Home » Editors' Choice » Trivago Indonesia 

Trivago Indonesia 

Trivago Indonesia –  Internet pada jaman sekarang sudah menjadi salah satu kebutuhan sekunder yang wajib dimiliki jika ingin berkembang dan bergabung dengan masyarakat global. Beberapa malah mengkategorikannya sebagai kebutuhan primer karena dianggap sama pentingnya dengan sandang, pangan dan papan. Dengan semakin berkembangnya internet dan berbagai implementasinya, banyak kemudahan yang dihadirkan.

Tidak hanya komunikasi, internet juga menghadirkan kemudahan dalam berbagai hal dalam kehidupan. Seperti pendidikan, bisnis, hingga mempersiapkan perjalanan kita. Banyak pula dari masyarakat modern sekarang mendapatkan pundi-pundi melalui internet. Karena itulah banya orang yang berlomba-lomba menggunakan internet untuk berbisnis. Salah satunya adalah Rolf Schrömgens, Malte Siewert, dan Peter Vinnemeier yang melihat peluang ini di tahun 2004 silam.

trivago indonesia

Ketiga orang tersebut berasal dari Jerman. Salah satu negara adikuasa di benua biru, Eropa. meski didirikan pada 2004, namun perusahaan yang dipimpin oleh Johannes Thomas dan Andrej Lehnert ini baru beroperasi pada tahun 2005. Trivago mulai berkembang dan mengekspansi Eropa pada 2007, disusul ke Amerika Utara dan Amerika Selatan pada tahun 2009.

Hingga kemudian pada tahun 2013 mulai mengekspansi Asia Pasifik. Pada tahun 2016 perusahaan ini resmi meluncurkan IPO nya di bursa saham Amerika Serikat. Kantor pusat Trivago terletak di Düsseldorf dimana 90% pengoperasian perusahaan ini dilakukan disana. Namun pada tahun 2014 mereka membuka kantor cabang di Leipzig dan Palma de Mallorca.

Trivago sendiri masuk ke Indonesia pada Agustus 2014 silam. Menurut Haryati Afendy, Country Manager Trivago untuk Asia Tenggara menyebutkan bahwa perusahaannya melihat potensi yang cukup besar di Indoneisa. Karena itulah perusahaan mereka memutuskan untuk melakukan lokalisasi perusahaan dengan menambahkan ribuan hotel di Indonesia ke dalam daftar hotel yang dicakupinya dan tentu saja penggunaan bahasa Indonesia di situs web dan aplikasi telepon pintarnya.

Meski mendapat persaingan ketat dari kompetitor lainnya di Indonesia, mereka mengaku bisnis mereka tetap berkembang. Di Indonesia, kota-kota yang telah dicakupi trivago diantaranaya adalah Jakarta, Surabaya, Bali, Yogyakarta dan kota-kota besar lainnya.

Perusahaan ini bergerak di bidang jasa yakni penyedia situs yang menyediakan perbandingan harga hotel di lebih dari 52 negara dari seluruh penjuru dunia.

Saat ini jasa trivago telah mencakup lebih dari 1 juta hotel diseluruh dunia, 250 situs pemesanan hotel di berbagai negara dan diakses oleh 90 juta pengguna unik tiap bulannya. Hal inilah yang juga membantu pembangunan trivago hingga memiliki 14 juta foto hotel dan 120 juta ulasan dari penggunanya.

Trivago mendapatkan keuntungannya dengan basis per-klik di situs mereka dan menagihnya ke situs yang dipilih oleh konsumen untuk memesan hotel melalui trivago. Untuk itulah trivago telah bekerjasama dengan ratusan situs untuk dapat menghadirkan harga-harga yang tersedia di pasaran. Harga yang ditampilkan tak jarang lebih miring alias lebih murah daripada yang ditampilkan di situs resmi hotel terkait lho.

Jadi jangan khawatir karena jasa yang disediakan ini bersifat gratis baik yang di situs web maupun aplikasi di telepon pintar kalian.

Fasilitas utama yang ditawarkan oleh trivago adalah kemudahan dalam menggunakan penyaring untuk menemukan hotel sesuai dengan keinginan kita. Diantara penyaring yang tersedia adalah harga, ketersediaan kamar tertentu (single, double, family dan lainnya), gambar, ulasan dan lainnya hanya dalam hitungan detik. Hal ini sangat memudahkan kalian dalam mencari hotel yang sesuai dengan kantong, dan ekspektasi kita. Jadi tidak akan ada lagi yang namanya liburan nginep di tempat suram!

Ulasan yang dibuat dan disajikan pun harus memenuhi kriteria yang mencakup ulasan lokasi hotel, harga, makanan, fasilitas internet, kamar hotel dan fasilitas lainnya. Sehingga kualitas ulasan yang didapat pun tidak akan abal-abal dan sangat terpercaya keasliannya.

Aplikasi Trivago kini juga tersedia untuk telepon pintar dengan sistem operasi iOS dari Apple dan Android dari Google. Berbagai fitur tambahan ditanamkan dalam aplikasi telepon pintar mereka seperti peta, dan menyediakan akomodasi yang tersedia dari dan ke hotel yang mereka pesan.

Fasilitas lain yang ditawarkan oleh trivago adalah Hotel Manager Trivago. Ini adalah layanan bebas biaya bagi pemilik atau pengelola hotel untuk mengelola tampilan hotel mereka secara daring di situs web dan aplikasi telepon pintar trivago. Berbagai kemudahan ditawarkan oleh trivago bagi para pemilik atau pengelola hotel agar hotel mereka dipesan lebih banyak oleh penggunanya melalui berbagai tips untuk memperbaiki diri dan statistik untuk menentukan rencana jangka pendek dan panjang mereka.

Trivago juga memiliki Komunitas Trivago yang mengandalkan komunitas wisatawan dan penulis profesional dan amatir untuk menemukan, memasukkan dan memperbarui konten informasi hotel dengan data paling baru dengan menghadirkan foto, deskripsi dan lokasi hotel tersebut.

Fitur yang tak kalah pentingnya bagi pengguna trivago adalah trivago Hotel Price Index (tHPI) atau indeks harga hotel trivago yang bertujuan untuk memprediksi tarif hotel dan membandingkannya dengan kota lainnya. Hal ini penting bagi mereka yang sering bepergian dari satu daerah ke daerah lain untuk memperkirakan total biaya yang harus dikeluarkan.

Trivago juga menghadirkan Travel Advice Calendars atau Kalender Saran Piknik. Dengan adanya kalender ini akan memudahkan para pelancong untuk memutuskan tanggal kapan yang cocok untuk menginap dengan dasar pertimbangan adalah harga.

Terima kasih telah membaca artikel Trivago Indonesia ini. Semoga dengan hadirnya artikel ini dapat menambah wawasan kalian mengenai perusahaan Trivago dan bagaimana trivago berbisnis. Selamat memesan kamar hotel!