5 Situs E-Commerce Terbaik di Indonesia

5 Situs E-Commerce Terbaik di Indonesia – Siapa yang tak mengenal internet? Sebuah jaringan komputer yang pada awalnya dikembangkan untuk keperluan militer di Amerika Serikat ini kini dengan sangat mudah didapatkan dan dirasakan kehadirannya terutama di perkotaan. Di pedesaan pun kini semakin mudah berkat program pembangunan infrastruktur pemerintah yang terus bergulir.

Dengan kemudahan yang ditawarkan oleh internet, dunia kini semakin terasa sempit karena penggunanya dengan mudah berkomunikasi dengan orang yang ada di berbagai belahan dunia. Kemudahan komunikasi dalam bentuk suara dan gambar berhasil memikat banyak orang yang semakin berlomba untuk menggunakannya.

Seiring dengan makin banyaknya orang yang menggunakan internet untuk berbagai keperluan, maka banyak orang pula yang berusaha menggunakannya sebagai alat untuk mengumpulkan pundi-pundi uang.

Salah satunya adalah melakukan jual-beli melalui dunia maya. Ya, toko online bukanlah yang asing lagi bagi kita semua. Sudah muncul sejak lebih dari 10 tahun lalu, tren perkembangan dan munculnya ratusan toko online makin mengganas di seluruh dunia.

Konsumen pun semakin dimanjakan dengan berbagai fasilitas dan kemudahan yang dihadirkan oleh para pelaku toko online ini. Indonesia tak lepas dari perkembangan toko online. Setidaknya ada 153 toko online yang terdaftar di Indonesia yang menawarkan berbagai barang.

Namun jangan khawatir kebingungan dimana kalian ingin membeli barang dari 153 toko online tersebut karena di artikel ini saya kan menjabarkan 5 toko online terbaik di Indonesia. Berikut adalah kelima toko online tersebut.

5 Situs E-Commerce Terbaik di Indonesia

Bukalapak

toko online terbaik

sumber: bukalapak.com

Berdiri sejak awal tahun 2010 lalu oleh Achmad Zaky, Bukalapak adalah salah satu toko online yang menggunakan sistem consumer to consumer (C2C) atau dengan kata lain Bukalapak hanya menyediakan sarana penjualan sedangkan barang yang dijual berasal dari konsumen itu sendiri alias masyarakat luas. Siapapun dapat membuka toko online di Bukalapak. Yang perlu mereka lakukan hanya mendaftar dan mengisikan kolom isian dengan data milik mereka. Yang kemudian akan melayani pembeli secara virtual dari seluruh Indonesia.

Perkembangan Bukalapak makin hari makin pesat karena berbagai inovasi dan layanannya yang berfokus pada Usaha Kecil Menengah (UKM) di seluruh Idonesia. Masalah transaksi pun sudah sangat aman baik bagi penjual maupun pembeli. Kini, Bukalapak adalah sebuah toko online dengan jumlah penjual terbanyak di Indonesia yakni 190 ribu penjual lebih. Hal ini juga menjadikannya toko online nomor satu di Indonesia dari sisi jumlah pengunjung perharinya.

Karena berfokus pada mitra UKM, produk yang dijual di Bukalapak sangat beragam. Barang bekas dan barang baru dijual disini. Berbagai barang seperti sepeda, ponsel, perlengkapan bayi, alat elektronik, perlengkapan rumah tangga, busana, dan masih banyak lagi tersedia di Bukalapak.

Lazada

toko daring termurah

sumber: lazada.co.id

Hadir di Indonesia sejak 2012 kemarin, perusahaan jual beli asal Jerman yang bernama Rocket Internet ini menjadi salah satu toko online terbaik di Indonesia. Selain Indonesia, di Asia Tenggara Lazada juga hadir di Malaysia, Vietnam, Thailand dan Filipina.

Toko online yang dijuluki Amazon-nya Indonesia yang mengacu pada toko online terbesar di Amerika Serikat, Amazon, menjual berbagai produk dari elektronik, buku, mainan anak hingga alat kesehatan dan produk kecantikan tentunya dengan keamanan dan kemudahan pembayaran sehingga akan memanjakan para pembelinya.

Forum Jual Beli Kaskus

toko online termurah

sumber: fjb.kaskus.co.id

Didirikan oleh Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan pada 6 November 1999 di Amerika Serikat, Kaskus pada awalnya adalah sebuah forum untuk membahas segala hal. Tercatat pada tahun 2012 Kaskus sudah memiliki lebih dari 4 juta akun dan lebih dari 650 juta artikel yang ditulis.

Tak jarang, 4 juta orang itu membuat artikel yang menjual sesuatu hingga kemudian semakin banyak orang yang menjual berbagai barang dan jasa di Kaskus. Hal inilah yang kemudian membuat para pendirinya untuk membuat layanan jual beli baru bernama Forum Jual Beli Kaskus ajau FJB Kaskus.

FJB Kaskus memiliki sistem yang mirip dengan Bukalapak dimana semua orang dapat membuat akun dan menjual barang bekas miliknya atau barang baru di FJB Kaskus. Metode pembayarannya pun sangat aman karena sudah menggunakan metode pembayaran dengan sistem rekening bersama yang dikelola oleh Kaskus sendiri.  Bahkan, jika si penjual dan pembeli berada di daerah yang relatif dekat mereka bisa melakukan transaksi langsung alias COD. Hal inilah yang menjadi kelebihan lain dari FJB Kaskus.

Selain itu, para member Kaskus yang menamakan diri Kaskuser ini memiliki tali persaudaraan yang cukup kuat sehingga kalian tidak perlu khawatir akan tertipu karena aka banyak orang yang memberikan testimoninya pada produk tertentu.

Bhinneka

toko online terbaik dan termurah

sumber: bhinneka.com

Jika toko online yang sudah saya jabarkan sebelumnya menjual berbagai produk, Bhinneka berfokus menjual produk elektronik saja. Sebagai salah satu toko online paling tua di Indonesia yang berdiri diantara tahun 1996-1999. Perusahaan yang menaunginya, PT. Bhinneka Mentari sendiri berdiri pada tahun 1993. Toko ini juga memilki toko offline di beberapa lokasi di Jakarta. Hingga kini, toko online ini masih eksis dan malah berkembang lebih pesat meski makin dipepet oleh berbagai kompetitor baik dari dalam maupun luar negeri.

Bhinneka menyediakan berbagai peralatan elektronik dari kebutuhan komputer, gawai, dan spare part berbagai merek terkemuka dunia. Toko ini telah berhasil mencatat transaksi hingga 400 transaksi dari 2 persen total kunjungan perharinya.

Kelebihan dari toko online yang satu ini adalah kefokusannya dalam menjual barang. Karena hanya berfokus pada peralatan elektronik jadi dapat dipastikan jika barang yang kalian butuhkan ada di toko ini. Untuk perihal cara transaksi dan keamanannya, sudah dapat dijamin akan kemudahan dan keamanannya yang tak jauh berbeda dan mungkin lebih unggul dari toko online lainnya.

Zalora

toko online terbaik di Indonesia

sumber: zalora.co.id

Jika Bhinneka berfokus pada peralatan elektronik, maka Zalora berfokus pada barang fashion alias produk garmen. Zalora hadir di Indonesia sejak tahun 2012 dan adalah anak perusahaan Zalando, sebuah perusahaan toko online terbesar di Eropa yang juga adalah salah satu bagian dari Rocket Internet. Jadi bisa dikatakan jika Zalora dan Lazada masih bersaudara. Di kawasan Asia-pasifik, selain di Indonesia Zalora juga hadir di Singapura, Malaysia, Vietnam, Taiwan, Thailand, Filipina dan Selandia Baru.

Zalora menjual berbagai produk garmen baik laki lai maupun wanita segala usia. Disini juga menjual berbagai busana berbagai merek baik lokal maupun internasional. Pembeli akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas seperti biaya pengiriman gratis jika membeli dengan nominal tertentu, beragam diskon, hingga garansi pengembalian barang jika pelanggan tidak puas atas produk yang diterimanya.

Karena berfokus hanya pada produk garmen, Zalora tentu menjadi rujukan bagi mereka yang ingin membeli produk garmen yang mereka inginkan. Perihal kualiatas pun tidak perlu dipertanyakan lagi. Cara pembayarannya pun sudah mencakup banyak teknik, jadi tidak perlu pusing memikirkan bagaimana cara membayarnya.

Terima kasih telah membaca artikel 5 Situs E-Commerce Terbaik di Indonesia ini. Semoga dengan adanya informasi mengenai toko online terbaik di Indonesia ini akan memudahkan kalian dalam menjatuhkan pilihan untuk membeli barang yang kalian inginkan. Selamat berbelanja!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *