Home » Blog » Cara Optimasi SEO On Page Tanpa Ribet, Hanya Logika !

Cara Optimasi SEO On Page Tanpa Ribet, Hanya Logika !

Cara Optimasi SEO On Page Tanpa Ribet – Seri panduan optimasi seo on page yang dapat anda gunakan untuk menguatkan website dari dalam. Diantara kalian pasti pernah bertanya tanya, itu blog tanpa ada becklink tapi kok artikelnya bisa dihalaman 1 ya, atau becklinknya sedikit, tapi kok mampu bersaing dengan situs situs besar. Jawabannya adalah kekuatan seo on page, kita ketahui bahwa seo on page adalah optimasi website dari dalam sesuai anjuran google.

Tutorial ini dibuat sepadat mungkin, agar pembaca mudah memahami dan langsung bisa untuk menerapkan. Tentu saja tutorial ini adalah tutorial paling up to date sampai detik ini MEI 2017. Berikut saya paparkan kekuatan seo on page untuk menjaring pengunjung blog gratis langsung dari mesin pencari google.

Pastikan Page Speed  Ringan

Andaikan anda orang awam, apakah anda akan betah berlama lama diblog yang load nya lama, selain menyebalkan, blog yang load nya lama akan menguras kuota.

Seperti yang diarahkan google untuk setiap pemilik blog harus memastikan bahwa akses ke blog harus cepat. Google tidak menyukai blog yang sering diabaikan oleh pengunjung. Hal ini mengakibatkan artikel yang sudah anda posting akan susah naik dihalaman terbaik google.

Rekomendasi saya, maksimal page speed blog tidak lebih dari 5 detik. Untuk mengecek speed load blog, anda bisa menggunakan ping dom tools

page speed

Cara membuat website menjadi ringan di akses

  1. Gunakan plugin cache
  2. Jangan terlalu banyak pasang widget
  3. Gunakan hosting di penyedia hosting berkualitas
Baca Juga  Cara Keluar Dari Deindex Google, Pengalaman Mei 2017

Penggunaan H1, H2 dan H3

Fungsi H1 dan kawan kawan adalah sebagai penekanan terhadap robot google, bahwa ada hal / poin penting terhadap kata yang menggunakan fungsi H.

Namun dalam penerapannya, H1 cukup ada 1 saja di satu halaman, untuk H2 dan H3 boleh diulang beberapa kali. Untuk pengguna wordpress, saat ini theme theme baru yang tersedia, sudah suport dengan kasus ini.

Untuk memastikan anda bisa cek dengan cara CTRL+U dan silahkan cari apakah letak atau posisi H1 sudah seperti apa yang sudah saya sampaikan. Pastikan di setiap halaman entah itu hompage atau laman artikel, H1 hanya cukup 1.

Url / Permalink mengandung kata kunci

Dari beberapa kasus yang telah saya lakukan, url yang mengandung kata kunci lebih banyak ditemukan dihalaman terbaik google ketimbang url atau permalink yang hanya menggunakan angka dan id saja. Anda harus memastikan url blog anda memiliki pola seperti ini:

/%postname%/

Bukan seperti ini:

/?p=123

Untuk merubah pola permalink yang seo friendly anda dapat mengunjungi laman Pengaturan – Permalink dan rubah seperti pada gambar dibawah:

merubah permalink

Gunakan plugin SEO, untuk website platform wordpress

Plugin seo membantu pemilik blog untuk mengoptimasi judul, deskripsi, dan juga beberapa setingan lain seperti membuat noindex halaman yang tidak perlu.

Plugin seo rekomendasi saya ada 2 yaitu yoast seo dan juga all in one seo pack. Untuk pemula dan yang sudah mahir, gunakan all in one seo, untuk yang ingin belajar tentang cara penulisan seo yang baik silahkan gunakan seo yoast.

Baca Juga  Cara Keluar Dari Deindex Google, Pengalaman Mei 2017

Gunakan Schema Markup

Apa itu schema markup? sebuah kode html untuk membantu robot google mengidentifikasi artikel / kategori terkait yang paling relavan, contohnya adalah seperti ini :

markup

Jenis schema markup navigasi link

Dengan mengaktifkan ini, berarti anda mengundang jenis robot baru google untuk merayapi blog anda. Logikanya, banyak robot yang mampir, otomatis blog anda akan lebih mudah terangkat.

No index halaman yang kurang penting

Halaman seperti 404, kategori, halaman search adalah 3 halaman yang tidak terlalu penting untuk di index ke mesin pencari google.

Jangan lupakan internal link

Internal link adalah sebuah link aktif yang menuju ke suatu halaman di sebuah website. Penggunaan internal link yang tepat dapat membantu meningkatkan kekuatan domain.

Pahami dulu 5 W 1 H sebelum menunils

Memang tidak semua penulisan harus menggunakan analisis tersebut, namun yang perlu anda ketahui dan pahami adalah, orang membaca informasi itu butuh penyelesaian masalah, anda seorang blogger juga harus pintar. Anda menulis artikel namun bahasa anda tidak mudah dipahami, maka anda gagal dalam menerapkan seo on page.

Pemahaman 5 W 1 H akan meningkatkan kreatifitas anda dalam mendorong opini pembaca agar lebih paham. Walaupun sebenarnya bahasa yang anda gunakan belum sebagus penulis profesional.

Pastikan ada keyword LSI dalam artikel

Cara mendapatkan keyword LSI sangat mudah sekali, ketikakan kata kunci “apa itu seo” dan anda akan mendapatkan kata kunci berikut ini:

Baca Juga  Cara Keluar Dari Deindex Google, Pengalaman Mei 2017

keyword lsi

Dari beberapa study yang telah saya pelajari, menggunakan keyword LSI dalam artikel dapat membantu meningkatkan trafik, karena artikel yang dibahas nantinya akan saling berkaitan. Ini diibaratkan keyword turunan yang direkomendasikan oleh google.

Hindari duplikat konten, tag, diskripsi pada blog

Bagaimana anda bisa mengetahui kasus ini, anda harus bisa menggunakan webmaster. Anda bisa mempelajari bagaimana cara kerja webmaster untuk membantu optimasi seo on page sebuah web di halaman Tutorial Webmaster.

Optimasi judul artikel

Judul yang bagus adalah judul blog yang mampu menjelaskan apa isi dari artikel. Contohnya adalah seperti ini

judul optimasi

Judul judul tersebut sudah dioptimasi, sehingga calon pengunjung akan tertarik untuk mengeklik judul tersebut.

Gunakan gambar pendukung serta di optimasi

Visualisasi pada gambar terkadang lebih memudahkan pembaca dibanding langsung membaca tulisan yang kita buat. Selain itu, gambar juga harus dioptimasi , agar google lebih mudah mengetahui apa isi dari gambar tersebut, caranya adalah seperti ini

tambah alt

Demikian artikel tentang Cara Optimasi SEO On Page Tanpa Ribet semoga dapat menyelesaikan masalah anda. Artikel ini akan terus di update sesuai dengan perkembangan dunia seo on page.