Press "Enter" to skip to content

Tips Membuat Judul Artikel yang Menarik Minat Pembaca

Jika anda adalah seoarang penulis konten, judul adalah pintu utama bagi para pembaca. Semakin menarik judul yang anda buat, orang tidak segan untuk mengulik isi konten yang ada didalamnya. Oleh sebab itu keberadaan judul sangat penting, karena akan memberi akses awal user membaca konten anda.

Judul memang pendek, tapi siapa sangka tidak semua penulis dapat membuat judul yang memikat hati para pemirsa. Pasalnya, untuk membuat judul ternyat tidak asal membuat kata saja, melainkan harus menyusun dengan mempertimbangkan banyak hal, salah satunya keyword yang akan di optimasi.

Lalu langkah apa yang harus dilakukan ketika akan membuat judul yang menarik? Berikut ini saya rangkum 5 langkah mudah membuat judul yang menarik minat pembaca.

Pahami Siapa Target User Untuk Menentukan Gaya Bahasa

Anda perlu memahami terlebih dahulu, target pembaca dan jenis konten apa yang sedang anda buat. Karena ini berhubungan dengan Emosi yang akan anda buat pada poin ke 3 nanti.

Misalnya topik artikel pertama tentang News dan tipik kedua tentang Pelajaran. Tentu sangat berbeda pelakuan antara topik artikel 1 dan topik artikel 2. Jika News umumnya disenangi oleh orang yang sudah berumur / sudah bekerja, sedangkan pelajarn biasanya dibaca oleh siswa.

Jika anda dapat memahami siapa target dari jenis pembaca anda, selanjutnya anda dapat menentukan bahasa yang digunakan dalam pembuatan judul. Semakin tepat gaya bahasa anda terhadap demografis target, semakin menarik bagi mereka untuk mengeklik.

Hindari Penggunaan Kalimat Judul Click Bait!

Banyak yang menatakan, judul yang menarik itu buat klick bait saja, tapi nyatanya tidak demikian. Selain tidak menarik, kebanyakan Klick bait itu berbohong.

Mungkin jaman dulu orang bakal ngeklik judul judul seperti itu, tapi dengan pengalaman yang sudah cukup lama, user sekarang pintar pintar. Mereka memilih judul yang hanya mereka inginkan / yang terkait dengan interest mereka.

Pastikan Judul yang dibuat adalah jujur, menggambarkan Isi konten dengan jelas.

Pastikan Judul Memiliki Bahasa Emosi

Emosi pada judul dapat ditunjukkan dengan bahasa bahasa yang menarik. Namun kebanyakan, emosi yang dapat memicu psikologi orang adalah dari kata yang memiliki makna menggiurkan, menjengkelkan, menyakitkan, menyenangkan dan pada intinya kata yang menyentuh hati.

Contohnya

Jasa Artikel CEPAT 24 Jam Ditulis Penulis Profesional

Yang menimbulkan emosi kira kira yang mana?

Jawabannya adalah CEPAT 24 Jam, pembeli artikel akan sangat senang jika pesanannya diselesaikan dengan cepat dari pada biasanya.

Informasi tersebut bukan Click Bait, dan juga Bukan suatu kebohongan, jika memang pemilik jasa dapat merealisasikannya.

Judul yang Baik Mengandung Keyword Populer

Entah itu artikel untuk SEO maupun non SEO, keyword populer itu sangat penting. Contoh kasus, orang akan tertarik mana?

Kecelakaan Menewaskan 1 Artis Papan Atas Holliwood dan anaknya (1)

Michail Jackson dan Putrinya Meninggal Akibat Kecelakaan Beruntun (2)

Kedua judul sama sama memberikan emosi ketakutan, karena ada kata kecelakaan, tapi yang satunya hanya menyebutkan artis holliwod yang sangat general, satunya lagi menyebutkan keyword populer yaitu kata michail jackson.

Tentu judul nomor 2 akan lebih banyak mendapatkan kunjungan, karena banyak orang yang kenal dengan michail jackson. Sedangkan orang tidak akan pernah mau tau dengan semua nama artis holliwood

Judul Berisi Informasi yang Padat & Jelas

Jangan buat judul seperti topik, judul dan topik itu beda, kalau buat judul itu yang jelas. Judul mengandung informasi keseluruhan artikel, sedangkan kalau topik itu hanya mengandung 1 pembahasan.

Cara Membuat Judul Artikel

Cara Membuat Judul Artikel yang Menarik Minat Pembaca

Orang lebih tertarik membaca judul nomor 2. Usahakan judul menginformasikan manfaat bagi pembacanya.

Jadi kesimpulanya adalah, membuat judul itu tidak boleh sembarangan. Harus dilakukan dengan pengetahuan yang mumpuni dan pemahaman yang mendalam. Judul yang baik memuat informasi yang jelas, terdapat keyword populer, mengundang emosi, menunjukkan manfaat

Demikian informasi tentang tips membuat judul ini saya paparkan, semoga dapat membantu anda menambah wawasan. Jika anda membutuhkan jasa penulis artikel, anda bisa menghubungi saungwriter.com. Sekian dan terimakasih

gaweanomah
gaweanomah

View all posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *