Pengertian dan Tujuan Bisnis Menurut Para Ahli

Pengertian dan Tujuan Bisnis Menurut Para Ahli

Advertisement

Bisnis Adalah – Bisnis dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti usaha komersial dalam dunia perdagangan; bidang usaha; usaha dagang. Dari pengertian dalam segi bahasa tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa bisnis adalah suatu bentuk usaha untuk mendapatkan uang dengan cara menyediakan atau memperdagangkan barang atau jasa.

Lebih dari itu, bisnis juga memiliki pengertian secara praktik. Beberapa pengertian bisnis diutarakan oleh beberapa ahli ekonomi dibawah ini:

  1. Huat, T Chwee (1990)
    Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang & jasa dalam kehidupan sehari-hari. Bisnis sebagai suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat (bussinessis then simply a system that produces goods and service to satisfy the needs of our society.
  2. Steinford ( 1979)
    Business is an institution which produces goods and services demanded by people.” Artinya bisnis ialah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Apabila kebutuhan masyarakat meningkat, maka lembaga bisnis pun akan meningkat pula perkembangannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sambil memperoleh laba.
  3. Griffin dan ebert (1996)
    “Business is all those activities involved in providing the goods and services needed or desired by people”. Dalam pengertian ini bisnis sebagai aktifitas yang menyediakan barang atau jasa yang diperlukan atau diinginkan oleh konsumen. Dapat dilakukan oleh organisasi perusahaan yang memilki badan hukum, perusahaan yang memiliki badan usaha, maupun perorangan yang tidak memilki badan hukum maupun badan usaha seperti pedagang kaki lima, warung yang tidak memiliki Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dan Surat Izin Tempat Usaha (SIUP) serta usaha informal lainnya..
  4. Hughes dan Kapoor
    “Business is an organization that provides goods or services in order toearn provit”. Sejalan dengan definisi tersebut, aktifitas bisnis melalui penyediaan barang dan jasa bertujuan untuk menghasilkan profit (laba). Suatu perusahaan dikatakan menghasilkan laba apabila total penerimaan pada suatu periode (Total Revenues) lebih besar dari total biaya (Total Costs) pada periode yang sama. Laba merupakan daya tarik utama untuk melakukan kegiatan bisnis, sehingga melalui laba pelaku bisnis dapat mengembangkan skala usahanya untuk meningkatkan laba yang lebih besar.
  5. Allan Afuah (2004)
    “Business is the organized effort of individuals to produce and sell for a provit, the goods and services that satisfy societies needs. The general term business refer to all such efforts within a society or within an industry. Maksudnya Bisnis ialah suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan ada dalam industri. Orang yang mengusahakan uang dan waktunya dengan menanggung resiko dalam menjalankan kegiatan bisnis disebut Entrepreneur.
  6. Glos, Steade dan Lowry (1996)
    Bisnis merupakan sekumpulan aktifitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara mengembangkan dan mentransformasikan berbagai sember daya menjadi barang atau jasa yang diinginkan konsumen.
  7. Musselman dan Jackson (1992)
    Bisnis adalah jumlah seluruh kegiatan yang diorganisir oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industry yang menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standard serta kualitas hidup mereka.
  8. Mahmud Machfoed
    Bisnis adalah usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
  9. Brown dan Petrello (1976)
    “Business is an institution which produces goods and service demanded by people.” Artinya bisnis ialah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Apabila kebutuhan masyarakat meningkat, maka lembaga bisnis pun akan meningkat pula perkembangannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sambil memperoleh laba.
  10. Steinford (1979)
    “Business is all those activities involved in providing the goods and services needed or desired by people.” Dalam pengertian ini bisnis sebagai aktifitas yang menyediakan barang atau jasa yang diperlukan atau diinginkan oleh konsumen. Dapat dilakukan oleh organisasi perusahaan yang memiliki badan hukum, perusahaan yang memiliki badan usaha, maupun perorangan yang tidak memiliki badan hukum maupun badan usaha seperti pedagang kaki lima, warung yang tidak memiliki Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dan Surat Izin Tempat Usaha (SIUP) serta usaha informal lainnya.
  11. Griffin dan Ebert (1996)
    “Business is an organization that provides goods or services in order to earn provit.” Sejarah dengan defenisi tersebut, aktifitas bisnis melalui penyediaan barang dan jasa bertujuan untuk menghasilkan prifit atau (laba). Suatu perusahaan dikatakan menghasilkan laba apabila total penerimaan pada suatu periode (Total Revenues) lebih besar dari total biaya (Total Costs) pada periode yang sama. Laba merupakan daya tarik utama untuk melakukan kegiatan bisnis, sehingga melalui laba pelaku bisnis dapat mengembangkan skala usahanya untuk meningkatkan laba yang lebih besar.
  12. Hughes dan Kapoor
    “Business is the organized effort of individuals to produce and sell for a profit, the good and services that satisfy societies needs. The general term business refer to all such efforts within an industry. Maksudnya Bisnis ialah suatu suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan ada dalam industry. Orang yang mengusahan uang dan waktunya dengan menanggung resiko dalam menjalankan kegiatan bisnis disebut Entrepreneur.
  13. Glos, Steade dan Lowry (1996)
    Bisnis adalah jumlah seluruh kegiatan yang diorganisir oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industry yang menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standard serta kualitas hidup mereka.
  14. Musselman dan Jackson (1992)
    Suatu aktivitas yang memenuhi kebutuhan dan ekonomis masyarakat dan perusahaan diorganisasikan untuk terlibat dalam aktifitas tersebut.

Dari 14 pengertian bisnis diatas dapat disimpulkan bahwa bisnis merupakan kegiatan manusia yang memiliki fungsi dan tujuan tertentu. Secara lebih rinci, fungsi dan tujuan dari bisnis saya tulis dalam poin-poin dibawah ini:

Fungsi Bisnis

  1. Form Utility, adalah fungsi produksi.
  2. Place Utility, adalah fungsi distribusi
  3. Possesive Utility, adalah fungsi penjualan
  4. Time Utility, adalah fungsi pemasaran atau marketing.

Empat fungsi bisnis diatas tidak bisa dipisahkan karena memiliki sifat saling ketergantungan dan mempengaruhi satu sama lain. Misalnya kalian bisa memproduksi suatu barang dengan kuantitas dan kualitas sangat tinggi, namun pemasaran kalian jelek sehingga angka penjualan kalian sangat rendah. Lalu apa fungsinya memproduksi banyak barang tanpa ada yang membeli?

Kemudian jika kalian sudah memperbaiki pemasaran kalian dan banyak pembeli yang berminat. Namun pembeli kalian berasal dari tempat yang jauh dan kalian perlu mengirimkannya. Nah disinilah peran distribusi. Distribusi juga berperan dalam marketing karena semakin banyak produk bisnis kalian dijual di banyak tempat maka semakin besar pula peluang barang yang kalian jual dibeli oleh masyarakat.

Tujuan Bisnis

  1. Profit
  2. Pengadaan barang atau jasa
  3. Kesejahteraan pemilik faktor produksi dan masyarakat
  4. Full employment
  5. Eksistensi perusahaan dalam jangka panjang
  6. Kemajuan atau pertumbuhan
  7. Prestise dan prestasi

Meskipun tujuan utama mereka adalah memperoleh keuntungan namun hal tersebut bukan berarti bahwa mereka tidak mempunyai tujuan lain selain tujuan tersebut, masih banyak tujuan-tujuan para pembisnis yang ingin mereka raih dan tujuan antara satu dan yang lainya bisa saja berbeda. Tujuan lain yang ingin dicapai oleh pelaku bisnis itu diantaranya :

  1. Ingin mencukupi berbagai kebutuhannya,
  2. Untuk memakmurkan keluarga,
  3. Ingin namanya dikenal banyak orang,
  4. Karena ingin menjadi penerus usaha keluarga,
  5. Ingin mencoba hal baru,
  6. Ingin memanfaatkan waktu luang,
  7. Ingin mempunyai usaha sendiri dan tidak bekerja pada orang lain,
  8. Ingin mendapat simpati dan alasan personal lainnya.

Terima kasih sudah membaca artikel Bisnis adalah ini. Semoga dengan informasi yang saya berikan dapat membantu kalian dalam memahami apa itu bisnis. Selamat Berbisnis!

Advertisement

No Responses

Write a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.