Home » Populer » Modal Memulai Usaha Toko Bangunan Beserta Tipsnya

Modal Memulai Usaha Toko Bangunan Beserta Tipsnya

Peluang usaha toko bahan bangunan – Mengapa orang mulai melirik bisnis bangunan? Hal ini tidak lepas dari peluang dan prospek yang menjanjikan bagi pelaku bisnis bangunan. Pada kesempatan ini admin ingin membagikan tips bagaimana cara membuka bisnis bangunan agar bisa bersaing dengan pasar, terutama mampu kelihatan lebih unggul dari pada toko sebelah.

Bisnis bangunan merupakan bisnis yang menjanjikan, kenapa demikian? Di jaman sekarang ini lagi galak galaknya pembangunan, mulai dari pembangunan sekala kecil maupun besar. Untuk itu peluang ini (bisnis bangunan) bisa anda ambil sekarang juga.

Berbicara memulai bisnis, pasti memerlukan modal. Berapa modal yang harus saya siapkan ketika membuat bisnis toko bangunan? Untuk modal sangat bervariasai, tergantung pada pelaku bisnisnya. Umumnya untuk membuka bisnis bangunan pelaku usaha memerlukan modal 50 juta.

Modal usaha toko bangunan

Modal untuk memulai bisnis bangunan tentunya tidak hanya sekedar uang, namun juga waktu. Untuk persiapan uang anda bisa menyiapkan dari uang tabungan atau dengan meminjam bank. Seperti yang sudah saya katakan di atas, memulai bisnis usaha bangunan umumnya memerlukan modal 50 jutaan bagi pemula. Namun bila memiliki modal lebih dari itu akan lebih bagus. Kenapa bagus, 1 milyar pun anda masukan dalam toko bangunan yang anda akan garap juga tidak akan cukup.

Tetapi, biasanya anda tidak memerlukan modal sebanyak itu bila toko bangunan yang anda garap sudah memiliki banyak pelanggan. Bakal banyak penyedia produk mau meminjamkan atau menitipkan barangnya pada anda, dan anda bisa membayarnya bila produk sudah laku terjual.

Pada dasarnya anda harus memulai dengan modal yang cukup besar yaitu 50 juta. Itu semua digunakan pertama

Lalu produk produk apa saja yang harus dipersiapkan? Kami sudah merangkum beberapa produk yang paling potensial di persiapkan. Dan perputaran uangnya sedikit cepat dibandingkan dengan produk lain.

Dalam menjual produk bangunan tentunya tidak luput juga dari produk aksesoris rumah seperti lampu, kran air dan sebagainya

Semen, Lampu, Paku, Cat, Kuas, Kawat, Kran air, Selang, Kabel listrik dan perlengkapan lain

Untuk menentukan produk yang akan dimulai anda juga bisa menyerahkan pada sales untuk memilihkan produk yang sering laku. Cara lain untuk menentukan kebutuhan produk bangunan yang paling bagus yaitu anda bisa menanyakan langsung pada sebuah proyek yang sedang bekerja di daerah anda dan tanyakan kebutuhan produk apa saja yang sedang dibutuhkan.

Usaha toko bangunan merupakan bisnis jangka panjang

Kenapa saya katakan demikian? Produk-produk bangunan tidak akan membusuk seperti halnya produk pangan. Harganya setiap saat akan mengalami kenaikan. Produk toko bangunan berkaitan erat dengan kebutuhan masyarakat. Bila kita perhatikan, hampir setiap saat pasti ada yang membeli produk bangunan. Keterkaitan antara produk bangunan dengan masyarakat didasari banyaknya pembangunan, rumah, hotel, ruko, dan renovasi rumah. Semua sangat dekat dengan konsumen.

Tips memulai bisnis bangunan

Kita awali dengan sebuah pertanyaan yang paling sering muncul, dimana saya bisa mendapatkan suplayer atau sales produk bangunan? Bagaimana saya bisa mendapatkan produk dari jawa yang harganya lebih murah?

Untuk mendapatkan sales, anda bisa meminta bantuan kepada toko bangunan terbesar di daerah anda untuk menyiplai produk. Setelah beberapa lama, pasti anda akan bisa tahu dari mana asal seluk beluk barang bangunan itu. Setelah itu anda bisa langsung membelinya dari perusahaannya langsung tanpa harus bergabung dengan toko bangunan besar di daerah anda. Bisnis mah begitu

Seperti yang sudah saya bahas di atas, cepat atau lambat setelah anda membuka toko bangunan, anda akan mendapatkan banyak chanel untuk membeli produk termurah, entah itu dari jawa atau pun dari daerah lain. Intinya anda harus memulai dahulu nanti akan tahu. Saya disini juga merekomendasikan beberapa toko bangunan online yang mana anda dapat konsultasi tentang produk bangunan dan kelengkapannya.

Toko bangunan online

Anda dapat menemukan produk produk bangunan online di supermarket bahan bangunan di bawah ini:

  1. Aneka maju
  2. Depo bangunan
  3. Mitra 10
  4. Bazar bangunan
  5. Lancar bangunan

Ada juga komunitas toko bangunan yang mungkin bisa anda gunakan sebagai jalur link utama anda untuk mendapatkan produk produk terbaik (https://tokomaterial.wordpress.com/ atau facebooknya https://www.facebook.com/KomunitasPengusahaMudaTokoBangunan/)

Untuk memenangkan persaingan pasar yang semakin sengit, anda harus melakukan beberapa tips yang kami sarankan.

Harga

Jual beli itu bisa terjadi apabila terjadi kesepakatan harga. Harga merupakan sesuatu yang sangat sensitif bagi masyarakat. Hampir semua pembeli mempermasalahkan harga. Harga disana segitu, kok disnis segini. Harga dan Harga. Berikan harga yang kompetitif. Jangan memberikan harga mahal jauh berbeda dengan pesaing kita. Memang tidak ada larangan bagi pengusaha untuk mendapatkan keuntungan sebanyak banyaknya. Namun untuk mempu bersaing, silahkan anda permainkan harga. Tentunya harga yang ditawarkan berbading terbalik dengan kualitas produk dan pelayanan.

Lokasi

Pilih lokasi yang paling stategis, artinya lokasi usaha anda harus mudah dijangkau oleh orang. Biasanya lokasi yang mudah dijangkau oleh banyak orang adalah lokasi dekat persimpangan. Selain mudah dijangkau, pastikan tempat untuk toko bangunan anda harus menyediakan juga lahan untuk parkir kendaraan. Banyak kasus, orang merasa kesulitan saat harus membeli barang barang perlengkapan rumah tangga di toko bangunan yang tidak memiliki lahan parkir.

Pelayanan

Peayanan bisa terhadap pelanggan ataupun sales. Sebagai seorang pedagang anda harus menunjukkan sifat ramah kepada semua orang. Selain ramah, anda juga harus cepat dalam memberikan pelayanan. Kebanyakan pembeli akan suka dengan pelayanan yang cepat. Pelayanan yang baik bisa anda jadikan alasan sebagai pendongkrak harga jual produk.

Pelayanan juga bisa berupa tempat tunggu untuk pelanggan, penyediaan daftar list list produk khusus dalam pembuatan rumah dan sebagainya. Pelayanan ini bisa anda improv sendiri sesuai dengan keinginan anda.

Partner

Jalin kerjasama dengan banyak orang. Fungsinya apa? bila anda menjalin kerjasama dengan banyak orang anda akan mudah dalam mengembangkan bisnis. Dalam kerja sama tersebut tentunya hal yang berhungungan dengan bangunan. Menjalin hubungan dengan para kontraktor dan sebagainya. Selain dari konsumen, anda juga harus mampu menjalin hubungan antar pembisnis toko bangunan lainnya. Hal ini bertujuan saat anda tidak memiliki produk atau ada produk yang habis, anda bisa mengambil produk dari toko sebelah dan hal tersebut akan membuat pelanggan jadi senang, karena diperlakukan benar seperti raja.

Sudah banyak kita temukan terutama di daerah kota, banyak toko bangunan yang sudah maju. Kasir sudah dilengkapi dengan kalkulator mesin yang besar, selain dapat menghitung jumlah harga, mesin kasir tersbut dapat memberikan nota secara otomatis.

Selain sitem mesin kasir, toko bangunan harus memberlakukan komputerisasi pada toko bangunannya. Maksudnya bagaimana? begini

Barang hilang (Seharusya ada berapa? sekarang tinggal berapa?)
Apa benar barang yang di retur dari kita?
Berapa besarnya piutang pelanggan Anda sebenarnya ?
Kapan harus menagih?
Pada saat pelanggan hutang lagi, sisa hutang yang lalu masih berapa?
Berapa uang yang seharusnya di laporkan? Dan bagaiama kita mengkontrolnya bahwa laporan ini sudah benar?

Pertanyan pertanyaan tersebut sering muncul bagi pelaku bisnis toko bangunan. Hal ini bisa diatasi dengan sebuah software. Anda dapat mengkonsultasikan hal ini kepada ahlinya.

Demikian lah artikel singkat mengenai modal dan tips membuka usaha toko bangunan. Terimakasih sudah membaca artikel kami dengan judul Modal Memulai Usaha Toko Bangunan Beserta Tipsnya hingga selesai. Semoga bermanfaat !!!

Salam hangat 🙂