4 Ide Kreatif Bidang Pertanian Memanfaatkan Lahan Sempit

Pertanian Memanfaatkan Lahan Sempit – Ide selalu muncul kapan saja, namun juga bisa lenyap begitu saja. Pelupa? ya manusia memang pelupa dan itu adalah hidayah yang paling berharga. Berbanggalah bila bisa lupa, Nah loh kemana ini? 😀

Jadi pada postingan kali ini admin ingin membagikan ide ide kreatif dalam memanfaatkan lahan sempit. Sangat disayangkan bagi mereka yang tidak mau memanfaatkan lahan yang ada, padahal itu bisa menghasilkan money lo. Banyak yang bertanya sama admin, “kamu kan anak pertanian, aku mau tanya bertani apa yang bisa saya lakukan di pekarangan rumah saya yang hanya berukuran 2×6 meter, kasian kalau dibiarkan” Nah, ada yang tanya kepada saya seperti itu. Saya jawabnya, di buat kamar aja

Pemanfaatan lahan sempit bidang pertanian

Begini teman teman, sebenarnya ada banyak sekali ide untuk mamaksimalkan lahan kosong, namun anda saja yang tidak peka. Pertanian, pertanian itu luas sekali ya, yap sangat luas. Mungkin kamu bisa melihat foto ini terlebih dahulu untuk mendapatkan ide :

tanaman-hidroponik-air-dan-tanah

Apa yang bisa kamu tangkap? Kalau kamu menganggap ide menanam sayuran hidroponik di lahan sempit, berarti saya berhasil.

Ide yang pertama yaitu menanam sayuran hidroponik.

Ada beberapa contoh tanaman hidroponik yang dapat kamu jadikan sebagai bahan percobaan.

  1. Selada
  2. Bayam
  3. Sawi
  4. Kangkung
  5. Tomat
  6. Daun bawang
  7. Cabai

Bagaimana caranya? Coba kalian bisa download aplikasi untuk smartphone di playstore, nama aplikasinya adalah : Hodroponik Tutorial Klik saja link nya bila ingin mendownload. Ada banyak sekali tutorialnya lebih banyak dari yang saya sebutkan.

Pemanfaatkan tanaman hidroponik pada lahan sempit tidak hanya memberikan hasil sayuran hijau saja, namun juga dapat mempercantik pemandangan rumah. Selain itu, hasil tanaman dari hidroponik ternyata lebih besar vitaminnya dibanding dengan tanaman sayuran yang ditanam langsung ketanah. Makan sayur tiap hari sepertinya nikmat, kalau mau dijual juga pasti laku kok. Banyak yang mau apalagi kalau gratis 😀

Lahan penyemaian cabai

Tidak sedikit orang yang gagal dalam menyemai cabai, karena memang menyemai cabai itu bukan hal yang mudah bagi mereka yang tidak terbiasa melakukannya. Tidak hanya asal usul benih cabai, namun penyemaian yang baik dapat mempengaruhi kesehatan tanaman cabai. Banyak orang yang memilih membeli benih cabai yang sudah jadi ketimbang harus menyemai sendiri, selain tidak mudah, ada juga yang beralasan menghemat waktu dan tenaga.

Tidak terlalu sulit bisa sudah berlatih, mulai berlatih dan bereksperimen dari sekarang. 1 bulan kemudian mulailah memperbanyak jumlah penyemaian cabai.

Pembibitan jahe merah

Mana yang lebih sulit dari menyemai cabai? Lebih sulit membibitkan jahe merah dong. Sebenarnya banyak orang yang ingin membudidayakan jahe, namun mereka banyak yang menyerah ketika harus mengulangi lagi penanaman jahe ketika bibit yang ditanam membusuk didalam tanah.

Pelajari ilmu cara pembibitan jahe merah. Tidak harus jahe merah, jahe putih juga susah, namun lebih susah jahe merah. Misal kalau pembibitannya tidak ada yang membeli, jahe yang sudah ada tunasnya bisa langsung di tanam sendiri, atau kalau sudah terlalu banyak bisa dijual dalam bentuk jahe siap pakai untuk rempah memasak.

Buat taman bermain yang bagus

Ingin melihat taman yang bagus tidak harus keluar jauh dari rumah, itu impian saya. Seperti kaitannya dengan gambar yang paling atas. Memanfaatkan lahan yang ada itu bisa membuat nilai tambah pada lingkungan disekitarnya.

Buat saja kolam lele

“Lele kan bukan pertanian” Kata sapa woy? lele kan perikanan 😀

Yap benar sekali, lele tergolong dalam perikanan, namun perikanan masuk dalam pertanian. Pertanian itu mencakup perkebunan, kehutanan, peternakan dan perikanan. Dah ya cukup

kalau misal ada lahan ukuran 2×6 meter, itu dijadikan kolam lele juga sudah mantap kok. Ini merupakan salah satu cara yang dapat kamu lakukan ketika kamu suka dengan ikan. Selain ikan lele, juga boleh budidaya ikan yang lain. Pemanfaatan lahan sempit saya artikan sebagai bentuk rasa syukur terhadap tuhan.

Nah itulah beberapa ide kreatif yang dapat saya bagikan ke teman teman. Saya juga sudah membahas mengenai budidaya ikan lele di posting terdahulu. Semoga saja dapat memberikan pencerahan, artikel lain bisa kamu dapatkan dengan mengunjungi link sitemap. Artikel ini dicari dengan kata kunci: Ide kreatif rumahan, rumah nyamana, lingkungan rumah jadi kolam, memanfaatkan lahan sekitar rumah, lahan sempit berkah.