Home » Ide Bisnis Sampingan » 4 Usaha Pertanian Lahan Sempit Hasil Melimpah dan Untung Besar

4 Usaha Pertanian Lahan Sempit Hasil Melimpah dan Untung Besar

Pertanian lahan sempit – Membahas tentang pertanian lahan sempit, biasanya orang mencari artikel ini adalah mereka yang benar-benar ingin memanfaatkan lahan untuk bisnis pertanian, dengan dalih selain memaksimalkan lahan, bisa juga mendapatkan penghasilan tambahan, namun bisa juga karena hobi dan sebagainya.

Jenis pertanian apa yang pas untuk lahan-lahan yang sempit? Simak sampai selesai artikel ini.

Keuntungan dalam bisnis pertanian yaitu bisa menggunakan tempat apa pun untuk bertanam selama itu ada air dan juga tanah.

Dengan memaksimalkan lahan yang ada seorang petani bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari jenis tanaman yang di budidayakan.

Namun sayangnya tidak semua jenis tanaman yang dapat berkembang dengan maksimal bila di tanam di lahan yang sempit. Lahan yang sempit itu lahan yang bagaimana?

Orang menyebut lahan sempit itu biasanya adalah pekarangan rumah, ruang kosong yang berada di samping bangunan, atap rumah dan sebagainya. Selain untuk penghijauan sekeliling rumah, pastinya seseorang juga ingin memberikan tampilan yang bagus dan dapat menghasilkan.

Berikut ini kumpulan pertanian lahan sempit yang telah kami rangkum untuk di jadikan referensi pembaca. Semoga bermanfaat.

Pertanian Lahan Sempit

Kenapa jahe? Harga jual jahe yang cukup mahal, untuk 1 kg yaitu berkisar 6 – 10 ribu untuk jahe biasa dan 10 sampai 15 ribu untuk jahe merah.

Untuk budidaya jahe biasanya bisa di tanam dalam kolibag yang berisi tanah.

Dalam pembudidayaan nya pun sederhana sekali, yaitu memberikan sedikit pupuk dan setiap kali tunas jahe muncul di kubur kembali dengan tanah, sampai kita ingin menjualnya di pasar.

Tidak hanya jahe saja, tanaman rempah lainya yang berpotensi dapat menghasilkan bisa di tanam di lahan sempit

Sayuran hidroponik

Hidro yang berarti air, jenis sayuran semacam ini sangat bagus, karena tidak banyak mengandung pestisida.

Hanya saja pupuk yang digunakan sebagai makanan, mengandung beberapa kimia, namun sayuran akan tetap sehat.

Dan hasil dari sayuran hidroponik biasanya lebih segar dan banyak dibandingkan dengan menanam sayur biasa.

Konsumen yang menyukai jenis sayuran hidroponik biasanya tidak terlalu memikirkan harga bila ingin membelinya, karena harga jual sayuran ini relatif lebih mahal.

Kolam lele

Budididaya lele juga dapat dilakukan di kolam sempit, dan tidak memerlukan banyak syarat seperti aliran air harus bagus dan sebagainya.

Untuk membuat kolam di lahat sempit Anda bisa menggunakan terpal atau kolam beton.

Namun paling idealnya terpal, karena tidak terlalu memakan biaya yang banyak, dan bila bocor mudah untuk menggantinya.

Budidaya benih cabai

Cabai sendiri sudah menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat di Indonesia, tanpa cabai masakan jadi kurang sedap.

Di tiap rumah saat ini sudah banyak yang menanam cabai, namun banyak juga yang belum. Tidak semua masyarakat bisa menyemai cabai atau menyiapkan bibit cabai, dan ini menjadi bisnis kecil yang menguntungkan bagi Anda, yaitu budidaya benih cabai.

Demikian lah artikel tentang bisnis lahan sempit hasil melimpah untung besar yang bisa saya sajikan. Kembangkan lebih jauh ide ide usahanya. Semoga bermanfaat dan sukses untuk bisnis yang akan di jalankan.