10 Langkah Membuat Strategi Marketing dan Promosi Sukses

10 Langkah Membuat Strategi Marketing dan Promosi Sukses – Jika kalian memiliki bisnis penjualan, maka strategi marketing alias pemasaran melalui berbagai promosi sangatlah penting. Mengapa? Karena Penjualan adalah kunci utama kesuksesan bisnis kalian. Percuma saja kalian memproduksi banyak barang namun penjualan loyo.

Karena itulah diperlukan berbagai macam strategi yang jitu untuk mendongkrak angka penjualan barang dagangan kalian. Barang dagangan disini tidak serta merta berarti barang secara nyata, tapi juga bisa berbentuk jasa.

strategi marketing

Di artikel ini saya akan menyajikan 10 strategi jitu untuk mendongkrak penjualan dan melipat gandakan penghasilan kalian. Namun ingat, kesepuluh strategi ini haruslah dilakukan modifikasi sesuai kenyataan pasar, minat pembeli dan barang dagangan kalian ya. Kesepuluh strategi itu adalah:

1. Kenali pelanggan Anda

mengenali target pasar kalian akan membantu kalian dalam menyusun strategi marketing yang efektif. Kalian bisa mengelompokkan target market menjadi beberapa kategori, misal  kelompok usia 15—30 tahun, jika kalian ingin memasarkan produk sepeda sport atau barang lain yang kekinian.

Kalian dapat membidik wanita dengan kelompok usia 20—35 tahun, jika ingin memasarkan produk sepatu wedges atau barang fashion yang kerap membuat para kaum hawa ini khilaf. Jadi, dengan mengetahui siapa target market kalian, kalian akan terhindar dari terbuangnya waktu dan biaya yang sia-sia untuk pemasaran di waktu, tempat dan target yang salah.

2. Jalin hubungan dengan pelanggan

Mempertahankan pelanggan lama lebih mudah dibandingkan mendapatkan pelanggan baru. Karena biaya yang dibutuhkan untuk menarik pelanggan baru sekitar 6 kali lipat daripada memelihara pelanggan lama. Maka, buatlah database pelanggan, masukkan data-data penting beserta kemajuan yang telah dicapai, hubungi mereka secara berkala, dan informasikan pelanggan mengenai promo produk yang sedang berjalan, dan lain-lain.

Dengan begini, para pelanggan lama kalian akan merasa diperhatikan dan diberi kemudahan karena jika mereka membutuhkan produk kalian, kalianlah yang akan datang. Kenyamanan yang diberikan inilah yang akan membuat pelanggan lama kalian makin seti

3. Menempatkan Diri

Pemasaran yang tidak mencapai target berarti pemborosan, tidak efisien atau junk. Kuncinya adalah untuk memberikan target pasar (calon konsumen) kamu sesuatu yang menarik bagi mereka. Jika di suatu daerah adalah kawasan muslim dan kamu penjual pakaian. Maka jual lah pakaian yang menutup aurat yang sesuai dengan budaya atau life style  mereka. Memasarkan rok mini adalah tindakan yang cukup bodoh. Maka tempatkan dirimu dengan target pasarmu atau berpindahlah ke lokasi yang tepat. Inilah fungsi dari mengenali target pasarmu tadi.

4. Gunakan internet marketing

Di jaman yang sudah serba elektronik ini, orang lebih suka mencari sesuatu di internet terlebih dahulu. Baik dari ulasan orang lain, situs resmi atau sosial media. Jadi ada baiknya kalian memaksimalkan sarana ini untuk memperluas informasi dan jaringan. Calon pelanggan baru potensial pun akan datang ketika kalian sudah bisa memaksimalkan fasilitas internet ini.

Terlebih jika kalian sudah bisa membuka toko online. Saat ini, jual beli online semakin marak dengan jumlah transaksi yang meningkat setiap tahunnya. Hal ini menunjukkan kecenderungan bagaimana pelanggan ingin berbelanja di luar jam buka toko, menghindari keramaian, dan lebih privasi. Ruang inovasi juga terbuka lebar di internet.

5. Memiliki pesan yang sangat jelas di iklan yang kalian buat

Kunci iklan yang efektif adalah singkat, padat, jelas dan tepat sasaran. Jika keempat elemen ini tidak dipenuhi maka bisa dibilang iklan kalian gagal dan tidak akan mempengaruhi para target sesuai dengan harapan kalian dan tujuan dalam beriklan itu sendiri. Iklan yang terlalu bertele-tele akan membuat orang malas membacanya dan menganggapnya angin lalu. Akibatnya orang-orang pun tidak mau tahu dan tentu saja tidak akan mengingatnya

6. Coba strategi marketing melalui pesan ekstrim

Pesan ekstrim yang saya maksud adalah pesan yang menggunakan kalimat bernada negatif atau menyampaikan suatu maksud secara terbalik. Dengan memberikan kata-kata yang tidak biasa dilihat di dunia yang penuh dengan eufemisme ini, maka perhatian orang-orang akan mudah tertangkap.

Contoh dari strategi ini adalah:

  1. Kerugian membeli produk kami
  2. Mengapa memilih produk kami yang mahal?
  3. Kekurangan produk X
  4. Menyesal! mengapa saya tidak membeli produk ini sejak dulu!
  5. dll

7. Gunakan strategi promosi saling berkaitan

Masih ingat dengan iklan sirup Marjan yang hadir tiap menjelang bulan suci Ramadhan? Kehadirannya yang berbentuk cerita bersambung membuat orang senantiasa menunggunya di jeda-jeda acara yang sedang mereka tonton untuk mengetahui kelanjutan atau sambungan dari iklan sebelumnya. Itulah kekuatan iklan yang saling berkaitan.

8. Informasikan Promosi yang kalian buat

Kalian mungkin menjadi penjual yang paling berani memberikan diskon atau tawaran yang paling berbeda dan berani dibanding kompetitor lain. Namun apa gunanya jika diskon dan tawaran itu tidak diketahui masyarakat luas? Percuma.

Karena itulah sangat penting untuk menyebarluaskan diskon atau tawaran yang kalian buat agar masyarakat luas tahu, tertarik dan akhirnya membeli produk yang kalian tawarkan.

9. Berikan diskon, bonus, kupon atau voucher

Siapa yang tak tergiur dengan adanya diskon, bonus, kupon atau voucher? Terlebih diberikan secara berkala atau jika telah membeli dengan nominal tertentu. Atau kalian juga bisa mencoba memberikan diskon bagi mereka yang membantu “publikasi” produk kalian dengan mengunggahnya di akun sosial media mereka.
Namun jangan sampai bisnis kalian merugi bahkan gulung tikar karena terlalu banyak memberikan diskon, bonus, kupon atau voucher kepada para pelanggan atau pembeli yang belum tentu akan membeli lagi.

10. Coba gratis

Coba gratis hanya bisa diterapkan di beberapa barang saja misal makanan, kendaraan, produk elektronik dan semacamnya. Dengan memberikan coba gratis, para konsumen akan bisa merasakan langsung layanan, kemudahan atau kenyamanan yang diberikan atau disediakan oleh produk kalian.

Berangkat dari pengalaman yang enak dan unik dari coba gratis tadi, maka para konsumen pun tak segan untuk membeli barang yang kalian jual.

Bonus:
Buat tips dan cara pakai produkmu

Memberikan informasi tambahan juga bisa menjadi strategi yang jitu karena dengan informasi tambahan dan tips ini bisa menjadi “iming-iming” bagi calon konsumen untuk segera membeli atau menjajal produk yang kalian jual.

Hal ini juga bertujuan agar semakin luas masyarakat yang mengenali produk kalian. Dengan mengenali produk yang kalian jual, jika sewaktu-waktu mereka membutuhkan produk kalian, maka mereka akan langsung membeli produk kalian.

Buat Jingle

Masih ingat denga lagu tahu bulat? meski barang yang dijual biasa saja, namun jingle tahu bulat yang fenomenal itu berhasil membuat banyak orang penasaran dan akhirnya membeli tahu bulat.

Antar gratis

Bagi kalian yang bergerak di bidang toko online, strategi layanan antar gratis sangat membantu mendongkrak penjualan karena kebanyakan orang malas atau terlalu pelit membayar biaya antar yang terkadang tidak murah itu.

Terima kasih telah membaca artikel 10 Langkah Membuat Strategi Marketing dan Promosi Sukses ini. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberi kalian informasi dan ide dalam mengembangkan bisnis kalian. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *