Home » Tips Bisnis » Jangan Tunggu Nanti Untuk Memulai Bisnis, Lakukan Sekarang!

Jangan Tunggu Nanti Untuk Memulai Bisnis, Lakukan Sekarang!

Saya pernah menghadiri sebuah diskusi dosen, tepatnya 8 oktober 2016 kemarin. Pada diskusi tersebut membahas mengenai UKM. Pembahasan dalam diskusi tersebut sangat panjang lebar, namun ada poin penting yang bisa saya masukkan dalam pembahasan artikel ini. Poin tersebut terkait dengan masalah kenapa banyak pengusaha pemula atau berbasis UKM gagal ditengah jalan. Ada 1 faktor penting yang paling mendasar dari gagalnya sebuah UKM yaitu, pelaku bisnis UKM hanya menggunakan sistem manajemen rumahan dalam pengelolaan usahanya.

Tidak ada perencanaan untuk perkembangan kemudian hari, tidak ada pencapaian pencapaian dan semua dilakukan sangat sederhana. Dapat untuk untung hari ini, dihabiskan hari ini dan masih banyak hal yang tidak terstruktur dalam manajemen rumahan. Apa itu manajemen rumahan? yaitu ilmu manajemen alakadarnya, belum menentukan bisnis secara tertarget dan efektif untuk mencapai sebuah tujuan.

Begitulah isi singkat dari diskusi dosen yang saya ikuti.

Dari pemahaman singkat di atas, saya menyimpulkan bahwa sebagian alasan kenapa banyak orang yang tidak segera memulai bisnis.

  1. Takut gagal karena melihat orang banyak yang gagal dalam menjalani bisnis.
  2. Tidak tahunya cara berbisnis yang benar

Namun tidak hanya itu saja ya, banyak sekali faktor faktor yang mempengaruhi, salah satu yang paling mencolok adalah mental.

Terkait dengan dengan sistem manajemen bisnis, saya sedikit menambahkan bagaimana cara memenejem bisnis yang efektif. Bisnis besar maupun kecil memerlukan sebuah menejemen. Fungsi dari menejemen sendiri adalah, cara agar sebuah kelompok / organisasi / perusahaan / bisnis dapat berjalan dengan optimal untuk mencapai tujuan tertentu. Beirkut ini saya paparkan :

4 hal penting dalam memanajemen sebuah usaha

1. Menejemen produksi

Perencanaan serta pengaturan waktu terhadap ketersediaan bahan baku yang akan dijual oleh perusahaan. Poin ini menyangkut pada kegiatan produksi yang entah bagaimana caranya produk bisa tersedia sesuai dengan jadwal dan kualitas yang telah direncanakan. Sehingga, ketika proses pemasaran berlangsung, perusahaan sudah siap dengan produknya.

2. Menejemen Pemasaran

Pemasaran merupakan elemen penting dalam usaha. Fungsi pemasaran sendiri adalah upaya perusahaan untuk mengantarkan produk hingga sampai ketangan konsumen. Manajemen pemasaran harus diterapkan, karena itu berkaitan dengan penentuan target pasar, biaya iklan dll yang berujung pada income perusahaan. Pemasaran sangat perlu dilakukan, banyak sekali faktor dalam sebuah pemasaran. Saya akan menyontohkan pada bagian promosi pada bisnis rumahan.

Tiga trik promosi untuk bisnis UKM atau rumahan

  1. Brosur, trik ini mungkin sudah sangat lama sekali dikenal, dan bisa dibilang ini trik jadul. Namun teknik ini masih efektif untuk bisnis rumahan. Kamu bisa memulainya dengan menyebar brosur pada teman teman, di suatu tempat yang banyak dikerumuni orang atau pernahkan kamu melihat ada prosur yang nempel di pohon pohon? kamu juga bisa melakukannya, walaupun itu sebenarnya merusak pemandangan.
  2. Dari mulut ke telinga, dari dulu hingga sekarang, teknik ini dipercaya paling manjur. Bisa jadi sangat cepat info nya bila bisnis kamu adalah bisnis yang banyak dibutuhkan orang dan layanan serta harganya sangat cocok di masyarakat sekitar. Jangan salah kaprah ya, kalimat yang benar adalah dari mulut ke telinga, bukan dari mulut ke mulut. Bayangkan 😀
  3. Manfaatkan media sosial, media sosial tidak lagi untuk berbagi cerita masalah hidup, namun juga menjadi ajang branding atau promosi sebuah bisnis. Walaupun bisnis kamu saat ini kecil, jangan pernah untuk bermimpi untuk menjadi sebuah bisnis besar. Adanya media sosial sangat membantu sekali dalam proses merangkul banyak konsumen. Media sosial tersebut antara lain adalah Facebook, Instagram, Twitter.

3. Manajemen Distribusi

Produk dan pemasaran sudah oke, namun manajemen produksi juga sangat penting kaitannya terhadap kelanjaran penjualan. Distribusi dibutuhkan ketika perusahaan ingin mengantarkan produk ke tujuan yang diinginkan konsumen. Untuk masalah distribusi sepertinya tidak terlalu sulit ya, banyak sekali penyedia jasa distribusi yang siap membantu kamu untuk menyelesaikan hal ini. Namun harus memilih jasa distribusi yang bagus ya.

4. Manajemen Finansial

Hal terakhir dari hal pemasaran yang dapat saya paparkan yaitu manajemen finansial. Manajemen finansial kegiatan terkait dengan bagaimana keuangan sebuah perusahaan. Sampai pada titik ini, perusahaan akan mengetahui harus bagaimana bila mengalami kerugian, strategi apa yang harus diperbaiki dan bila mendapati keuntungan hal apa lagi yang harus dilakukan.

Manajemen finansial tersebut dapat membantu bisnis dalam:

  1. Memperkirakan besarnya modal usaha.
  2. Menjadi alat pengontrol dimana uang masuk dan keluar.
  3. Membantu memetakan dana sesuai dengan kebutuhannya.
  4. Mengukur seberapa optimal pendapatan.

Dengan memperhatikan hal hal terkait dengan manajemen pemasaran di atas, diharapkan bisa menjadi bahan pertimbangan bagi kamu yang ingin memulai bisnis. Bila hal di atas tidak bisa kamu lakukan sendiri, cari orang untuk membantu kamu melakukannya.

Kembali lagi pada perumusan masalah pada awal pembahasan, saya tidak akan membahas tentang teknik manajemen bisnis yang baik pada artikel ini, hanya saja saya ingin menyampaikan kenapa mereka banyak yang gagal dan ada juga yang sudah menjalani bisnis puluhan tahun namun masih saja penghasilan tidak meningkat, bisnis tidak berkembang. Salah satu faktor yaitu MANAJEMEN. Mungkin pembahasan di atas hanya sekedar pembukaan saja sekaligus sebagai informasi.

Sebenarnya apa yang harus dilakukan untuk memulai usaha?

burro

freepik.com

Saya mempunyai banyak sekali keinginan, tapi kenapa saya gak bisa untuk memulainya alias bingung. Saya ingin memulai usaha tapi gak punya modal. Saya ingin bisnis itu, tapi saya takut gak bisa caranya. Saya ingin, saya ingin, saya ingin, saya ingin.

Kebanyakan alasan 😀

Karakter pengusaha yang harus dimiliki adalah sebagai berikut

  1. Mental bisnis
  2. Tidak banyak alasan
  3. Beorientasi pada aksi
  4. Fokus pada solusi
  5. Jujur
  6. Solid
  7. Memiliki komitmen tinggi
  8. Dapat mengikuti perkembangan jaman

Wah banyak sekali ya? Saya tidak mempunyai semua itu.

Karakter seseorang dapat dibangun dengan cara mau belajar dari orang yang sudah bisa.

Sekarang sudah tidak rahasia lagi, bila banyak anak muda yang ikut terjun didunia usaha. Ada yang tahu alasannya?

Yap benar sekali, alasannya adalah teknologi.

Dengan adanya teknologi, sebenarnya kita sangat dimudahkan dalam hal apapun, tidak hanya untuk mencari informasi menganai pendidikan, melainkan informasi teknik teknik / cara memulai usaha juga bisa kita dapatkan dengan mudah. Penggunaan teknologi yang tepat dapat membuat kita bisa 5 langkah bahkan 10 langkah lebih maju dari pada mereka yang tidak mengerti teknologi. Selain dari teknologi, tentunya motivasi dalam dirinya yang kuat.

Tidak usah menunggu sampai tua, ayo segera upayakan sekarang juga. Semuda mungkin kamu memulai, maka kamu akan mendapatkan banyak kegagalan, tapi kamu akan bisa lebih sukses dari mereka yang hanya menunggu.

Sebagai motivasi, admin ingin meliput beberapa cara yang dilakukan oleh mereka yang sudah berhasil membangun bisnis. Cara ini admin dapatkan ketika mengikuti seminar mimpi sejuta dolar merry riana. Ternyata sangat sedehana sekali.

Tulis impian

dream04

freepik.com

Menuliskan impian yang ingin dicapai dikemudian hari. Dengan menuliskan impian, maka akan ada sebuah motivasi untuk mengejar target tersebut. Impian ini juga bisa menjadi pendongkrak semangat bekerja. Dalam seminar tersebut saya mengingat sekali 1 kalimat yang sederhana tapi ngena. Mimpilah kamu sampai orang menganggap kamu gila, setelah itu buktikan kemereka kalau mimpi itu benar benar bisa terwujud.

Buat strategi

strategi

freepik.com

Jangan terburu melakukan aksi, bisnis tanpa strategi sama dengan maut. Bisnis berbeda dengan berjualan. Orientasi bisnis itu mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang. Kalau berjualan yang penting laku. Bener begitu tidak? yap seperti itu lah kira kira.

Membuat strategi bisnis bisa dipelajari sendiri, konsultasi pada ahli, melalui buku, informasi gratis dari blog, ataupun ebook berbayar.

Mulai aksi

mulai

freepik.com

Bayangkan saja bila kamu tidur lalu memimpikan sesuatu, apakah mimpi tersebut bisa langsung terwujud? cara terbaik mewujudkannya adalah bangun dari mimpi tersebut lalu mengupayakannya dengan bekerja keras. Aksi harus sesuai dengan strategi yang telah dibuat. Bila gagal koreksi kesalahan jangan menyalahkan, lalu lakukan lagi.

Pendiri KFC lebih dari 1000 kali gagal dalam memasarkan produk ayamnya, baca kisah inspiratif dari Kolonel Sanders pendiri waralaba KFC

Berdoa

berdoa

kabarmakkah.com

Salah satu faktor keberhasilan seseorang ialah dengan meminta izin kepada Allah. Selain berusaha / berupaya dengan kerja keras, mantapkan spiritual kamu dengan sang pencipta. Berdoalah

Banyak orang yang belum mengerti dampak dari spiritual seseorang terhadap apa yang di inginkan. Coba temukan sendiri ya 🙂

Cari mentor

mentor

freepik.com

Rekomendasi terakhir yang saya dapat dari seminar tersebut ialah carilah seorang mentor. Guna mentor tidak lain ialah untuk membimbing usaha yang dijalankan berada dijalan yang tepat. Pembicara seminar sangat merekomendasikan calon pengusaha baru untuk mencari mentor setelah melakukan riset awal. Selain menjadi pembimbing, mentor juga akan mengoreksi strategi bisnis yang sudah diterapkan, sehingga pertumbuhan bisnis bisa semakin cepat.

Bila kamu sudah merasa memiliki motifasi yang cukup untuk memulai usaha, tapi bingung ni mau ngapain, saya mau ngasih link atau orang atau seseorang atau perusahaan atau apalah yang bisa membantu kamu memulai usaha. Tapi tunggu dulu, sebelum menghubungkan kamu dengan orang yang bisa membantu kamu dalam memulai bisnis, sebaiknya kamu mempunyai bekal tentang bisnis apa yang akan dijalankan.

Ada banyak sekali ide bisnis yang bisa dijalankan. Sesuaikan kemampuan kamu saat ini dan sesuaikan juga dengan lingkungan tempat tinggal kamu.

  • Bisnis Kuliner
  • Bisnis Kafe
  • Bisnis Restoran
  • Bisnis Salon
  • Bisnis Babershop
  • Bisnis Laundry
  • Bisnis Interior (Furniture)

Saya akan menyontohkan untuk memulai bisnis laundry kiloan saja ya. Kenapa bisnis laundry? Bisnis laundry itu keuntungannya menjanjikan tapi ada syarat dan ketentuan yang berlaku.

Bisnis laundry cocok di daerah yang dekat kampus atau perkotaan.

Karakteristik masyarakat kota saat ini: Umumnya kehidupan mereka lebih produktif pada kerjaan, waktu luang yang mereka punya lebih sedikit. Kota tidak hanya ditempati oleh penduduk pribumi, melainkan mereka juga yang bekerja dari luar daerah sebagai karyawan perusahaan besar ataupun pabrik. Sebagian penduduk kota juga menyerahkan pakaiannya kepada jasa pencuci pakaian, karena mereka tidak mempunyai tempat untuk menjemur karena faktor tempat tinggal yang disewa.

Kehidupan mahasiswa: Mahasiswa merupakan pangsa pasar paling menggiurkan bagi jasa laundry. Tidak sedikit mahasiswa yang malas untuk mencuci pakaian. (pengalaman) Cerita sedikit, saya kuliah di UMY (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta). Pengusaha laundry di lingkungan kampus tersebut sudah sangat banyak sekali. Hampir setiap sudut jalan ada orang membuka jasa laundry.  Namun, hampir semua tempat laundry yang saya temui, pasti ada cucian kotor dari mahasiswa.

Ada 1 pengusaha laundry yang sekarang dia masih SMA, dia membuka jasa laundry dibantu dengan 2 orang karyawan yang stanbay dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore.

Sebelum memulai bisnis laundry tentunya ada beberapa peralatan yang harus dipersiapkan, mungkin tidak langsung semuanya. Bisa dicicil mulai dari kabel, lampu, colokan, semen 😀 tidak begitu bro. Alat alat tersebut diantaranya adalah

  1. Mesin Cuci 7 kg atau yang lebih besar
  2. Driyer konversi 7 kg
  3. Setrika Uap 10 L
  4. Meja setrika uap
  5. Keranjang container
  6. Bucket spoting
  7. Brush spoting
  8. Gelas Ukur 100 Ml
  9. Plastik kresek
  10. Plastik packing 40×60
  11. Plastik packing 30×50
  12. Timbangan digital 30 Kg
  13. Plastik jas segitiga
  14. Hanger
  15. DLL

Masih banyak perlengkapan laundry yang harus disiapkan untuk memulai. Saya juga sudah menyiapkan beberapa tips usaha laundry, agar laundry yang dijalankan bisa bersaing dengan jasa laundry lainnya. Mungkin nantinya tips ini bisa digunakan atau bisa dijadikan pengetahuan saja.

Bagi kamu yang belum tahu tentang laundry, laundry adalah jasa pencucian, cucian tersebut bisa dalam bentuk pakaian, selimut, sepatu, boneka dan semua benda atau produk sandang yang berbahan dasar kain.

Tips sukses berbisnis laundry

Ini merupakan salah satu bagian dari bentuk strategi untuk memulai usaha.

Ada beberapa syarat yang harus diperhatikan sebelum membuka bisnis laundry diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Lokasi

Pilih lokasi yang mudah dijangkau oleh orang atau pengunjung. Lokasi yang mudah di jangkau oleh pengunjung atau yang ramai pengunjung adalah diseikitar kampus, dekat pabrik, dan persimpangan dekat kota. Elemen ini sangat menunjang peningkatan omset laundry. Selain mudah dijangkau, lokasi yang strategis juga mudah dikenal oleh orang.

2. Bersih

Hasil cucian dari jasa laundry kamu pastikan harus bersih, wangi dan rapi. Tujuan konsumen menyewa jasa kamuuntuk membersihkan dan merapikan pakaian atau barang lain untuk di bersihkan dan dirapikan. Selalu menjaga kualitas pencucian, konsumen tidak sungkan untuk balik lagi ketika mereka puas dengan layanan yang diberikan penyedia jasa laundry

3. Tepat waktu

Konsumen sangat menyukai layanan jasa yang tepat waktu. Biasanya sebelum menentukan waktu kamu dan konsumen melakukan kesepakatan kapan selesainya, jangan pernah paksa waktu secepat mungkin bila kamu tidak mampu. Berani katakan tidak, ini semua untuk menjaga nama baik bisnis laundry kamu

4. Harga terjangkau

Hampir semua orang suka dengan harga yang terjangkau, tidak terkecuali dengan jasa pencuci pakaian. Untuk dapat bersaing dengan pelaku bisnis yang lama, kamu harus bisa mengatur harga dan bisa menyesuaikan dengan kondisi ekonomi pangsa pasar, bedakan harga untuk mahasiswa dan masyarakat umum.

5. Tenaga kerja

Tenaga kerja sangat penting, demi menjamin ketepatan waktu dalam hal pencucian, kamu memerlukan tenaga kerja untuk membantu bisnismu.

Tenaga kerja merupakan syarat sah sebuah bisnis (menurut admin). Karena apa? Kalau kamu kerja sendiri tanpa membuka peluang kerja untuk orang lain, itu sama saja kamu karyawan dan tidak akan pernah bisa menikmati waktu yang lebih banyak layaknya seorang bos (menurut admin). Semakin banyak kamu mempekerjakan orang, semakin banyak kamu menggaji orang juga, gak percaya? (bayangkan) 😀

6. Inovasi baru

Bisnis laundry antar jemput sepertinya masih sangat jarang sekali ya 🙂 Mungkin kamu bisa memulai dengan inovasi inovasi baru yang belum dimiliki oleh pesaing. Manfaat dari inovasi yang akan diterapkan pada usaha laundry tidak lain adalah membuat berbeda dari laundry lain yang telah dulu beroperasi. Efeknya laundry yang dijalankan akan mudah dikenal oleh orang karena mempunyai daya tarik yang berbeda.

7. Lakukan manajemen bisnis yang tepat

Untuk mendapatkan ilmu mengenai manajemen bisnis, sebaiknya kamu mengkonsultasikan pada orang yang sudah ahlinya. Seperti yang sudah saya singgung pada awal pembahasan, banyak pelaku usaha UKM yang gagal di tengah jalan akibat salahnya pengelolaan uang dan sebagainya.

Benyak sekali konsultan mengenai manajemen bisnis yang bisa kamu dapatkan dari internet. Coba kamu buka google lalu cari dengan kata kunci “manajemen bisnis konsultan” pasti ketemu banyak jasa konsultan bisnis.

laundry-sekitar-kampus

Saya kemarin sempat wawancara sama pemilik laundry, cukup sederhana sekali.

Berdikari laundry

  • Pemilik laundry Ibu Suminem
  • Modal awal membuka laundry 8 Juta
  • Tempat bisnis Milik sendiri
  • Awal bisnis dikerjakan sendiri
  • Usaha mulai ramai dan tidak bisa dikerjakan sendiri pada bulan ke 7
  • Mulai mencari karyawan pada bulan ke 7
  • Sekarang karyawan ada 3
  • Sehari mampu menerima pakaian kotor sekitar 80 sampai 110 kg
  • Harga pakaian per kilo 4000

Peralatan pertama

Mesin cuci, keranjang, kawat jemuran, sabun cuci, setrika.

Karena emakin banyak pelanggan, maka ibu Suminem meningkatkan fasilitasnya dengan membeli rak, menambah mesin cuci, dan menambah berbagai peralatan lain untuk menunjang bisnisnya.

Keunggulan laundry ibu suminem atau berdikari laundry adalah, menyediakan jasa antar jemput pakaian mahasiswa.

[su_video url=”https://1detikaja.com/wp-content/uploads/2016/10/video.mp4″]

Saran kepada calon pembuka bisnis laundry baru:

Jangan terlalu berambisi untuk mendapatkan keuntungan. Jalankan sebaik mungkin sampai mendapatkan pelanggan sebanyak banyaknya. Tanpa disadari, keuntungan akan datang dengan sendirinya.

Oke setelah memahami beberapa tips dan tentunya ide bisnisnya yaitu usaha laundry, saatnya saya memperkenalkan perusahaan yang dapat membantu kamu dalam membangun bisnis laundry. Perusahaan tersebut ialah RALALI.COM

Apa itu ralali.com?

ralali-com

ralali-com

ralali.com adalah sebuah perusahaan marketplace B2B terbesar di Indonesia. Cara kerja dari B2B sesuai dengan namanya, yaitu menjembatani antara pemilik produk kepada pelaku bisnis. B2B singkatan dari Business to Business. Contohnya seperti ini, produsen mesin cuci seperti panasonic, sharp, polytron, dan merk lain dengan pemilik usaha laundry. Konsep dari B2B tidak lain ingin memberikan harga yang lebih murah atau terjangkau kepada pelaku usaha.

B2B sangat bagus diterapkan di Indonesia, karena dengan konsep B2B pelaku bisnis pemula dapat memulai bisnis sesuai dengan passion tanpa harus bingung mencari produk yang tepat. Semua disediakan oleh ralali.com dengan harga yang terjangkau. Kamu bakalan bisa membedakan manfaat ralali.com dengan marketplace lain bila sudah bergabung.

Perbedaan yang sangat jelas dengan marketplace lain seperti tokopedia, bukalapak pada konsep bisnisnyanya Ralali.com menggunakan konsep B2B sedangkan marketplace lain C2C (Customer to Customer). Ralali B2B Marketplace terbaik, terbesar dan terpercaya di Indonesia.

Untuk mendapatkan produk dari ralali tidak sulit, sangat mudah sekali.

Bagi kamu yang ingin memulai bisnis laundry atau bisnis yang lainnya, dan membutuhkan peralatan untuk memulai bisa segera bergabung di ralali.com. Pilih produk produk laundry yang kamu inginkan pada laman Peralatan laundry. Saya akan memberikan video tutorial cara membeli produk di ralali.com

Saya bangga mempunayi suara yang cempreng dan maaf kalau bahasa dan kata-katanya belepotan, karena memang tidak pandai berkata kata.

Nah, kan tadi tidak sempat melihat email pemberitahuan terakhir, kira kira email akhirnya nanti tampilannya akan seperti ini:

3

Setelah email pemberitahun diterima, kamu bisa langsung membayar dengan jumlah yang diminta ke nomor rekening yang diberikan.

Sangat mudah sekali bukan? 🙂

Memulai bisnis bersama ralali.com tidak perlu ribet. Ingin membeli produk selain peralatan laundry juga ada. produk produk yang ada di ralali.com meliputi peralatan untuk:

Bisnis Kuliner, Bisnis Kafe, Bisnis Restoran, Bisnis Salon, Bisnis Babershop, Bisnis Laundry, Bisnis Interior (Furniture).

Memulai bergabung di ralali.com akan mendapatkan keuntungan yang lebih, selain mendapatkan harga yang murah, pelaku bisnis bisa mendapatkan link dari pembuat produknya langsung. Sehingga suatu saat bisa meminta riquest produk seseuai kebutuhan usaha. Wawasan bisnis menjadi lebih luas.

ralali.com hadir tidak hanya menyediakan jasa menjembatani antar pemilik produk dan pembisnis saja. ralali.com memang hebat karena menyediakan juga  fasilitas toko online gratis untuk konsumennya. Berikut ini cara membuat toko online di ralali.com

Untuk lebih jelasnya kamu bisa kunjungi link ini toko online gratis ralali.com

Tingkatkan taraf hidup, dengan memulai usaha mandiri bersama ralali.com

Download aplikasi android ralali.com dengan klik banner berikut :

ralali-com

Terimakasih kepada pembaca, artikel ini disertakan dalam lomba menulis untuk memperingati hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2016. Bila kamu ingin mengikuti lomba menulis ini, kamu bisa mendaftar pada banner dibawah ini 🙂

#ralalib2bmarketplace dan #sumpahpemuda

Referensi artikel dan gambar

  • http://news.ralali.com/ralali-blogger-contest/
  • http://news.ralali.com/tingkatkan-omzet-bisnis-anda-buka-toko-online-di-ralali-com-sekarang-juga-gratis/
  • https://www.ralali.com/
  • http://www.freepik.com/
  • http://www.kabarmakah.com/
  • http://bisnisukm.com/