Home » Editors' Choice » Uber Indonesia

Uber Indonesia

Uber Indonesia – Tahukah kalian jika Uber adalah perusahaan pertama dan pelopor perusahaan transportasi yang menggunakan internet dan aplikasi di dunia? Bahkan Grab dan Go-Jek lahir karena terinspirasi oleh Uber.

Uber sendiri lahir di Amerika Serikat pada bulan Maret 2009 di San Fransisco, California. Didirikan oleh Travis Kalanick dan Garret Camp, awalnya Uber adalah layanan antar jemput dengan mobil mewah menggunakan website mereka dan hanya tersedia di San Fransisco saja. Sebelum menjadi Uber, nama awal mereka adalah UberCab.

Harga yang diberikan ke pengguna pun 1.5 kali lipat dari harga taksi. Awalnya ide UberCab adalah memang untuk penyewaan mobil saja, bukan transportasi umum. Namun, penyewaan mobil yang diberikan bukan sehari penuh melainkan hanya 1x perjalanan tempuh. Namun, melihat animo masyarakat San Fransisco yang tinggi terhadap idenya, Garret Camp kemudian mengembangkan ide tersebut dan jadilah UberCab.

Meski berdiri pada bulan Maret 2009, namun percobaan perdana mereka baru diadakan pada bulai Mei 2010. Pada 2011 mereka merubah nama dari UberCab menjadi Uber sekaligus meluncurkan aplikasi telepon pintar untuk memesan mobil Uber.

Mobil yang dipesan pun adalah mobil milik perusahaan, jadi benar-benar seperti taxi seperti biasanya namun menggunakan mobil mewah seperti Cadillac Escalade, Lincol Town Car, BMW 7 Series dan Mercedes Benz S550.

Baru pada bulan July 2012 karena tingginya permintaan, Uber meluncurkan UberX dimana mereka membuka lowongan untuk sopir Uber namun menggunakan mobil pribadi mereka. Hal ini seperti kran yang membuka banyak lowongan kerja dan membantu orang-orang yang memerlukan jasa transportasi yang cepat, mudah, aman dan dapat diandalkan. Namun terdapat pro dan kontra di antara para sopir yang telah menjadi sopir Uber terlebih dahulu karena menurunnya pemasukan mereka.

Hingga pada awal 2013, Uber sudah berkembang sedemikian pesat di Amerika Serikat dan telah hadir di 35 kota di Amerika Serikat. Kini, Uber telah hadir di 632 kota di seluruh dunia di 5 benua.

Bulan Agustus 2014, Uber meluncurkan produk baru yakni UberPool, layanan yang mirip dengan layanan nebeng. Jadi seorang sopir dapat mengantarkan 2 orang penumpang berbeda yang menuju tujuan yang searah. Sehingga biaya pengantaran pun menjadi semakin murah. Layanan ini menjadi layanan yang paling murah di Uber.

Di Indonesia sendiri, Uber mulai hadir di Jakarta sejak tahun 2015 dan hanya tersedia di Jakarta, Bandung dan Bali. Hingga pertengahan 2017, Uber sudah tersedia di Bali, Bandung, Jakarta, Malang, Surabaya, Semarang dan Yogyakarta.

Perkembangan Uber memang kurang pesat dan cepat di banding dua pesaing utamanya di Indonesia yakni Go-Jek dan Grab yang sudah terlebih dahulu menancapkan taring bisnis mereka di Indonesia. Bahkan Go-Jek sebagai layanan serupa sudah hadir sejak 2010 meski hanya berkonsep taksi ojek saja.

uber indonesia

Uber sebenarnya telah hadir di banyak kabupaten pendukung kota besar seperti Brebes, Cilacap, Kendal, Pati, Jepara, Kudus, Temanggung, Magelang, Solo, Sukoharjo, Klaten, Boyolali dan lain sebagainya namun karena berbagai masalah terutama masalah perijinan, maka Uber menarik keluar bisnis mereka dari kabupaten-kabupaten tersebut dan memilih untuk lebih fokus di kota-kota besar meski memiliki pesaing berat.

Di Indonesia, Uber hanya menyediakan 3 layanan saja yakni UberMotor, UberX dan UberBlack. Dibawah ini adalah masing-masing penjelasan dari layanan mereka.

1. UberMotor

Adalah layanan antar jemput penumpang menggunakan sepeda motor yang cepat, murah dan dapat diandalkan. Berbeda dengan Go-Jek dan Grab, di Indonesia belum ada layanan antar pesanan makanan. UberMotor hanya melayani pengantaran transportasi saja.

2. UberX

Adalah layanan antar jemput dan pengantaran penumpang menggunakan mobil standar dengan biaya murah. Di kota tertentu juga ada UberPool dimana penumpang dapat saling nebeng jika memiliki tujuan dan asal yang searah. Dengan begini, biaya pengantaran pun lebih murah karena dibagi 2 dengan penumpang lain.

Agar tetap nyaman, penumpang yang boleh menggunakan UberPool dibatasi maksimal 2 orang dengan 2 akun yang berbeda namun jumlah penumpang tetap menyesuaikan kapasitas mobil yang ada.

Uber juga menyediakan layanan bernama UberXL yakni penyediaan mobil dengan kapasitas lebih dari 4 orang. Berarti layanan yang disediakan menggunakan mobil sejenis SUV, Family car atau mini bus yang dapat menampung hingga 6 orang sekaligus.

3. UberBlack

Adalah layanan antar jemput dan pengantaran penumpang menggunakan mobil premium dan mewah namun tetap dengan harga yang terjangkau. Target penumpangnya adalah dari kelas bisnis menengah ke atas. Contoh mobil UberBlack yang beroperasi adalah mobil BMW berbagai tipe, Honda Accord, Honda CRV, Hyundai Tucson, Mazda CX-7, Mistubishi Pajero, Nissan X-Trail, Nissan El Grand, Toyota Kijang Innova, Toyota Alphard, Toyota Fortuner, Toyota Camry. Toyota Nav1 dan berbagai mobil lain yang setipe. Biasanya mobil yang digunakan usianya kurang dari 5 tahun.

Uber memang lebih berfokus untuk menyediakan layanan yang berkualitas di layanan UberBlack nya. Karena itulah mereka tidak memiliki banyak variasi layanan seperti 2 kompetitor utamanya. Jadi jika kalian menginginkan mobil mewah untuk mengantarkan kalian, Uber adalah jawabannya!

Terima kasih sudah membaca artikel Uber Indonesia ini. Semoga info yang sudah saya tulis diatas dapat memperkaya pengetahuan kalian dan memantu kalian dalam menentukan transportasi online macam apa yang ingin kalian gunakan. Selamat mencoba!