Home » Peluang Bisnis » Cara Membuka Bisnis Cafe Sederhana Dengan Modal Kecil

Cara Membuka Bisnis Cafe Sederhana Dengan Modal Kecil

Bisnis Cafe Modal Kecil – Sekecil kecilnya bisnis cafe tentunya juga memerlukan modal yang lebih besar dibandingkan dengan bisnis sejenis lainnya. Namun bisnis cafe memang benar benar menguntungkan apabila dikelola dengan benar dan fokus. Saat ini banyak sekali pelaku bisnis yang memulai usahanya dengan mendirikan cafe, namun tidak sedikit dari mereka yang gulung tikar akibat usaha cafe yang dijalankan tidak bisa memberikan keuntungan. Alasan yang umum ditemukan adalah masalah pengelolaan bisnis yang sedikit rumit

Bisnis kedai atau cafe biasnya dilakukan oleh mereka yang memiliki modal besar, namun tidak menutup kemungkinan juga para pelaku usaha baru yang memiliki modal tidak terlalu banyak juga bisa membuat bisnis cafe. Untuk tampilan atau tempat bisnisnya bisa disesuaikan dengan modal. Bisnis cafe modal kecil belum tentu keuntungan yang didapat juga kecil. Jika dalam pemasaran dan mempertahankan kualitasnya bisa terus menerus terjaga atau berkelanjutan, maka bisnis cafe yang awalnya sederhana karena dengan modal kecil, suatu saat akan bisa besar. amiin.

bisnis cafe

Cara Memulai Bisnis Cafe Modal Kecil

Lalu bagaima cara memulai bisnis cafe ?

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis cafe. Namun sebelumnya saya akan berbicara tentang peluang usaha bisnis kedai / cafe.

Mungkin anda para pembaca sepakat, bila cafe adalah tempat ngumpul orang-orang yang biasanya memiliki gaya hidup yang mewah. Orang yang biasanya memiliki gaya hidup mewah dan senang nongkrong dicafe biasanya memilih cafe yang bersih murah dan fasilitasnya lengkap. Kembali lagi pada judul, menggunakan modal kecil apa bisa memberikan fasilitas yang lengkap ?

Jawaban dari saya adalah bisa.

Kelanjutannya dari masalah di atas adalah memulai bisnis cafe saat ini ada sebuah kemudahan, apa kemudahan itu? Franchise. Apa itu Franchise ? Franchise adalah sebuah kerjasama antara pelaku bisnis dan pemilik modal. Selain Franchise juga ada 2 arternatif lain yang penulis rekomendasikan, yaitu kerjasama dengan beberapa orang dan membuat sebuah proposal bisnis kopi yang bisa diajukan keberapa instansi yang bersangkutan.

Franchise

Biasanya sistem bisnis ini dimanfaatkan oleh mereka yang tidak ingin bisnis cafe namun tidak ingin ribet masalah bahan dan alat yang digunakan untuk berbisnis. Untuk jenis bisnis ini anda bisa ketikan kata kunci di google bisnis Franchise Cafe maka akan banyak sekali para pemodal usaha yang muncul dan menawarkan sistem usahanya.
Bisnis Franchise sedikit mengikat namun tidak ribet

Kerjasama dengan beberapa orang

Disini maksudnya pelaku bisnis mengumpulkan beberapa orang untuk menanamkan modal agar bisnis cafenya bisa berdiri. Sistem ini menurut saya paling rumit, karena ada beberapa orang yang memiliki kendali dibisnis yang baru dibuat, dan biasanya itu membutuhkan toleransi antar pemodal dan siap dengan semua resiko yang akan terjadi.
Contoh dari sistem ini adalah si A memiliki ide namun modal untuk membuka cafe tidak cukup dan mengajak si B dan si C untuk menanam modal namun dengan syarat dan ketentuan yang telah disepakati oleh masing masing pihak. Biasanya orang yang tau organisasi pasti tidak masalah dengan sistem kerjasama seperti ini.

Mengajukan proposal dana kepada instansi yang bersangkutan

Sistem ini banyak sekali dilakukan oleh para mahasiswa sebagai bisnis sampingan. Namun tidak menutup kemungkin bila anda bukan seorang mahasiswa tidak bisa memilih sistem ini. Banyak sekali instansi yang ingin membantu pelaku usaha yang memiliki ide bisnis namun tidak memiliki modal. Cari saja perusahaan yang sedikit nyrempet dengan bisnis kuliner, dan ajukan proposal bisnis yang anda buat. Jika sudah rejeki pasti akan dikasih modal. Biasnya instansi yang ingin membantu tidak memberikan keseluruah modal yang diajukan. Untuk kekurangannya bisa ditangani secara pribadi.

Na itulah beberapa cara memulai usaha cafe dengan modal kecil. Sekarang saatnya membahas beberapa jenis usaha cafe yang bagus dijakankan.

Biasanya bisnis cafe adalah bisnis yang memiliki pasar / konsumen yang tertarget. Inilah yang keitimewaan bisnis cafe dibanding lainnya. Jika branding cafe yang anda jalankan terkenal maka untuk menambah cafe baru akan sangat mudah, dan peluang untuk menambah kekayaan juga semakin capat

Tips Usaha Cafe / Kedai Agar Sukses

Jenis cafe yang sering anda tau pasti adalah cafe / kedai kopi dan susu. Sebenarnya cafe sendiri itu adalah tempat nongkrong yang memberikan jamuan makanan dan minuman yang dikemas secara menarik sehingga berbeda dengan tempat nongkrong lainnya. Jadi mau membuka bisnis cafe tidak usah bingun tentang produk apa saja yang harus dijual. Menjual bakso juga bisa menjadi konsep sebuah cafe asalkan tampilan tempatnya dibuat lebih mewah dan menarik sehingga tidak sama dengan kebanyakan tempat penjual bakso lainnya.

Agar tidak buntu memikirkan produknya apa saja saya ingin membagikan sedikit produk yang cocok untuk dijual dalam cafe dan dapat di mulai dengan modal kecil

  1. Kopi
  2. Susu
  3. Ice cream
  4. Makan daerah
  5. Mendoan
  6. Dan lain lain

Saya kira pembaca bisa mencari lebih lengkapnya di google atau bisa mencari kata kunci jenis produk cafe. Sekarang saatnya kita membahas bagaimana cara memulai bisnis cafe agar bisa sukses dan laris manis.

1. Nama Usaha

Bisnis cafe harus memiliki nama yang bagus, agar mudah diingat dan dihafal oleh banyak orang. Sebagian orang percaya bahwa memberi nama yang baik untuk bisnis yang dijalankan biasanya berdampak bagus untuk bisnisnya dimasa mendatang.

2. Lokasi Usaha

Pilih lokasi yang bagus untuk bisnis cafe anda, apalagi jika bisnis ini adalah bisnis awal anda. Lokasi yang strategis dapat membantu peningkatan penjualan karena konsumen mudah menjangkau cafe yang anda jalankan. Pastikan juga cafe anda memiliki tempat parkir.

3. Pelayanan Tim

Pelayanan yang bagus dapat memikat konsumen yang pernah membeli produk / datang dicafe anda. Layanan terbaik harus terus diberikan. Cari karyawan yang bisa diajak komunikasi dan bisa bekerja dengan tim. Salah memilih karyawan bisa membuat bisnis yang anda jalankan susah untuk berkembang.

4. Kualitas Produk

Cara membuka kedai kopi Kualitas dari makanan dan minuman yang ada di cafe juga menentukan konsumen untuk kembali lagi membeli dan merekomendasikan teman temannya untuk datang membeli. Walaupun menggunakan modal yang kecil jangan sampai produk yang anda sediakan asal asalan. Pelaku konsumen yang perlu dimengerti adalah sangat menikmati produk yang berkualitas.

5. Harga Bersaing

Walaupun berkualitas namun anda juga harus pintar memainkan harga. Harga yang ditawarkan sebaiknya disesuaikan dengan kondisi lingkungan / konsumen yang anda targetkan. Namun kebanyakan orang termasuk saya, sangat suka sekali dengan harga yang murah.

6. Fasilitas Lengkap

Sediakan wifi, tempat yang bersih, musik clasik dan penampilan karyawan yang ceria. Untuk permulaan itu sudah cukup menarik konsumen kembali lagi untuk membeli produk dicafe anda. Pastikan juga fasilitas yang diberikan sebisa mungkin selalu bertambah atau jika tidak diperbaharui agar kelihatan unik.

7. Pemasaran Usaha

Untuk pemasarannya sendiri agar menekan biaya bisa menggunakan facebook, instagram dan twitter. Karena promosi di media tersebut tidak terlalu menggunakan biaya yang besar. Namun perlu juga dilakukan pemasaran secara offline, pemasaran offline yang paling mujarab dari dulu hingga saat ini adalah dari mulut kemulut. Untuk itu tetap utamakan kualitas agar orang yang merekomendasikan produk yang dijual dalam cafe tidak merasa malu dan kapok mempromosikan kepada teman temannya.

Demikianlah artikel tentang bisnis cafe modal kecil. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu pembaca menemukan solusi terbaik untuk bisnis yang akan dijalankannya.