Home » Editors' Choice » Penyimpan Foto Gratis di Internet Terbaru 2017

Penyimpan Foto Gratis di Internet Terbaru 2017

Penyimpan Foto Gratis di Internet – Foto adalah bukti otentik yang paling ampuh dan gambar yang paling mampu mengingatkan kita pada momen-momen tertentu di hidup kita yang telah terjadi di masa lalu. Sehingga foto bisa dibilang menjadi barang yang sangat penting dalam kehidupan kita karena adalah bukti otentik mengenai memori dan momen yang telah kita lalui. Baik momen bersama teman lama, orang tua, saudara dan acara-acara bersejarah bagi kehidupan kita.

Di jaman digital seperti sekarang ini, ukuran sebuah foto bisa berkisar antara 3Mb hingga puluhan Mb jika telah melalui proses pengeditan atau diambil dengan kamera profesional. Masalah yang muncul kemudian adalah ketika sudah terlalu banyak foto yang menumpuk dan kita tidak bisa menghapusnya dan media-media penyimpanan kita sudah penuh. Namun kita terlalu malas, tidak punya waktu atau dana yang cukup untuk menyetak foto-foto tersebut.

Jika disimpan dalam harddisk pun, pasti ada kemungkinan harddisk tersebut rusak atau hilang, sehingga foto-foto tadi bisa saja lenyap hanya dengan 1 jentikan jari. Adalah sebuah kehilangan besar jika itu terjadi bukan?

Solusi yang paling mudah adalah dengan menyimpannya di Cloud Storage. 

Cloud Storage adalah ruang penyimpanan daring alias online. Jadi kalian ‘menitipkan’ data dengan berbagai tipe yang kalian upload/unggah ke situs penyedia cloud storage tertentu terutama foto-foto berharga kita secara Gratis. Nah, yang patut digaris bawahi adalah, karena pada dasarnya kita hanya menitipkan, maka lebih baik tidak mengunggah file yang dirasa bersifat rahasia ke cloud storage.

Selain itu, karena hanya titip ya pasti ada resiko si penyedia cloud storage akan menghapus data yang kita titipkan (walaupun sangat jarang terjadi). Namun, jika kalian menitipkannya dengan cara membayar dengan biaya tertentu maka keamanan pun akan lebih terjamin.

Baca Juga  Apa Itu Forex?

Banyak keuntungan yang bisa didapat jika kita menggunakan jasa cloud storage ini, diantaranya kita bisa mengakses data yang kita simpan dimana saja kapan saja asalkan ada jaringan dan koneksi internet. Selain itu kita tidak perlu takut file kita hilang terselip, kena virus, harddisk rusak atau dicuri orang.

Nah, di artikel ini saya akan menjelaskan 5 cloud storage yang menyediakan ruang gratis sebesar 10GB bahkan lebih agar kalian bisa menyimpan foto-foto kalian yang berharga!

1. Google Photos

tempat menyimpan foto secara gratis

Google Photos bisa dibilang menjadi salah satu layanan teranyar dari perusahaan raksasa Google. Layanan ini memungkinkan kita untuk menyimpan, mengatur, menyortir dan membagikan foto-foto yang kita unggah ke sana.

Google Photos menyediakan lusinan alat dan pilihan untuk mengatur foto-foto kalian, dan dapat mengaksesnya di gawai apapun. Kalian diberi 2 pilihan yakni mengunggahnya secara otomatis setiap kali kalian mengambil foto menggunakan gawai atau mengunggahnya secara manual melalui komputer, kamera atau gawai kalian.

Kalian juga bisa mengedit foto-foto kalian secara langsung. Memotong, memberi saring atau filters agar foto kalian terlihat lebih menarik hingga membiarkan Google secara otomatis mengubah warna foto agar lebih bagus yang disebut layanan ‘auto awesome’.

Layanan ‘auto awesome’ juga bisa mengubah foto-foto berseri kalian menjadi file .gif. Google Photos juga bisa mengatur foto-foto kalian dan menggolongkannya ke beberapa kategori seperti acara khusus atau liburan yang didasarkan kapan foto tersebut diambil.

Baca Juga  Trivago Indonesia 

Layanan Google Photos ini gratis tanpa biaya selamanya. Sepanjang kalian mengunggah foto berukuran standar (1-4MB). Foto-foto yang kalian simpan akan terhubung dengan akun google mail dan google drive kalian. Jika kalian ingin mengetahui cara menyimpan file di Google Drive, kalian dapat membacanya di artikel Cara Menyimpan File di Google Drive.

Jadi jika kalian ingin mengunggah foto atau video dengan resolusi lebih tinggi yang tentunya memiliki ukuran lebih dari 4Mb, kalian bisa menggunakan google drive dengan ruang gratis sebesar 15GB.

2. Flickr

cara hemat disk space

Layanan image hosting milik Yahoo! ini memiliki tampilan yang menawan. Flickr menyediakan aplikasi, sehingga kalian bisa mengunggah dan mengedit foto-fot kalian hanya dengan gawai yang kalian miliki kapanpun dimanapun.

Flickr menjadi salah satu tempat nongkrongnya para fotografer kelas dunia, disini juga menyediakan fitur foto pribadi sehingga kalian tidak perlu takut ada orang jail yang melihat dan mengunduh foto kalian secara ilegal.

Flickr juga memiliki fitur berupa kepemilikian hak cipta yang bisa kalian gunakan untuk menjual foto-foto yang sekiranya layak jual. Selain itu, tersedia juga fitur penyortiran untuk foto dengan tema-tema tertentu. Sehingga kalian bisa membagikannya kepada grup yang tertarik pada foto kalian atau dapat ditemukan oleh grup tertentu yang tertarik dengan foto kalian.

Flickr memberikan layanannya secara gratis hingga 1TB dengan maksimal ukuran foto 200MB dan 1GB/video dengan maksimal durasi sepanjang 3 menit. Namun layanan ini masih memasukkan iklan untuk para pelanggannya.

Baca Juga  Motivasi Sukses Bob Sadino: 30 Kata Inspiratif Untuk Pengusaha

Jika kalia tidak ingin ada iklan, kalian bisa membayar USD25 per tahun dengan layanan ekstra berupa ruang simpan tak terbatas dan tanpa iklan.

3. Mega Cloud

tempat menyimpan foto secara gratis

Memberikan ruangan sebesar 50GB secara gratis menjadikan Mega cloud Raja diantara penyedia layanan cloud storage di dunia. Namun, perusahaan yang berbasis di Selandia Baru ini tidak menyimpan password penggunanya, sehingga jika kalian lupa password kalian di Mega, maka mereka tidak akan bisa membantu kalian mengembalikan akun. Jadi simpan password di tempat yang aman!

Selain itu, Mega cloud juga menyediakan ruangan tambahan ruang sebesar 4TB hanya dengan membayar $9 perbulan.

4. pCloud

tempat menyimpan foto secara gratis

pCloud menyediakan ruangan sebesar 20GB secara gratis. Namun, pengguna harus mengajak temannya agar mendapat 10GB bonus ruang. Jadi jika belum mengajak teman untuk menggunakan pCLoud, kalian hanya berhak menggunakan ruang sebesar 10GB saja.

Perusahaan yang berbasis di Swiss ini menawarkan paket sewa dengan harga $4,99 untuk ruang sebesar 500GB perbulan. Pengguna juga bisa memilih paket sebesar 2TB dengan harga $9,99 perbulan atau $95,88 per tahun.

5. Hubic

tempat menyimpan foto secara gratis

Memberikan ruang sebesar 25GB secara gratis. Jika ingin menambah ruang, kalian bisa menyewa biaya sebesar $1,06 perbulan untuk ruang sebesar 100GB atau ruang sebesar 10TB dengan harga $5,30 perbulan ke perusahaan asal Prancis ini.

Semoga dengan daftar kelima situs penyimpan foto ini kalian dapat menyelamatkan foto-foto berharga sekaligus menyelamatkan harddisk kalian dari kepenuhan yang melanda. Terima kasih telah membaca artikel Penyimpan Foto Gratis di Internet ini.

Selamat mencoba!