Home » Populer » Peluang Usaha Budidaya Rempah Rempah Sangat Menjanjikan

Peluang Usaha Budidaya Rempah Rempah Sangat Menjanjikan

Memulai bisnis rempah rempah adalah sebuah pilihan yang bagus, karena apa? Rempah remah adalah salah satu kebutuhan pokok dalam bidang kuliner, yang dibutuhkan oleh seluruh negara di dunia. Salah satu penghasil rempah rempah terbesar sendiri adalah Indonesia. Semua itu tidak luput dari kesuburan tanah yang di miliki oleh Indonesia.

Peluang Usaha Budidaya Rempah

Sudah sering sekali kita temukan, banyak petani rempah yang sukses. Karena apa? Pemasaran atau penjualan yang dilakukan tidak hanya sebatas di negeri sendiri, melainkan sudah meng eksport rempah rempah yang di hasilkannya. Jenis rempah rempah yang dapat kita budidayakan juga cukup banyak. Perlu di ketahui, rempah rempah bukan hanya kebutuhan pokok bidang kuliner saja. Rempah rempah juga bisa digunakan untuk keperluan obat dan kecantikan.

Lokasi yang dapat digunakan untuk memulai bisnis ini bisa langsung di perkebunan atau bisa di pekarangan rumah dengan cara menggunakan karung atau kolibeg, tentu di lihat dulu jenis rempah apa yang ingin di tanam

Lalu jenis rempah rempah apa yang bisa kita budidayakan?

Penulis sudah merangkum beberapa jenis rempah yang dapat di budidayakan oleh petani, dan berikut ini adalah jenis rempah rempahnya

  1. Cengkeh
  2. Jahe
  3. Ketumbar
  4. Pala
  5. Kunci
  6. Laos/Lengkuas
  7. Kunyit
  8. Kencur
  9. Kayu manis
  10. Jinten hitam
  11. Serai
  12. Kemiri
  13. Daun salam
  14. Kluwek
  15. Daun pandan
  16. Bawang putih
  17. Bawang merah
  18. Bawang bombai
  19. Kapulaga jawa
  20. Merica
  21. Lada
  22. Ketumbar
  23. Bangle
  24. Jinten
  25. Asam Kandis
  26. Kencur
  27. Asam Jawa
  28. Cabai
Baca Juga  Peluang Bisnis Bidang Otomotif yang Paling Menguntungkan

Harga setiap rempah akan berbeda beda, tergantung jenis dan kualitasnya.

Keunggulan membudidayakan rempah rempah di banding membudidayakan jenis tanaman lain yaitu: penyakit yang di alami tidak terlalu banyak, bahkan bila perawatannya benar, tidak akan terjadi penyakit. Tidak memerlukan pembelian bibit kedua kalinya untuk penanaman di musim selanjutnya bahkan sampai seumur hidup. Karena rempah rempah akan terus tumbuh bila di rawat dengan baik.

Pemasarannya seperti yang saya singgung di atas, kita bisa memasarkannya di negeri sendiri, misal di pasar pasar di daerah daerah yang kekurangan stok rempah rempah, dan bila kita beruntung, kita bisa memasarkannya di luar negeri atau eksport.