Home » Editors' Choice » 10 Universitas Terbaik Di Dunia

10 Universitas Terbaik Di Dunia

10 Universitas Terbaik Di Dunia – Siapa yang tak mau menimba ilmu di universitas kelas dunia? Selain pasti berkesempatan tinggal dan mencari pengalaman di negara-negara maju tempat universitas itu berada, kalian juga bisa mendapatkan fasilitas baik fisik maupun staf pengajar nomor wahid di dunia.

Tahun ini QS (Quacquarelli Symonds)World University Rankings yang memiliki situs web topuniversities.com mengeluarkan daftar peringkat universitas di seluruh dunia. Peringkat ini bisa membantu kalian dalam mengukur diri, menyiapkan diri dan menetapkan pilihan mau dimana kalian melanjutkan pendidikan baik jenjang sarjana, master maupun doktor.

QS (Quacquarelli Symonds)World University Rankings tidak sembarangan dalam menentukan peringkat. Setidaknya mereka memiliki 6 buah poin khusus untuk menilai kualitas sebuah unversitas. dari keenam poin kualitas tersebut didapatkan angka yang kemudian diurutkan dan jadilah peringkat universitas di seluruh dunia.

Keenam poin tersebut adalah:

1. Reputasi Akademik (40%)
2. Reputasi pengajar (10%)
3. Rasio mahasiswa per fakultas (20%)
4. Kutipan per fakultas (20%)
5. Rasio fakultas bertaraf internasional (5%)
6. Rasio mahasiswa internasional (5%)

Berdasar dari keenam poin penilaian tersebut didapatlah 10 besar peringkat universitas terbaik di dunia pada tahun 2017. Ke-10 universitas tersebut adalah:

10. University of Chicago, Amerika Serikat

Universitas terbaik

Didirikan pada tahun 1890, University of Chicago yang juga dikenal dengan nama UChicago ini adalah sebuah universitas swasta dan berasaskan penelitian dengan 15.365 mahasiswa. Universitas ini telah berhasil melahirkan banyak alumni yang sukses di bidangnya masing masing termasuk 13 milyuner (USD) dan 51 orang penerima beasiswa Rhodes. Sebuah beasiswa dimana penerimanya mendapat beasiswa untuk menimba ilmu di Oxford University.

UChicago telah lama menajdi ujung tombak banyak terobosan ilmu dan menjalankan lebih dari 140 pusat penelitian dalam dan luar kampus yang bekerja sama dengan berbagai mitra penelitian, salah satunya adalah Argonne National Laboratory. UChicago juga menjadi universitas percetakan terbesar di Amerika Serikat.

9.  Imperial College London, Inggris

Imperial College London adalah salah satu universitas terbaik di dunia yang memiliki reputasi sebagai kampus yang memiliki metode pengajaran dan penelitian terbaik hingga menarik banyak mahasiswa dan dosen dengan kualitas terbaik pula.

Para mahasiswa dan alumninya adalah para penemu-penemu hal yang mengubah dunia seperti penisilin, holografi dan kabel fiber optik yang mampu merubah dunia.

Para peneliti bekerja antar ilmu yang mampu bekerja sama dan memperbaiki kesehatan dunia, menghentikan laju perubahan iklim, mengembangkan teknologi energi terbarukan dan menyelesaikan permasalahan keamanan dimana para mahasiswanya diajak untuk bekerja salam dalam penelitian tersebut untuk bekerja dengan keras dan menerobos rintangan di masing-masing disiplin ilmu yang mereka tekuni.

Imperial College Union menyediakan lebih dari 340 ekstrakurikuler dan komunitas. Sehingga bisa melayani kebutuhan masing-masing mahasiswanya. Kampus utamanya terletak di South Kensington, sebuah daerah yang indah dengan kemudahan akses menuju museum, taman, pertokoan yang ada di London.

8. ETH Zurich – Swiss Federal Institute of Technology, Swiss

Kebebasan, tanggung jawab, semangat wirausaha, dan keterbukaan pada dunia adalah nilai-nilai pondasi di ETH Zurich. Sejak 1855, universitas yang berfokus pada ilmu dan teknologi ini telah menjadi pusat dari pengetahuan dan inovasi. Terletak di jantung benua biru, ETH Zurich telah menjadi pionir dari berbagai solusi efektif bagi permasalahan global yang dihadapi oleh dunia.

ETH Zurich memiliki 500 professor dan 20.000 mahasiswa yang berasal dari 120 negara. Rekam jejak kualitas universitas ini telah terbukti dengan melahirkan 21 orang alumni yang dianugerahi Penghargaan Nobel, salah satu penghargaan paling prestisius di dunia, salah satu dari mereka adalah Albert Einstein.

Bahasa utama yang dipakai di universitas ini adalah bahasa Jerman, sedangkan bahasa Inggris adalah bahasa utama untuk program pascasarjana. Biaya kuliah persemester di universitas ini berkisar CHF 580 atau sekitar Rp8.060.000. Sangat murah dibandingkan universitas sekelas lainnya. Namun, biaya hidup di Swiss mungkin akan jauh lebih besar daripada biaya kuliah per semesternya.

7. University College London (UCL), Inggris

UCL adalah salah satu universitas terbaik dunia yang memiliki multi disiplin ilmu dengan reputasinya yang memiliki keunggulan dibidang pengajaran dan penelitian.

Sebagai salah satu pemimpin dunia dalam melakukan penelitian, UCL adalah pusatnya pengajaran dari kedokteran hingga bahasa, hukum hingga teknik, dan sejarah hingga astrofisika.

Pendidikan antar ilmu sangat ditekankan disini karena semua disiplin ilmu dapat saling melengkapi dan memperkaya pemahaman. Universitas ini telah berhasil meluluskan 29 alumni penerima Penghargaan Nobel.

Terletak di pusat kota London, hal ini akan mempermudah para mahasiswanya untuk beradaptasi secara sosial, namun juga mendukung suasana akademik dalam mencari sumber referensi. Mahasiswa internasionalnya mencapai hampir dari setengah jumlah mahasiswa yang berasal dari 150 negara di dunia.

6. University of Oxford, Inggris

Siapa yang tak kenal University of Oxford? Salah satu aktris dan penyanyi Indonesia, Maudy Ayunda adalah salah satu universitas ini.

Universitas ini terkenal akan kualitasnya dalam melakukan penelitian, pengajaran dan inovasi. Mereka juga terkenal karena menjadi universitas dengan alumni dengan kelayakan kerja tertinggi di dunia.

Universitas ini memimpin dalam disiplin ilmu seperti Bahasa Inggris dan sastra, geografi, arkeologi, anatomy dan fisiologi, seni dan ilmu humaniora. 

5. California Institute of Technology (Caltech), Amerika Serikat

Universitas terbaik di dunia

Terletak di Pasadena, California, Caltech adalah universitas terkemuka yang memiliki keunggulan di bidang penelitian, inovasi, fasilitas dan spesialisasi.

Beberapa program unggulan mereka diantaranya adalah teknik kimia, biologi, kimia, kebumian, ilmu kelautan, fisika dan astronomi, dan ilmu alam.

Institusi pendidikan ini terkenal kecil dalam ukuran, namun itulah yang menjadi kekuatannya. Dengan rasio mahasiswa dan pengajar 3:1 di tingkat fakultas, mereka memiliki 300 pengajar, 600 peneliti, dan 99% dari mahasiswanya berasal dari peringkat 10 besar di SMA mereka masing-masing.

4. University of Cambridge, Inggris

Didirikan tahun 1209, University of Cambridge adalah salah stu universitas tertua di eropa bahkan dunia yang tentu saja memiliki banyak ragam sejarah. Salah satu alumninya yang paling terkenal adalah Sir Isaac Newton, seorang fisikawan yang menemukan teori gravitasi, aktor kawakan Ian McKellen, matematikawan Stephen Hawking, Aktris Emma Thomposon dan seorang editor sekaligus pemilik media Huffington Post, Arianna Huffington.

University of Cambridge juga dikenal dengan alumni dengan kelayakan kerja tertinggi di dunia, bersanding dengan University of Oxford. Mereka memiliki beberapa program unggulan tingkat dunia seperti bahasa Inggris dan sastra, geografi, sejarah, bahasa modern, teknik mekanik, ilmu alam dan lain sebagainya.

3. Harvard University, Amerika Serikat

Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg dan pendiri Microsoft, Bill Gates yang juga adalah orang terkaya sejagat adalah alumni dari Harvard University. Jadi tidak salah lagi jika universitas ini layak menjadi rujukan bagi mereka yang ingin menimba ilmu dengan otak brilian mereka.

Unicersitas ini terkenal akan kualitasnya di program kedokteran dan ilmu alam, serta ilmu sosial dan manajemen. Mereka juga memiliki banyak ahli dan menciptakan ahli dalam seni dan ilmu humaniora, dan ilmu alam.

Alumninya yang lain seperti mantan presiden dan istrinya, Barack Obama dan Michelle Obama juga menjadi salah satu cerita sukses di Harvard University. 

2. Stanford University, Amerika Serikat

Stanford University memiliki nama resmi Leland Standford Junior University. Mereka juga sering disebut the Farm. Adalah sebuah universitas swasta berbasis penelitian yang terletak di Stanford, California.

Universitas ini didirikan tahun 1885 oleh Leland dan Jane Stanford untuk mengenang anak satu-satunya mereka Leland Standford Junior yang meninggal karena demam tipoid di umurnya yang masih 15 tahun.

Meski didirikan tahun 1885, universitas ini baru meluluskan sarjana pertamanya tahun 1891.

Universitas ini terkenal akan keunggulannya di bidang seni dan humaniora, teknik dan teknologi, ilmu alam dan kedokteran, serta ilmu sosial dan manajemen.

Para alumninya yang merupakan para penerobos teknologi dan inovasi diantaranya adalah Elon Musk pendiri pabrikan mobil elektrik dan swa-kemudi, Tesla, Sergei Brin, Peter Thiel, John Kennedy dan Larry Page.

1. Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat

Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat Universitas nomor wahid di dunia ini didirikan pada 1861 di Massachusetts, Amerika Serikat. Dan menjadi juara bertahan dalam beberapa tahun terakhir di daftar QS World University Rankings.

MIT terkenal karena keunggulannya di bidang arsitektur, linguistik, ilmu komputer dan sistem informasi, teknik dan teknologi, kimia, matematika, ekonomi dan ekomometrik.

Program-program unggulan tersebut ditunjang adanya fasilitas nomor wahid pula seperti laboratorium ilmu alam dan sosialnya yang menjadi fasilitas utama dalam menyelesaikan permasalahan dunia seperti terapi kanker, politik identitas, keterlibatan global, energi, pelayanan publik dan industri.
universitas terbaik dunia

Sangat tersentralisasi sekali ya, separuh dari 10 universitas terbaik di dunia ada di negara paman Sam, Amerika Serikat. Jadi kalau kalian ingin menuntut ilmu di negara yang paling baik, pergilah ke negara adidaya ini. Terima kasih telah membaca artikel 10 Universitas Terbaik Di Dunia ini. Semoga mengispirasi. Selamat Belajar!.