Home » Populer » Usaha Tanaman Hias Sangat Menguntungkan Pembisnisnya

Usaha Tanaman Hias Sangat Menguntungkan Pembisnisnya

Usaha Tanaman Hias Sangat Menguntungkan Pembisnisnya – Dewasa ini tanaman hias merupakan sebuah tanaman yang banyak diminati oleh kaum menengah ke atas. Namun tidak menutup kemungkinan kaum menengah ke bawah juga meminati jenis tanaman hias ini, bisa karena hobi dan sebagainya. Pada kesempatan kali ini penulis ingin sekali berbagi tips sukses budidaya tanaman hias bagi pembaca 1 detik aja.

Bagi Anda yang sangat sua dengan kegiatan bercocok tanaman tidak ada salahnya untuk memulai bisnis ini. Untuk memulai bisnis ini, seseorang harus memiliki kesabaran yang cukup. Tidak menjadi rahasia lagi bahwa membuat atau membudidayakan tanaman hias membutuhkan waktu yang agak lama. Perputaran uang di tahun pertama akan sedikit lama, namun bila bisnis tanaman hias yang di jalankan sudah memiliki brand di hati masyarakat, bisnis jual beli tanaman hias bisa terjadi setiap hari.

Bisnis tanaman hias sendiri bisa di jalankan di pedesaan dan juga di wilayah dekat kota. Memulai bisnis dimana saja sepertinya tidak ada masalah. Asalkan brand yang dimiliki sudah terkenal luas, pastinya tidak akan takut lagi soal pemasaran tanaman hias. Bisa jadi malah pembeli akan datang sendiri tanpa kita menawarkannya. Namun perlu di ketahui, bahwa bisnis tanaman hias yang bagus adalah bisnis tanaman yang sudah mempunyai jam terbang yang sudah cukup tinggi.

Untuk lebih spesifiknya tanaman hias banyak dibutuhkan untuk melengkapi desain lingkungan di sekitar rumah, halaman hotel, halaman rumah sakit, serta kantor kantor swasta atau pun pemerintah. Harga jual tanamannya sendiri pun beragam mulai dari puluhan ribu hingga jutaan, tergantung jenis tanaman hias yang di tawarkan.

Jenis jenis tanaman hias

  • Kaktus
  • Lidah mertua
  • Palem
  • Bunga kertas
  • Lili paris
  • Kamboja
  • Bunga euphorbia
  • Cemara
  • Beringin
  • Siklok

Tanaman yang hias yang dapat Anda budidayakan cukup banyak sekali dan pastinya memiliki perawatan dan masalah berbeda beda. Namun tidak perlu kawatir, karena yang namanya masalah dalam melakukan sesuatu itu hal yang wajar, dan pasti akan ada solusinya.

Tips Sukses Bisnis Tanaman Hias

Untuk sukses berbisnis tanaman hias, pelaku usaha harus memperhatikan beberapa tips yang akan penulis sampaikan di bawah ini. Simak secara seksama ulasan berikut ini:

1. Menentukan lokasi

Tanaman hias merupakan tanaman yang lebih sensitif dari pada tanaman lainnya. Apalagi bisnis Anda adalah bisnis membudidayakan tanaman hias. Pilih atau buat lokasi yang bagus untuk pertubuhan tanaman hias, Anda harus memperhatikan temperatur suhu, cahaya dan udara yang bisa di dapat oleh tanaman. Pilih lokasi yang dekat dari sumber air atau paling tidak dapat menjangkau air untuk proses penyiraman. Karena bisnis ini termasuk bisnis offline, Anda juga dapat memilih lokasi yang tidak jauh dari pemukiman, agar orang orang yang lewat di pinggir jalan dapat dengan mudah untuk mengenali tanaman hias yang Anda jual. Namun ini tidak wajib, ini teknik promosi lama.

2. Menentukan jenis tanaman

Banyak tanaman yang bisa di budidayakan, namun tidak semua bisa menjadi tanaman hias. Dan semua jenis tanaman hias tidak bisa hidup di lokasi lokasi tertentu. Pilih tanaman hias yang sekiranya dapat dibudidayakan dengan mudah atau bisa di jangkau oleh pelaku bisnis. Pastikan Anda sudah mengetahu karakteristik tanaman hias yang Anda jual sebelum di kontribusikan kepada konsumen. Fungsinya adalah Anda bisa memberikan tips untuk merawat tanaman yang Anda jual pada konsumen. Kegiatan memberikan tips budidaya Ini termasuk dalam promosi jangka panjang juga loh.

3. Merawat tanaman

Bila sudah mengetahui karakteristik tanaman hias, pastinya pelaku usaha akan merawatnya dengan baik. Agar tanaman hias lebih menarik bila di lihat, dan memiliki harga jual yang lebih tinggi. Selain tanaman terlihat sehat dan indah, serta harga jual lebih tinggi. Konsumen juga akan senang membeli produk yang Anda tawarkan, karena benar benar di rawat dengan baik. Dari hasil perawatan yang konsisten juga dapat menghitung berapa biaya keluar dan masuk, atau biaya operasional yang di keluarkan, sehingga mengetahui jumlah keuntungan yang didapat.

4. Melakukan promosi

Dari ketiga poin di atas sebenarnya sudah termasuk sebuah promosi, namun promosi yang dilakukan adalah jenis promosi jangka panjang. Kenapa bisa dikatakan promosi jangka panjang? Lokasi yang dekat pemukiman dapat memudahkan orang untuk melihat produk yang di jual. Tips memberikan kemudahan untuk konsumen dalam perawatan, jenis tanaman yang bagus dan terawat membuat orang merekomendasikan jenis tanaman hias yang Anda jual akan di promosikan oleh konsumen Anda yang puas. Namun ada promosi yang bisa Anda lakukan lagi yaitu menggunakan promosi lewat internet. Tujuannya satu, yaitu ingin memperkenalkan bisnis Anda kepada orang yang lebih banyak dengan waktu yang relatif singkat.

Media sosial adalah sebuah tempat promosi yang lumayan ampuh, dan bisa dilakukan oleh Anda walaupun sekarang belum bisa menggunakannya. Dengan belajar beberapa jam saja Anda sudah bisa menggunakan media sosial. Bila tidak bisa melakukan promosi sendiri, serahkan saja pada ahlinya.
Promosi dari mulut kemulut bisa menjadi alternatif promosi yang paling ampuh dan cepat. Namun tidak semua orang dapat membantu Anda dalam berpromosi

Dan masih banyak promosi yang dapat Anda lakukan. Salah satu cara dan memang cara paling mujarab untuk mendapatkan pembeli produk yang dijual adalah promosi.

Memulai bisnis pastinya ada sebuah kendala, namun bila mampu melawatinya pasti akan ada hasil yang dapat di raih. Demikian artikel peluang bisnis tanaman hias yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat untuk pembaca dan salam sukses !!!!