatu yang baru” kata Albert Einstein, ilmuwan asal Jerman yang terkenal sebagai manusia paling jenius di dunia. Kata-kata ini memiliki 2 arti utama yakni jangan takut untuk melakukan kesalahan dan teruslah berinovasi. Karena dengan melakukan hal itu maka seseorang akan belajar banyak untuk menjadi sukses dan tidak mudah putus asa.

2. Bisnis yang bagus itu dijalankan, bukan ditanyakan terus. – Bob Sadino

Siapa yang tak kenal almarhum Bob Sadino? Pengusaha sukses asli Indonesia ini adalah salah satu panutan pengusaha Indonesia karena jerih payahnya. Ia memiliki beragam jenis bisnis peternakan, terutama ayam. Salah satu kata-katanya yang motivasional adalah yang satu ini. Juga dapat diaplikasikan bagi mahasiswa yang sedang bergumul dengan skripsi. Skripsi itu dikerjakan, bukan dipikirkan terus.

3. Choose a job you love, and you will never have to work a day in your life. –Confucius

“Pilih pekerjaan yang kamu sukai, maka kamu tidak harus bekerja satu hari pun sepanjang hidupmu” Meski benar kita tidak bisa serta merta memilih pekerjaan, melainkan kita harus memperjuangkannya namun kata-kata ini bisa kita amalkan dalam makin menekuni bidang yang kita sukai dan mendapatkan penghasilan darinya. Jika kita menyukai apa yang kita lakukan, dan melakukannya dengan sepenuh hati maka pekerjaan itu akan terasa sangat ringan. Malah kita akan ketagihan untuk melakukan pekerjaan itu.

4. Everyone’s dream can come true if you just stick to it and work hard. -Serena Williams

Atlet tennis dunia, Serena Williams berkata “Impian semua orang dapat terwujud jika kalian terus menekuninya dan bekerja keras untuk mewujudkannya”. yang dapat diartikan bahwa kalian harus tetap fokus dan konsisten untuk mewujudkan mimpi kalian. Fokus dalam melakukan hal hal untuk meraih dan konsisten dalam bekerja keras niscaya impian kalian itu hanya selangkah lagi untuk terwujudkan.

5. Failure is not the opposite of success, it’s part of success. -Ariana Huffington

Seorang pendiri media raksasa, Huffington Post berkata “Kegagalan bukanlah lawan dari kesuksesan, kegagalan adalah bagian dari sukses itu sendiri” Jadi jangan anggap kegagalan adalah pertanda untuk berhenti, tapi kegagalan memanglah bagian dari kesuksesan itu sendiri.

6. Four things for success: work and pray, think and believe. -Norman Vincent

“Empat hal untuk meraih kesuksesan: Kerja, doa, berpikir jernih dan yakin” Keempat sifat dan perilaku itu jika diterapkan memang resep mujarab untuk mewujudkan impian-impian kita bukan?

7. Have patience. All things are difficult before they become easy. -Saadi, Penyair Iran

“Bersabarlah. Semua hal itu sulit sebelum menjadi mudah” Suatu hal akan menjadi mudah hanya jika kita terbiasa melakukannya dan telah menguasainya. Sama dengan pekerjaan, akan terasa sangat sulit di hari-hari pertama, namun setelah kita terbiasa maka semua pekerjaan itu akan semudah membalikkan telapak tangan. Karena itulah pengalaman adalah guru terbaik.

8. I just hate losing and that gives you an extra determination to work harder. -Wayne Rooney

Siapa yang tak kenal pemain sepakbola berbakat asal Inggris ini? Ia pernah berkata “Aku sangat membenci kekalahan hingga kebencianku itu menjadi bahan bakarku untuk bekerja dengan lebih giat” Jadi kalian bisa menggunakan rasa benci atau takut akan sebuah kegagalan atau kekalahan sebagai dorongan agar kalian lebih giat dalam bekerja.

9. If you don’t build your dream, someone else will hire you to help them build theirs. -Tony Gaskin

“Jika kalian tidak membangun mimpi kalian sendiri, orang lain akan mempekerjakan kalian untuk membangun mimpi mereka” hmm ada benarnya juga ya? Jika kita terlalu takut untuk mengambil resiko dan tidak memiliki modal atau takut mengambil pinjaman sebagai modal, maka kita harus bersiap mengubur dalam-dalam mimpi kita dan bekerja saja sebagai pegawai di mimpi orang lain yang pelan tapi pasti terwujud karena peran kalian.

10. In order to succeed, your desire for success should be greater than your fear of failure. -Bill Cosby

“Untuk menjadi sukses, nafsu untuk sukses harus lebih besar daripada ketakutan kalian akan kegagalan” Jadi kalian harus menambah nafsu untuk menjadi sukses dengan berbagai cara yang tentunya tidak merugikan orang lain dan mengecilkan atau bahkan menghilangkan rasa takut kalian akan kegagalan meski peluang gagal itu pasti ada.

11. I’ve done a lot work to get where I’m at, but I have to keep working. -Wiz Khalifa

“Saya sudah menyelesaikan banyak pekerjaan untuk menjadi sesukses sekarang, namun aku tetap harus bekerja.” Sama seperti slogan pak Jokowi, Kerja, Kerja dan Kerja dan Kerja Bersama. Jadi kerja itu tidak ada garis finishnya. Kita harus tetap menjaga kestabilan pola kerja kita. Karena yang stabil itu lebih penting daripada banyak naik turunnya, seperti kecepatan internet.

12. Opportunities don’t happen, you create them. -Chris Gosser

“Kesempatan itu tidak hadir begitu saja, kesempatan itu dibuat oleh kita sendiri.” memang kesempatan itu tidak tiba-tiba muncul didepan mata. Namun kesempatan itu hadir melalui teman, kolega, internet, atau hal yang kita lakukan di masa lalu. Jadi berteman dan berbuat baiklah kepada siapa saja karena kita tidak tahu kesempatan itu datangnya darimana bukan?

13. Saya hanya bekerja tak peduli penilaian orang. Mau jelek, mau gagal, mau berhasil, yang penting saya bekerja. -Presiden Joko Widodo

Bekerja jika untuk kebaikan dan bermanfaat untuk banyak orang memang membahagiakan. Tujuan dari bekerja bukanlah membuat diri kita senang, namun membuat orang lain senang sehingga membuat kita senang. Karena bahagia yang sejati adalah melihat orang lain bahagia karena perbuatan kita.

14. Success is no accident, it is hard work, perseverance learning, sacrifice and most of all love what you do. -Pele

“Kesuksesan bukanlah kebetulan, ia adalah hasil dari kerja keras, ketekunan dalam belajar, pengorbanan dan sebagian besarnya adalah kecintaan pada apa yang kamu lakukan” Ujar pemain legendaris asal Brazil, Pele. bukankah apa yang kamu tanam, maka kamu juga yang akan memetik buahnya? Jika kalian ingin kesuksesan yang besar, maka dibutuhkan hal yang besar pula.

15. Success is stumbling from failure to failure with no loss of enthusiasm. – Winston S. Churchill

“Kesuksesan adalah kumpulan kegagalan-kegagalan dengan tanpa kehilangan entusiasme” Ujar mantan Perdana Mentri Inggris yang memiliki nama lengkap Sir Winston Leonard Spencer-Churchill, KG OM CH TD PC PCc DL FRS RA.

16. Success seems to be connected with action. Successful men keep moving. They make mistakes, but they don’t quit. -Conrad Hilton

“Kesukesan sepertinya berhubungan dengan aksi yang kamu lakukan. Orang yang sukses terus bergerak. Mereka membuat banyak kesalahan, namun mereka tidak menyerah” Tapi jangan jadi orang bodoh yang terus melakukan kesalahan namun tidak belajar dari kesalahan yang mereka buat. Kerjakan pekerjaanmu, ambil pelajaran ketika kalian melakukan kesalahan dan perbaiki hingga masalah yang baru muncul. Jangan seperti keledai yang jatuh di lubang yang sama lebih dari dua kali.

17. The best preparation for good work tomorrow is to do good work today. -Elbert Hubbard

“Persiapan yang paling bagus untuk hasil kerja yang memuaskan esok hari adalah melakukan kerja yang baik hari ini.” jadi kalian jangan malas-malasan dan menunda-nunda pekerjaan kalian hingga menumpuk dan mepet deadline ya! Karena yang rugi adalah kalian sendiri.

18. The best revenge is massive success. -Frank Sinatra

“Balas dendam yang terbaik adalah kesuksesan yang masif” Orang yang benar-benar hebat itu membuktikan dengan perbuatan, bukan ucapan. Benar bukan?

19. The best way to predict the future is to create it. – Forrest C. Shaklee

“Cara terbaik untuk memperkirakan masa depan adalah dengan menciptakannya” Para pegawai di BMKG paling piawai dalam memperkirakan cuaca, tapi bukankah cuaca itu terbentuk dari banyak hal yang jika kita perhatikan bisa dibuat? Seperti sekarang, dengan memuncaknya emisi gas karbondioksida maka cuaca akan semakin tidak menentu karena ketidakseimbangan atmosfer.

20. The harder the conflict, the more glorious the triumph. -Thomas Paine

“Semakin sulit konfliknya, semakin memuncak pula kesuksesannya” Salah satu pendiri Amerika Serikat ini mengatakan kata-kata penyemangat tersebut saat menyemangati rakyatnya yang kala itu masih tercerai berai. Kata-kata tersebut menggambarkan betapa kesulitan yang ada di tiap pekerjaan kita adalah jalan yang harus kita lalui untuk menuju kesuksesan yang tidak kecil pula.

21. The key to failure is trying to please everyone. -Ed Sheeran

“Kunci kegagalan adalah mencoba untuk menyenangkan semua pihak” Tidak ada yang sempurna. Begitu pula kita. yang kita lakukan tidak mungkin bisa menyenangkan semua pihak. Karena itulah jangan sekali-kali mencobanya karena yang akan terjadi adalah kerugian demi kerugian.

22. The only place success comes before work is in the dictionary. -Vince Lombardi

“Satu satunya tempat dimana kamu bisa menemukan “sukses” sebelum “kerja” adalah di kamus” Maksudnya, dalam bahasa Inggris secara abjad success yang berawalan S (yang artinya sukses) dan work yang berawalan W (yang berarti kerja) dapat secara mudah kita temukan di kamus karena kamus diurutkan berdasar abjad. Kamus adalah buku, sedangkan hidup yang nyata itu tidak seindah dan semudah buku.

23. There is no substitute for hard work. -Thomas Alva Edison

“Tidak ada yang dapat menggantikan kerja keras” Kalimat yang sangat sederhana dari penemu lampu. Tidak ada proses kilat alias instan yang akan membuahkan kesuksesan. Jika ada pun itu hanya kesuksesan yang semu. Cepat datang, maka cepat pergi pula.

24. Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn’t do than by the ones you did do. -Mark Twain

“dua puluh tahun lagi kamu akan lebih kecewa pada hal yang tidak kamu lakukan dibanding apa yang kamu lakukan” Jadi kalian harus pikirkan matang-matang sebelum melakukan pekerjaan. Karena penyesalan itu datangnya di akhir, kalau didepan namanya pendaftaran.

25. What you are will show in what you do. -Thomas Alva Edison

Lagi-lagi dari bapak penemu lampu, “Dirimu yang sejati adalah apa yang kalian perbuat” Karena lidah tak bertulang maka ia bisa berkata apa saja. kebohongan demi kebohongan dapat terucap, namun perbuatan tidak.

26. Where there is no work, there is no dignity. -Paus Fransiskus

“Ketika kamu tidak bekerja, maka kamu juga tidak punya martabat” Kata pemimpin umat Gereja Katolik Roma ini. Memang, seseorang itu mendapatkan kehormatan dan martabat dari pekerjaannya, apa yang dilakukannya dan hasilnya. Iya bukan?

27. Without self-discipline, success is impossible, period. -Lou Holtz

“Tanpa disiplin diri, kesuksesan adalah kemustahilan, titik.” Bukankah semua berawal dari diri sendiri? Kita melakukan apapun berawal dari diri sendiri. Jika dari awal sudah bobrok, apa yang kamu harapkan untuk diraih?

28. Work hard in silence, let your success be your noise. -Frank Ocean

“Sembunyikan kerja kerasmu, biarkan kesuksesan yang akan menjadi pengumuman dan pembuktian siapa dirimu” sama dengan suatu hadits, sembunyikan ibadahmu seperti kau menyembunyikan aibmu. Biarkan Tuhan yang menghakimimu, karena dia sebenar-benar Maha Adil.

29. Work while you work, play while you play – this is a basic rule repressive self-discipline. -Theodor Adorno

Mirip dengan disiplin diri, “Kerja ketika kamu kerja, dan main ketika kamu main. Ini adalah aturan dasar disiplin diri. Dalam Islam juga dibahas hal ini agar tidak berbuat Dzalim yakni meletakkan barang yang tidak pada barangnya. Jika kalian seharusnya bekerja namun malah bermain yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaanmu, maka kamu adalah orang yang Dzalim dan melakukan Korupsi waktu. Namun, kita memang harus beristirahat setiap 25 menit JIKA bekerja didepan komputer demi menjaga kesehatan mata. Maka saya kira itu diperbolehkan.

30. Working hard and working smart sometimes can be two different things. -Bryon Dorgan

“Kerja keras dan kerja pintar terkadang adalah dua hal yang bertolak belakang” Di era dimana teknologi semakin menggila, kerja pintar lebih diutamakan daripada kerja keras. Namun kerja pintar namun membuahkan hasil yang secara kualitas dan kuantitas lebih kecil, maka kamu belum melakukan kerja pintar.

Terima kasih  telah membaca artikel 30 Kutipan yang Membuat Anda Semangat Kerja ini. Semoga dengan hadirnya artikel ini dapat membantu kalian dalam memompa semangat bekerja setelah mengalami penurunan atau mungkin kejatuhan. Selamat bangkit kembali!!