Home » Tips Bisnis » 4 Tips Memilih Lokasi Usaha yang Tepat dan Potensial

4 Tips Memilih Lokasi Usaha yang Tepat dan Potensial

Tips Memilih Lokasi Usaha yang Tepat dan Potensial – Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan usaha offline adalah lokasi usaha. Lokasi usaha menjadi alasan klasik dan harus dijadikan pertimbangan untuk membangun usaha, karena lokasi yang tepat akan membuat bisnis yang dijalankan lebih banyak mendapatkan pengunjung. Pada kesempatan kali admin ingin berbagi informasi tentang tips memilih lokasi usaha. Kita ketahui bahwa lokasi usaha itu tidak hanya tempat, namun juga berurusan dengan berbagai aspek, salah satunya perizinan. Oleh sebab itu, yang dimaksud lokasi yang tepat ialah lokasi yang tidak mempersulit pelaku usaha dan tentunya juga mudah ditemui oleh banyak orang.

lokasi usaha yang strategis

Membuat usaha offline tentu tidak bisa membutuhkan modal yang sedikit, bagaimana cara mendapatkan lokasi usaha yang murah namun potensial adalah harapan banyak calon pelaku bisnis, untuk itu mari kita simak kiat memilih lokasi usaha agar bisnis yang dijalankan tidak merugi karena diakibatkan oleh lokasi yang strategis.

Pertimbangkan beberapa faktor berikut ini untuk mendapatkan lokasi usaha yang yang tepat dan potensial:

Penulis sudah merangkum beberapa tips yang bisa dijadikan pembuka wawasan calon pembisnis maupun para pengusaha yang ingin terus berkembang bisnisnya. Beberapa pertimbangan yang penulis maksud adalah demografi suatu daerah, perkembangan gaya hidup, dan juga pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Secara otomatis, biasanya orang mempunyai mental seorang pengusaha akan secara langsung bisa melihat itu semua tanpa harus melakukan riset yang lebih dalam. Nah faktor tersebut bisa diakali dengan poin poin sebagai berikut:

Baca Juga  Tips Berjualan Angkringan Pinggir Jalan Khas Jogja

Lokasi usaha yang mudah dijangkau

Tidak bisa dipungkiri, lokasi usaha yang mudah dijangkau merupakan salah satu hal positif bagi sebuah usaha. Lokasi usaha yang mudah dijangkau bisa dikaitkan dengan konsumennya, dan juga letak maupun jenis pasar yang akan diambil. Misalnya saja memulai bisnis fototkopi, bisnis tersebut sangat erat kaitannya dengan letak demografis di sekitaran kampus, disekitaran sekolah, disekitaran kantor swasta maupun kantor pemerintah.

Selain memudahkan konsumen untuk datang membeli maupun menyewa produk yang kita tawarkan, lokasi yang mudah dijangkau secara tidak langsung mengurangi biaya iklan yang cukup mahal. Lokasi yang mudah dijangkau umumnya tidak hanya mudah untuk dituju, namun juga mudah terlihat oleh banyak orang. Lokasi yang seperti ini umumnya di persimpangan di pinggir jalan utama.

Cari lokasi usaha yang banyak pesaingnya

Kelihatannya memang aneh ya, banyak yang merekomendasikan jangan buka usaha di sana, karena udah banyak yang jualan disana. Yang perlu anda garis bawahi adalah, ketika banyak orang membuka toko di lokasi yang sudah banyak pesaing, itu berarti ada potensi konsumen yang bisa diambil. Namun anda juga harus bisa mengira ngira, bagaimana perkembangan lokasi usaha ditempat tersebut. Cara mengira ngiranya bagaimana? Anda bisa melihat dengan, apakah lokasi tersebut ada campur tangan pemerintah saat ini? bila iya, secara otomatis, lokasi tersebut bisa aman untuk beberapa tahun kedepan.

Baca Juga  5 Jenis dan Tips Budidaya Ikan Koi Agar Cepat Besar

Lebih baik sewa lahan saja, tapi kalau harus sewa toko tidak masalah

Bila anda memiliki modal yang cukup, tidak ada salahnya untuk menyewa lahan saja. Namun untuk menyewa lahan kosong di tempat-tempat ramai umumnya cukup sulit. Namun admin menyarankan menyewa lahan saja bukan tanpa alasan. Alasan mendasar ialah tentu soal biaya yang lebih murah. Di ibaratkan saja, menyewa lahan bangunan di daerah perkotaan umunya 200 meter dengan harga 5 sampai 7 juta pertahun, kita ambil yang 5 tahun dengan harga 7 juta. Maka akan didapat biaya sebesar 35 juta untuk 5 tahun. Nah untuk banguannya sendiri, kita perkirakan habis sekitar 70 juta untuk ukuran bangunan 8×8 meter. Hanya dengan uang 105 juta, anda sudah bisa menempati selama 5 tahun.

Beda lagi kalau misal menyewa ruko dengan luas banguan segitu di daerah perkotaan, bisa jadi setahun di patok harga 50 juta. Bisa kita hitung berapa biaya selama 5 tahun, yaitu 250 juta. Namun bila usaha yang dijalankan memang benar benar potensial, “usaha kuliner dijogja” tidak ada masalah.

Harga sewa lahan maupun ruko di atas adalah harga sewa tahun 2015 di daerah jogja tepatnya pinggir rengroad utara. Jadi hanya di ibaratkan saja. Untuk wilayah kota jogja akan lebih mahal daripada harga yang penulis tulis di atas.

Lingkungan tempat usaha yang mendukung

Anda sudah mendapatkan lokasi yang tepat, anda juga sudah menemukan harga yang murah atau bisa dijangkau, tapi lingkungan lokasi anda tidak mendukung anda, usaha anda akan susah berkembang. Lingkungan usaha yang tidak mendukung biasanya menghambat pembuatan perizinan usaha. Salah satu persetujuan surat perizinan berdirinya usaha untuk bisnis offline adalah persetujuan dari masyarakat sekitar. Kunci awal bisnis offline adalah surat izin usaha, agar mendapatkan kekuatan hukum dari negara.

Baca Juga  Jangan Tunggu Nanti Untuk Memulai Bisnis, Lakukan Sekarang!

Lokasi yang mendukung tidak hanya datang dari masyarakatnya saja, namun juga dari lokasi lahan disekitarnya, apakah sudah bersih atau masih belum layak dijadikan tempat usaha.

Baca juga:

[su_posts template=”templates/list-loop.php” posts_per_page=”2″ tax_operator=”0″ order=”desc” orderby=”rand”]

Poin penting dapat diambil

Dari ke 4 faktor yang mempengaruhi lokasi usaha, anda dituntut untuk cermat dalam menentukan lokasi usaha. Perhatikan lokasi, lingkungan, harga, kalkulasi keuntungan usaha, dan yang terpenting anda harus yakin untuk membuat usaha yang akan anda jalankan akan berhasil. Selain lokasi usaha, anda juga harus memperhatikan kelayakan produk yang akan anda jual demi mendukung keberhasilan usaha yang akan anda jalani. Semoga informasi diatas dapat membantu.